// //

Mitsubishi Outlander Sport: Crossover Keluarga Indonesia

Dengan kapasitas angkut empat penumpang dewasa Mitsubishi Outlander Sport menjadi pilihan baru keluarga muda di Indonesia yang tidak membutuhkan mobil dengan kapasitas angkut besar seperti MPV atau SUV.

Mobil crossover Mitsubishi Outlander Sport hingga saat ini masih diproduksi langsung di fasilitas produksi Mitsubishi di Jepang. Dengan mesin berbahan bakar bensin dengan kapasitas 2.0 liter, mobil baru Mitsubishi ini mampu menghasilkan daya maksimal 100 kW pada putaran mesin 6000 rpm dan torsi maksimal 195 Nm pada putaran 4200 rpm.

Mitsubishi Outlander Sport Indonesia


Spesifikasi Lengkap Mitsubishi Outlander Sport

Meski sebenarnya pihak pabrikan sendiri menyediakan pilihan mesin 2.4 liter dan mesin diesel 2.2 liter untuk Mitsubishi Outlander Sport, namun hingga saat ini hanya disediakan tiga varian Mitsubishi Outlander Sport yang beredar di Indonesia yaitu tipe PX, GLS dan GLX dengan mengusung spesifikasi mesin sama serta hanya memiliki perbedaan pada tipe transmisi dan kelengkapan fitur.

Mitsubishi Outlander Sport menggunakan suspensi MacPherson di bagian depan dan multilink di bagian belakang, suspensi depan maupun belakang dilengkapi dengan stabilizer bar

Pengereman mengandalkan rem tipe disc untuk roda-roda depan dengan ukuran 16 inchi dan tipe drum di bagian belakang dengan ukuran yang sama.

Fitur keamanan meliputi airbag untuk pengemudi dan penumpang, ABS, EBD dan BA.

Mitsubishi Outlander Indonesia

Performa Mitsubishi Outlander Sport

Mesin Mitsubishi Outlander Sport belum dilengkapi dengan teknologi direct injection maupun turbocharger sehingga torsi terasa kurang merata. Untuk mendapatkan performa maksimal dari mobil Mitsubishi ini pengemudi perlu sedikit agresif dalam memainkan pedal gas.

Dan oleh karena tidak dilengkapi oleh fitur kontrol traksi maka gejala spin pada ban Mitsubishi Outlander Sport acapkali ditemukan ketika pedal gas diinjak dengan agresif.

Mitsubishi Outlander Sport bertransmisi otomatis dilengkapi dengan mode Eco, namun ketika mengendarai dengan menempatkan transmisi di mode Eco kami sama sekali tidak menemukan kenyamanan karena penyaluran tenaga yang bukan hanya loyo namun juga terasa kurang pas lebih-lebih saat berakselerasi.

Kami perlu menginjak pedal gas dalam-dalam dan menunggu beberapa saat sebelum akhirnya transmisi CVT Mitsubishi Outlander Sport memerintahkan mesin untuk melaju sesuai harapan kami.

Kami cukup kecewa dengan performa Mitsubishi Outlander Sport bertransmisi otomatis, karenanya tipe transmisi manual lebih direkomendasikan jika memang Anda berniat membeli mobil ini.

Ketika dimuati dengan empat penumpang dewasa (tiga penumpang plus pengemudi) gejala kurangnya tenaga pada Mitsubishi Outlander Sport semakin terasa. Perkiraan kami Mitsubishi Outlander Sport 2.4 liter atau Mitsubishi Outlander Sport diesel 2.2 liter lebih mumpuni dibanding mesin 2.0 liter-nya. Namun kami juga tidak bisa memastikan karena belum pernah menjajal mesin 2.4 liter dan diesel 2.2 liter-nya.

Meski mengusung embel-embel nama “Sport” namun Mitsubishi Outlander Sport sama sekali tidak memiliki karakteristik “Sport”, mobil ini lebih merupakan sebuah mobil pengangkut keluarga yang aman dan nyaman.

Memang dengan dimensi yang dimiliki mobil crossover Mitsubishi ini gejala-gejala understeer beberapa kali ditemukan, namun semuanya masih dalam kategori wajar dan terkontrol.

Diajak berkotor-kotoran di kondisi jalan yang sedikit kasar pun Outlander terbilang tangguh meski penumpang akan merasakan banyak getaran, demikian pula dengan pengemudi yang akan merasakan vibrasi pada lingkar kemudinya.

Kabin Mitsubishi Outlander Sport

Kabin didominasi oleh bahan plastik berwarna abu-abu yang menyiratkan kesan murahan, namun tidak ada cacat atau kelemahan yang bisa disebutkan dari kabin Mitsubishi Outlander Sport ini.

Adjustable steering memungkinkan pengemudi untuk mengatur posisi yang paling sesuai untuknya meski joknya terasa kurang suportif. Dashboard yang tinggi serta pandangan ke moncong mobil yang tidak cukup leluasa menjadikan mobil Mitsubishi ini terasa lebih besar jika dilihat dari dalam.

Harga Mitsubishi Outlander Sport Indonesia

Jok penumpang (belakang) cukup nyaman, suportif serta menyediakan ruang yang lega untuk kenyamanan penumpang dalam perjalanan dekat maupun jauh.

Secara umum mobil Mitsubishi Outlander Sport ini bisa jadi pilihan ideal bagi anak muda maupun keluarga muda selama tidak menuntut performa sporti sebagaimana yang dibayangkan dari namanya.

Harga mobil baru Mitsubishi Outlander Sport GX dibandrol Rp 289 juta, sementara tipa GLS dan PX masing-masing Rp 306 dan Rp 325 juta.