Dominasi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia selama bertahun-tahun di kelas low MPV atau yang lebih tepat disebut sebagai LUV (Life Utility Vehicle) semakin hari semakin tergeser oleh popularitas Suzuki Ertiga. Bukan hanya di pasar mobil baru Ertiga mengungguli kompetitor yang sudah lebih dulu mapan, fenomena yang sama juga berlaku di pasar mobil bekas meski harga mobil bekas Suzuki Ertiga masih lebih tinggi ketimbang Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.
Diperkenalkan pertama kali tahun 2012 lalu, Suzuki Ertiga dengan cepat menarik perhatian banyak konsumen. Bukan hanya konsumen yang menginginkan harga mobil murah namun juga konsumen yang membutuhkan city car berukuran kompak yang ideal untuk diajak mengarungi kemacetan dan area parkir yang padat.
Yang Patut Diketahui Seputar Suzuki Ertiga
Menyebut Suzuki Ertiga sebagai sebuah low MPV sebenarnya tidaklah terlalu akurat, sebab pada dasarnya city car murah ini dibangun menggunakan sasis Suzuki Swift. Karenanya kemudian muncul istilah LUV yang dirasa lebih cocok untuk mengkategorikan mobil sekelas Suzuki Ertiga.
Mobil Suzuki Ertiga pertama kali dipertontonkan pada ajang Indonesia International Motor Show tiga tahun silam dan baru resmi menggunakan nama Suzuki Ertiga pada tahun 2012.
Sama halnya dengan Avanza-Xenia, selain mobil murah tidak banyak hal pada Suzuki Ertiga yang membuat orang terpesona kala itu. Meski demikian dari segi desain eksterior Ertiga juga bukan mobil yang buruk, desainnya sangat proporsional meski ukuran ban yang kecil kadang membuat orang sedikit “ilfil”.
Spesifikasi Suzuki Ertiga
Hadir di Indonesia dalam tiga varian (GA, GL dan GX) Suzuki Ertiga mengusung mesin 1.4 liter atau tepatnya 1.373 cc yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 94 dk dan torsi maksimal 130 Nm.
Dengan berat total kendaraan yang kurang dari 2.000 kg dan rasio tranmisi berkarakter pendek, Suzuki Ertiga cukup responsif di dalam kota dan kondisi jalan macet. Meski mengemudikan Suzuki Ertiga pada perjalanan luar kota terlebih di tanjakan terasa sangat menantang karena performa mesin yang pas-pasan. Keahlian memainkan tuas transmisi dan menginjak pedal kopling sangat menentukan nyaman tidaknya Anda mengendarai Suzuki Ertiga.
Pihak Suzuki mengklaim bahwa Suzuki Ertiga hanya memerlukan waktu 10,6 detik meski dalam sebuah pengujian kami hanya berhasil memperoleh angka 12,1 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari titik nol. Angka tersebut tergolong sangat baik untuk sebuah mobil sekelas ini.
Karena mengadopsi tipe rangka monokok Suzuki Ertiga memiliki keunggulan ketika melahap tikungan jika dibanding dengan para kompetitor yang mengadopsi rangka MPV. Mobil murah ini sangat percaya diri, presisi dan stabil ketika diajak keluar masuk tikungan. Bantingan suspensinya pun terasa lembut.
Pada dasarnya mengemudikan Suzuki Ertiga lebih terasa seperti mengemudikan sebuah mobil hatcback ketimbang MPV, kabinnya pun sangat hening saat dikemudikan.
Satu-satunya yang kami rasakan sebagai kekurangan selama melakukan test drive Suzuki Ertiga adalah kemudinya yang terlampau ringan, namun lagi-lagi setiap pengemudi memiliki preferensi berbeda sehingga opini Anda bisa berbeda dengan kami.
Kabin Suzuki Ertiga
Masuk ke kabin Suzuki Ertiga Anda akan mendapati posisi mengemudi yang tinggi sebagaimana layaknya sebuah MPV tulen. Pandangan pengemudi memang tidak terlalu luas, namun begitu feeling Anda terasah bersama mobil ini maka mengendarai Suzuki Ertiga di kemacetan terasa bak mengemudikan sebuah mobil gokart yang ringan dan lincah.
Jok bagian depan sangat nyaman baik untuk pengemudi dan penumpang dalam perjalanan jauh. Kabin tengah juga menyediakan cukup ruang kaki bagi penumpang dengan ukuran tubuh rata-rata orang Indonesia. Demikian pula halnya dengan jok baris terbelakang.
