// //

Nissan All-new Grand Livina X-Gear : Mobil Keluarga Ideal untuk Saya

Memilih mobil keluarga yang ideal bagi saya bukanlah sebuah perkara sepele. Kami adalah keluarga kelas menengah secara ekonomi, pengaturan pengeluaran harus benar-benar dilakukan secara disiplin. Memilih mobil keluarga pun demikian, banyak faktor yang harus dipertimbangkan bukan sekedar harga beli namun juga biaya operasional.

Memang banyak mobil murah beredar di Indonesia saat ini dan bahkan jumlahnya terus bertambah. Meski demikian memilih sebuah mobil lebih-lebih untuk menjadi saran transportasi keluarga sehari-hari harga murah saja tidaklah cukup dijadikan patokan.

Keamanan keluarga bagi saya adalah nomor satu, jauh lebih penting dari sekedar harga mobil yang murah. Namun lagi-lagi karena kami bukan orang kaya maka juga tidak akan mampu membeli mobil yang mahal.

Sebelum Anda membaca lebih lanjut saya peringatkan: saya bukanlah seorang reviewer profesional, jadi kalau Anda mengharapkan tulisan dari pakar otomotif mengenai Nissan All-new Grand Livina X-Gear sebaiknya segera tutup halaman ini dan lanjutkan pencarian Anda di Google.

Nissan All-new Grand Livina X-Gear Indonesia

Inilah Alasan saya Memilih Nissan All-new Grand Livina X-Gear

Sebuah mobil hatchback awalnya terasa ideal untuk keluarga kami saat ini karena kami baru dianugerahi seorang putra. Namun ke depannya bagaimana kalau anak kami semakin besar? Atau dianugerahi anak lagi? Iya kalau bisa mengganti mobil, kalau tidak?

Rasanya ini adalah pemikiran yang juga dimiliki rata-rata orang yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Anda bukan lagi pusat pertimbangan ketika hendak memutuskan sesuatu, istri dan anaklah yang kemudian menjadi pusat ketika kita akan mengambil sebuah keputusan. Dan jika Anda berada dalam golongan ekonomi kelas pas-pasan seperti saya, maka budget juga adalah bagian yang tidak bisa disingkirkan dari pertimbangan.

Jika budget bukanlah bagian dari pertimbangan maka sejak awal tentulah saya akan membeli sebuah Chevrolet All-new Trailblazer, namun lagi-lagi bukan demikian kondisinya.

Setelah beberapa bulan mempertimbangkan berbagai alternatif dan menyambangi berbagai dealer mobil di berbagai kota maka sampailah kami pada keputusan untuk membeli Nissan All-new Grand Livina X-Gear sebagai mobil keluarga. Tidak terlalu besar, namun tidak pula terlalu kecil: dari segi ukuran rasanya begitu pas.

Harga Nissan All-new Grand Livina X-Gear ideal untuk kondisi keuangan keluarga kami dan setelah bertanya kesana kemari kepada teman-teman yang sudah lebih dahulu memiliki Nissan All-new Grand Livina X-Gear dan membaca beberapa review mobil di internet maupun majalah rasanya biaya operasional mobil ini juga tidak akan terlalu membebani kami.

Apakah Nissan Grand Livina X-Gear mobil keluarga

Harga Nissan All-new Grand Livina X-Gear Indonesia

Dari segi modelnya mobil ini juga tampak ideal di mata saya, daya angkutnya setara dengan MPV namun modelnya juga tidak membuat saya menjadi tampak sudah tua. Terus terang kemarin-kemarin ketika melihat pria yang mengendarai mobil MPV saya selalu berpikir bahwa yang bersangkutan pasti sudah masuk dalam fase hidup “diam dan lakukan”.

Maksud “diam dan lakukan” adalah fase dimana seorang pria kelas menengah yang sudah menjadi suami dan ayah, tentu tanggung jawab utamanya adalah pada keluarga sehingga alih-alih bersenang-senang, membanggakan kesuksesan atau menggunakan uang untuk diri sendiri fokusnya beralih menjadi memenuhi kebutuhan keluarga.

Dan karena yang namanya kebutuhan tidak pernah ada habisnya maka alih-alih mengeluhkan semakin bertambahnya beban lebih baik diam, jangan banyak merasa dan terus lakukan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Hingga tanpa terasa tiba-tiba sudah benar-benar tua, anak-anaknya sudah mandiri dan dirinya sendiri sudah mendekati usia pensiun. Baru-lah saat itu “hidupnya kembali”.

