// //

Nissan All New Grand Livina HWS Autech Sang “Pembunuh” Toyota Innova

Nissan All New Grand Livina HWS Autech dirilis beberapa bulan lalu oleh PT. Nissan Motor Indonesia sebagai penghuni kasta tertinggi di jajaran MPV Nissan itu. Tujuannya tak lain adalah untuk mempertahankan pangsa pasar dari serangan kompetitor yang makin ketat belakangan ini. Lewat tampilan yang lebih mewah mampukah Nissan All New Grand Livina HWS Autech bertahan dari gempuran Honda Mobilio RS?

Nissan All New Grand Livina HWS Autech sendiri tak membawa perubahan apapun di sektor spesifikasi teknis. Dapur pacu yang digunakan masih sama persis seperti tipe Nissan All New Grand Livina yang lain, demikian pula output dan transmisinya. Pendekatan serupa sebenarnya juga dilakukan oleh Honda Mobilio RS, Toyota Avanza Velos Luxury dan Chevrolet Spin Active jadi bukan hanya Nissan All New Grand Livina HWS Autech.

Nissan All New Grand Livina HWS Autech Review Indonesia

Bagian paling menonjol dari varian tertinggi Nissan Grand Livina terbaru ini terlihat pada desain grill ala Autech serta rumah fog lamp berukuran lebih besar. Kombinasi keduanya menjadikan sisi depan MPV andalan Nissan ini tampak lebih elegan dan sporti dibanding tipe standar. Kesan itu makin kental berkat penggunaan velg 16 inch dengan desain yang juga berbeda dari tipe lain.

Bagian lain pun sebenarnya juga mengalami ubahan seperti pada rear bumper finisher, rear spoiler dan side skirt yang tampak lebih minimalis jika dibanding Nissan All New Grand Livina HWS biasa. Sisi terbaik dari Nissan All New Grand Livina justru ketika dilihat dari belakang.

Nissan All New Grand Livina HWS AutechSpesifikasi Harga

Kekurangan Nissan All New Grand Livina HWS Autech

Keunggulan Nissan All New Grand Livina HWS Autech

Pada bagian buritan itu jugalah terdapat kamera mundur yang sama sekali tidak tersembunyi karena diletakkan bersebelahan dengan handle pintu.

Masuk ke dalam kabin seketika ditemukan banyak kemiripan dengan Nissan All New Grand Livina tipe lain kecuali warna gelap yang mendominasi interior Nissan All New Grand Livina HWS Autech mirip kabin Nissan All New Grand Livina X-Gear. Lapisan kulit pada lingkar kemudi maupun jok memunculkan aura mewah yang membuatnya makin tampak lebih berkelas jika dibanding LMPV lainnya. Bukan hanya itu audio steering switch control terbalut kulit dan lampu yang menyala bersamaan dengan headlamp menjadi ciri khas Nissan All New Grand Livina HWS Autech selain wooden panel pada cluster bagian tengah maupun door trim.

Di sektor interior Nissan All New Grand Livina memang masih yang terbaik di kelasnya, bahkan kualitas di dalam kabin ini membuatnya seolah-olah Grand Livina berada satu kelas lebih tinggi dibanding Honda Mobilio, Chevrolet Spin, Suzuki Ertiga lebih-lebih duo All New Avanza-All NewXenia dari Toyota & Daihatsu (Astra)

Sementara itu perangkat hiburan masih sama persis dengan tipe non Autech demikian pula dengan keberadaan monitor untuk penumpang belakang yang pasti bakal diapresiasi oleh penumpang namun menghalangi pandangan pengemudi untuk memantau kondisi di belakang. Secara keseluruhan kualitas interior Nissan All New Grand Livina HWS Autech merupakan pukulan telak bagi rival terberatnya Honda Mobilio RS yang lemah di sektor ini.

Namun yang perlu dipahami pula bahwa Nissan menganut strategi sedikit model banyak tipe. Karena itu tidak adil rasanya menggolongkan semua tipe Nissan All New Grand Livina sebagai LMPV. Tipe-tipe terendah seperti Nissan All New Grand SV dan XV mungkin masih pantas dibandingkan dengan LMPV. Namun untuk Nissan All New Grand HWS dan HWS Autech rasanya lebih adil dikategorikan dalam medium MPV. Dan memang untuk kedua tipe tertinggi ini pihak pabrikan sendiri memosisikan produknya sebagai Toyota Innova killer. Bagaimana dengan Honda Mobilio RS? Sedikit sudah menjawabnya karena dalam beberapa hal tampak lebih tinggi kelasnya dibanding LMPV namun belum cukup menjadikannya masuk dalam jajaran medium MPV. Mungkin Honda memang sengaja menyelipkan Mobilio RS diantara kedua kelas tersebut.

Kembali ke Nissan All New Grand Livina HWS Autech, selain perbedaan-perbedaan di sektor interior dan eksterior yang sudah disebut di atas tak ada lagi yang membedakannya dengan tipe HWS non Autech. Jadi jika Anda bertanya kemana selisih uang Rp 15 juta yang Anda bayarkan untuk menebus All New Grand Livina hasil besutan Autech tengok lah pada bagian-bagian yang sudah disebut tadi.

Interior Nissan All New Grand Livina HWS Autech

Mesin 1.5 liter bertransmisi CVT sebagaimana sudah disinggun di awal sama sekali tak tersentuh oleh aura Autech. Karakter dapur pacu Nissan Grand Livina yang halus namun sedikit lambat dalam berakselerasi masih mewarnai varian terbaru keluarga Grand Livina ini. Di sektor performa mesin bahkan Nissan All New Grand Livina HWS Autech pun belum mampu menekuk kedigdayaan Honda Mobilio yang galak dalam berakselerasi.

Bahkan harapan bahwa varian tertinggi Nissan All New Grand Livina ini bakal mengusung mesin 1.8 liter seperti yang digunakan oleh Nissan All New Grand Livina X 1.8 X-Gear pun tinggal angan-angan.

Harga Nissan All New Grand Livina HWS Autech sendiri saat ini dibanderol Rp 242 juta, mengingat positioning awal dari varian tertinggi keluarga Grand Livina ini adalah sebagai Innova killer maka rasa-rasanya harga tersebut sangat layak. Namun layakkah selisih sekitar Rp 15 juta dibandingkan Nissan All New Grand Livina HWS standar hanya untuk beberapa aksesoris tambahan tentu kembali pada persepsi masing-masing calon konsumen.