// //

Kelebihan dan Kelemahan Nissan Evalia

Nissan Evalia yang diperkenalkan kurang lebih setahun yang lalu adalah salah satu mobil murah low MPV yang cukup difavoritkan oleh keluarga Indonesia. Wajar saja jika mobil murah ini dijagokan, sebab Nissan Evalia menyediakan jok dan ruang kaki bagi penumpang yang lebih nyaman jika dibanding dengan dua mobil low MPV yang sudah ada sebelumnya yaitu all-new Avanza dan all-new Xenia.

Kelemahan Nissan Evalia


Performa Nissan Evalia

Hadir dalam empat varian di Indonesia yaitu SV MT, SV automatic, XV MT dan XV automatic Nissan Evalia mengusung dapur pacu HR15DE 1.5 liter 4 silinder. Mesin Nissan Evalia ini mampu menyemburkan tenaga maksimal 85 bhp dan torsi maksimal 200 Nm.

Harga dan Spesifikasi Nissan Evalia

Nissan Evalia Indonesia

Salah satu kelemahan Nissan Evalia adalah getaran dan suara mesin yang cukup berisik dirasakan dari dalam kabin. Gejala-gejala ini tidak ditemukan di Suzuki Ertiga misalnya. Kelemahan pada mesin Nissan Evalia semakin terasa manakala mencapai putaran mesin 2000 rpm.

Seperti umumnya city car di kelas ini, mobil murah buatan Nissan ini memiliki karakter handal ketika digunakan di dalam kota yang padat namun loyo di jalan bebas hambatan. Nissan Evalia mentok pada kecepatan 120 km/jam ketika dipacu di jalan bebas hambatan.

Sedangkan soal akselerasi, city car murah dari Nissan ini membutuhkan waktu hampir 16 detik (15,51 detik) untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari kondisi diam.

Sama halnya dengan mobil kelas low MPV lain tentu gejala-gejala understeer kerap ditemukan selama mengemudi di Nissan Evalia. Sejauh ini hanya Suzuki Ertiga-lah yang cukup sukses meredam gejala understeer berkat penggunaan rangka hatchback

Melewati jalanan yang sedikit kasar atau rusak muncul kelemahan Nissan Evalia lainnya, getaran dan ketidaknyamanan akan mudah dirasakan oleh pengemudi maupun penumpang. Lagi-lagi ini adalah gejala wajar untuk mobil di kelas ini, all-new Avanza/ Xenia juga tidak lebih baik performanya.

Namun jangan salah, ketika berada di jalan yang halus mobil Nissan Evalia sangatlah nyaman lebih-lebih bagi penumpang. Menunjukkan bahwa Nissan Evalia memiliki kelebihan dalam hal suspensi dibanding rata-rata kompetitornya.

Kabin Nissan Evalia

Di sektor kabin ditemukan kelemahan Nissan Evalia yang bakal mengganggu penumpang: posisi jendela samping yang terlalu tinggi!

Mungkin pada saat tidak dimuati penumpang dengan maksimal alias penuh kelemahan Nissan Evalia ini bisa diatasi dengan sedikit menggeser posisi duduk, namun ketika seluruh jok dihuni maka terasa sekali desain kaca samping Evalia sangatlah mengganggu. Penumpang tidak memiliki cukup pandangan keluar.

Kelemahan Nissan Evalia

Kelemahan

Kaca bagian samping penumpang pun juga dibuat mati, alias tidak bisa dibuka. Situasi ini jelas sangat mengganggu dalam hal kepraktisan. Belum lagi ketiadaan armrest untuk penumpang yang duduk di tepi kanan dan kiri bisa membuat tangan menjadi pegal ketika digunakan dalam perjalanan jauh.

Kualitas dan kinerja pennyejuk ruangan (AC) terasa lebih meyakinkan pada Evalia dibanding all-new Avanza/Xenia.
Selain itu konsumsi bahan bakarnya termasuk irit dengan 10 km/liter pada pengemudian di dalam kota dan 13,8 km/liter untuk kondisi lalu lintas luar kota.

Fitur keselamatan adalah kelebihan lain dari Nissan Evalia dibanding sebagian besar kompetitornya dengan mengusung rem ABS+EBD-BA. Memang fitur tersebut tidak tersedia pada varian standarnya yaitu Nissan Evalia SV namun tersedia sebagai aksesoris opsional jika memang dikehendaki.
Harga Promo Suzuki Ertiga GX DB (AT)
Pearl White Radiant Red
Harga Suzuki Ertiga Harga Suzuki Ertiga
Rp 199.800.000
Rp 199.400.000
Rp 199.800.000
Rp 199.400.000
beli sekarang beli sekarang

Kesimpulan Hasil Uji Nissan Evalia

Dengan kelebihan dan kelemahan Nissan Evalia menawarkan semakin banyak pilihan bagi konsumen di kelas mobil murah. Mobil ini hadir dengan berbagai keunggulan dan kelemahan. Nissan Evalia memang cukup kompetitif dibanding rata-rata low MPV yang beredar di Indonesia, namun selain unggul dalam kelegaan kabin mobil ini masih kalah nyaman jika dibandingkan Suzuki Ertiga dan Mazda VX-1.