Karena desainer Suzuki Ertiga berusaha mengkomodir kenyamanan penumpang dalam mobil maka efek negatifnya adalah Anda tidak cukup memiliki ruang bagasi untuk memuat barang-barang di dalam Suzuki Ertiga. Namun jangan khawatir sebab jok belakang bisa dilipat dan memberi tambahan ruang untuk barang jika memang tidak digunakan.
DIMENSI / DIMENSION | ||||
GA | GL | GX | ||
Panjang Keseluruhan/Overall length | mm | 4,265 | ||
Lebar Keseluruhan / Overall width | mm | 1,695 | ||
Tinggi Keseluruhan / Overall height | mm | 1,685 | ||
Jarak Poros Roda / Wheelbase | mm | 2,740 | ||
Jarak Pijak Depan / Front tread | mm | 1,480 | ||
Jarak Pijak Belakang / Rear tread | mm | 1,490 | ||
Jarak terendah / Ground clearance | mm | 185 | ||
Radius putar minimum / minimum turning radius | m | 5.2 | ||
MESIN / ENGINE | ||||
Jenis / Type | K14B | |||
Silinder / Cylinder | 4 in-line | |||
Jumlah katup / Number of valves | 16 | |||
Isi silinder / Piston displacement | cc | 1,373 | ||
Diameter x langkah / Bore x Stroke | mm | 73.0 x 82.0 | ||
Perbandingan kompresi / Compression ratio | 10 | |||
Daya maksimum / Maximum output | PS/rpm | 95/6,000 | ||
Momen puntir maximum / Maximum torque | Nm/rpm | 130/4,000 | ||
Distribusi bahan bakar / Fuel distribution | Multi point injection | |||
TRANSMISI / TRANSMISSION | ||||
Perbandingan Gigi / Gear ratio | 1 | 3.909 | ||
2 | 2.043 | |||
3 | 1.407 | |||
4 | 1.064 | |||
5 | 0.815 | |||
Mundur/reverse | 3.250 | |||
Perbandingan gigi akhir / Final gear ratio | 4.687 | |||
RANGKA / CHASIS | ||||
Sistem kemudi / Steering | Rack& Pinion | |||
Suspensi / Suspension | Depan/front | MacPhersostnr ut with coil spring | ||
Belakang/rear | Torsionb eamw ithc oils pring | |||
Rem / Brakes | ABS | - | ABS (EBD&BA) | |
Depab/front | Ventilated disc | |||
Belakang/rear | Leading / Trailing Drum | |||
Ukuran ban / Tyres | 185/65 R15 | |||
BERAT / WEIGHT | ||||
Berat kendaraan kosong / Curb weight | Kg | 1160 | 1175 | 1180 |
Berat kendaraan kotor / Gross vehicle weight | Kg | 1760 | ||
KAPASITAS / CAPACITY | ||||
Tempat duduk / Seating capacity | Orang / person | 7 | ||
Tangki bahan bakar / Fuel tank capacity | Liter / litres | 45 | ||
Impresi dan Harga Suzuki Ertiga
Secara umum Suzuki Ertiga adalah kendaraan yang nyaman sekaligus unik, sebab meski bermain di segmen low MPV namun dalam banyak hal terlebih bagi pengemudi mobil ini bak sebuah mobil hatchback. Wajar saja sebab sasisnya mengadopsi sasis Suzuki Swift, namun dalam hal kemampuan mengangkut penumpang Suzuki Ertiga tidak kalah bakan sedikit lebih baik dari low MPV lainnya.
Jika Anda sedang mempertimbangkan membeli mobil murah untuk keperluan mudik tahun ini, tidak ada salahnya mempertimbangkan Suzuki Ertiga baik baru maupun bekas. Bukan hanya harganya yang ideal namun juga karakter mobil ini yang gesit mengurai kemacetan arus mudik dan arus balik serta daya angkut penumpang yang berkapasitas cukup lega sekaligus nyaman.
Harga mobil bekas Suzuki Ertiga terbilang stabil, tipe GX MT tahun 2012 misalnya saat ini bisa ditebus dengan harga sekitar Rp 155 juta-an. Sedangkan harga barunya bisa dilihat di tabel berikut:
Ertiga GA (MT) | 161.200.000 |
Ertiga GL DB (MT) | 176.200.000 |
Ertiga GX DB (MT) | 186.600.000 |
Ertiga GL DB (AT) | 187.600.000 |
Ertiga GX DB (AT) | 199.800.000 |
Harga Promo Suzuki Ertiga GX DB (AT) | |
Pearl White | Radiant Red |
Rp 199.400.000 | Rp 199.400.000 |