Kembali ke Nissan All-new Grand Livina X-Gear, meski termasuk mobil keluarga atau istilah kerennya MPV namun tampang mobil ini tidak menyebabkan orang yang memandang menjadi iba terhadap pemiliknya karena alasan yang saya sebut di atas.

Mobil SUV tentu ideal pula untuk dipilih sebagai mobil keluarga, namun bukan rahasia bahwa mobil SUV menuntut biaya operasional lebih tinggi daripada MPV. Nah di sini Nissan All-new Grand Livina X-Gear memainkan keunggulannya: tampang SUV, namun operasional MPV. Rasanya kalimat terakhir tersebut juga menjawab pertanyaan beberapa teman mengenai "Apakah Nissan All-new Grand Livina X-Gear adalah mobil keluarga"? Rasanya ya, karena dia adalah mobil tipe MPV.

Setidaknya di mata saya ini adalah MPV terkeren yang pernah saya lihat, sejak dikirim dari dealer tak henti-hentinya saya memandangi mobil ini baik ketika di dalam garasi, saat mencuci maupun saat di parkiran menunggu istri berbelanja. Mungkin Anda bilang saya norak, tapi terserah toh selera-selera saya, pilihan saya, duit-duit saya, hidup saya, peduli amat orang mau bilang apa...

Saya tahu di beberapa negara mobil Nissan All-new Grand Livina X-Gear digunakan sebagai Taxi, meski di sana namanya bukan Nissan All-new Grand Livina X-Gear. Tapi bukankah begitu pula dengan sedan-sedan Toyota?

Bagian Dalam Nissan All-new Grand Livina X-Gear

Masuk ke kabin Nissan All-new Grand Livina X-Gear saya juga tidak merasakan aura mobil kelas menengah, bagian dalam Nissan All-new Grand Livina X-Gear terbilang cukup mewah untuk ukuran masyarakat ekonomi kelas menengah seperti saya.

spesifikasi Nissan all-new Grand Livina X-Gear Indonesia

Deretan bangku tiga baris meski tidak memberi ruang selega mobil MPV seperti Toyota Innova namun lebih lega dari low MPV seperti Avanza/Xenia, Suzuki Ertiga atau Nissan Evalia. Dari segi kenyamanan pun jauh lebih baik dibanding mobil-mobil yang saya sebutkan tadi, memang saya belum pernah punya mobil-mobil tersebut namun bukan berarti tidak pernah mengemudikan atau menjadi penumpang di dalamnya. Jadi rasanya cukup fair bagi saya membuat penilaian tersebut.

Nissan All-new Grand Livina X-Gear tersedia dalam dua pilihan mesin yaitu 1.5 liter dan 1.8 liter. Pilihan saya jatuh pada Nissan All-new Grand Livina X-Gear 1.5 liter manual karena harganya pas untuk dana yang kami agihkan dan biaya operasionalnya juga lebih rendah karena konsumsi BBM yang lebih irit.

Memang performa mesinnya tidak terasa maksimal jika dikemudikan di jalan tol, tapi juga tidak loyo-loyo amat. Dan sehari-hari kami lebih sering berkendara di dalam kota, hanya akhir pekan dan saat-saat tertentu saja kami keluar kota dan itupun jalan tol yang kami lewati tidak panjang-panjang amat.

Penutup Review All-new Grand Livina X-Gear

Dengan sangat yakin saya bisa katakan bahwa membeli Nissan All-new Grand Livina X-Gear adalah pembelanjaan uang sebesar Rp 212 juta terbaik yang pernah saya lakukan. Memang dengan harga lebih murah yaitu Rp 179 juta Anda bisa mendapatkan Nissan All-new Grand Livina biasa dengan spesifikasi mesin yang sama, namun bagi saya X-Gear layak ditebus lebih mahal karena saya benar-benar jatuh cinta kepada tampangnya.

Memang ini bukan mobil terbaik yang ada di pasaran jika memang Anda memiliki budget lebih. Pemilik mobil SUV mungkin akan mentertawai mobil “SUV jadi-jadian” ini, tapi untuk ukuran “SUV jadi-jadian” masih banyak yang tampangnya jauh lebih konyol seperti.... Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia... peace!

NB: Berhubung saya tidak cukup pede menampilkan hasil jepretan sendiri, dan tidak mau Nissan Grand Livina X-Gear saya menjadi terkenal atau jadi korban vandalisme pemilik mobil lain yang saya banding-bandingkan di sini (just kidding), maka foto-foto di sini diambil dari website Nissan Indonesia.
Semoga Nissan Indonesia tidak berkeberatan, toh saya memberikan review positif dan tidak mendapat imbalan apa-apa...