// //

Perbandingan Mazda CX-5, Honda CR-V dan Toyota RAV4

Di kelas SUV menengah saat ini Mazda CX-5, Honda CR-V dan Toyota RAV4 adalah tiga mobil SUV yang paling populer dibanding merek-merek mobil lain di kelas ini. Dan sejak kemunculan Mazda CX-5 kedua kompetitornya dipaksa berbenah diri untuk menahan laju si CX-5 yang makin populer.

Mazda CX-5 yang telah menjadi benchmark di kelas ini juga tak lantas begitu saja berpuas diri. Mesin baru 2.5 liter yang lebih bertenaga dijejalkan pada varian terbaru mobil Mazda CX-5 untuk tetap mempertahankan posisinya sebagai mobil medium SUV terbaik.

Namun bagaimana sebenarnya perbandingan performa Mazda CX-5 vs Honda CR-V vs Toyota RAV4 di jalanan? Mana yang lebih cocok bagi kebutuhan Anda?
Kami menjajal varian dengan sistem berpenggerak empat roda dari masing-masing mobil pilihan keluarga Indonesia tersebut. Ketiganya juga dibekali dengan transmisi otomatis dan dijual dengan kisaran harga yang sama di pasaran.

Pengujian dilakukan di jalan beraspal maupun medan berat untuk menguji kemampuan masing-masing mobil tersebut dalam berakselerasi, pengereman dan keluar-masuk tikungan.

Sebagai mobil keluarga tentu fitur keselamatan adalah faktor yang sangat penting pula untuk dipertimbangkan, karenanya fitur ini turut menjadi poin penilaian kami.

Berikut hasil perbandingan Mazda CX-5, honda CR-V dan Toyota RAV4 yang kami rangkum dalam posting kali ini:

Mazda CX-5


Kabin dengan desain modern, praktis dengan material berkualitas adalah poin keunggulan dari Mazda CX-5.
Namun demikian jika dibandingkan dengan Toyota RAV4 posisi pengemudi di Mazda CX-5 tidak senyaman di Toyota RAV4.

Kapasitas angkut CX-5 juga tidak seluas dua rivalnya namun demikian tersedia cukup ruang di kabin yang mampu memberikan kenyamanan bagi para penumpang dalam perjalanan jauh maupun dekat.

Meski kualitas material kabin di bagian depan menebarkan aura premium namun tidak demikian dengan bagian belakang.

Bicara soal performa, mesin Mazda CX-5 2.5 liter adalah yang paling besar di kelasnya. Transmisi SkyActiv yang dipadukan dengan mesin ini pun adalah transmisi paling baik jika dibanding Honda CR-V dan Toyota RAV4.

Mungkin yang menjadi kelemahan dari performa CX-5 adalah kecenderungan transmisi otomatisnya untuk memindah ke gigi yang lebih tinggi saat berakselerasi. Tujuannya tidak lain adalah menghemat bahan bakar, namun efek negatifnya akselerasi terasa kurang memuaskan.

Pengalaman mengemudi, kemampuan keluar-masuk tikungan, stabilitas dan pengendalian Mazda CX-5 tidak bisa ditandingi oleh Honda CR-V maupun Toyota RAV4. Sayangnya ketika diajak berkotor-kotoran di medan berat performa CX-5 masih kalah dibanding Honda CR-V.

Fitur keselamatan yang diusung oleh Mazda CX-5 tergolong sangat komplet, tidak ada keraguan bahwa CX-5 adalah mobil keluarga yang aman.

Honda CR-V


Entah bagaimana mengungkapkannya, namun kami merasa posisi duduk pengemudi di Honda CR-V tidak benar-benar pas. Meski berulang kali menyetel jok namun tetap tidak menemukan posisi yang tepat di balik kemudi Honda CR-V.

Setelah menikmati dashboard Mazda CX-5 yang memiliki aura premium, kami mendapati kesan murahan pada dashboard Honda CR-V. Penggunaan material plastik rupa-rupanya adalah alasan utama dari kesan murahan ini, meski tampilan dan desainnya tidak buruk.

Dibanding CX-5, all-new Honda CR-V menawarkan kabin yang lebih lega namun masih kalah dari Toyota RAV4.

Jika transmisi CX-5 adalah yang terbaik di kelasnya, maka transmisi CR-V adalah yang terburuk. Meski kinerjanya tidak terlampau buruk, namun transmisi lima percepatan ini menggunakan teknologi yang sudah usang. Akibatnya gigi kedua pada Honda CR-V terasa loyo.

Dengan tenaga maksimum 140 kW, mesin CR-V adalah yang paling bertenaga dibanding rival-rivalnya. Mesin ini terasa mantap pada putaran tengah dan atas namun loyo di putaran bawah.

Soal pengendalian di jalan raya CR-V adalah yang terburuk di kelasnya, setirnya terlampau ringan dan minim feedback. Sebaliknya di medan yang sedikit berat mobil ini lebih stabil ketimbang Mazda CX-5.

Standar keselamatan pada Honda CR-V setara dengan CX-5, dengan kata lain CR-V mengusung fitur keselamatan yang tinggi.

Toyota RAV4


Toyota RAV4 memberikan posisi duduk paling nyaman bagi pengemudi dibanding CX-5 dan CR-V. Lingkar kemudinya pun paling enak digenggam dibanding dua kompetitor yang disebut di atas.

Sayang sekali dashboard Toyota RAV4 tidak tertata dengan baik, terlalu banyak paduan bentuk dan warna yang terasa kurang matching satu sama lain. Seolah setiap bagian didesain oleh orang-orang yang berbeda.

Kabin Toyota RAV4 adalah yang paling lega dan nyaman dibanding CR-V dan CX-5, namun mobil ini hanya didesain untuk memuat tidak lebih dari empat penumpang dewasa.

Mesin Toyota RAV4 memiliki karakter bertenaga, halus dan tidak berisik. Transmisi otomatisnya cepat memindahkan ke gigi tinggi meski tidak sedini Mazda CX-5. Jadi meski mesinnya sendiri sebenarnya sanggup menaklukan tanjakan namun transmisinya terasa membatasi performa maksimal Toyota RAV4.

Untuk meminimalisir gejala limbung ketika melahap tikungan, suspensi Toyota RAV4 2013 disetting lebih keras dibanding pendahulunya. Meski demikian kemampuannya menaklukan tikungan masih kalah jauh dibanding Mazda CX-5.

Soal standar keselamatan bisa dibilang setara dengan dua rivalnya.

Kesimpulan

Ketiga SUV menengah yang diuji kali ini yaitu Mazda CX-5, Honda CR-V dan Toyota RAV4 adalah pilihan ideal untuk mobil keluarga dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Ketiganya juga mengusung standar tingkat keselamatan yang tinggi, meski demikian berdasarkan hasil uji maka urutan SUV terbaik hingga yang terbawah adalah sebagai berikut:

Mazda CX-5

Mesin 2.5 liter menjadikan Mazda CX-5 lebih bertenaga terutama ketika dikemudikan keluar kota. Namun keunggulan utama dari Mazda CX-5 sebenarnya adalah dalam hal pengendalian dan pengalaman mengemudi.

Konsumsi BBM Mazda CX-5 juga adalah yang teririt diantara ketiga mobil tersebut. Satu-satunya kekurangan adalah kapasitas kabin yang sempit.

Toyota RAV4

Di antara ketiga mobil yang diuji Toyota RAV4 mengalami perubahan paling revolusioner dibanding generasi RAV4 sebelumnya.

Ruang kabin yang lega dan posisi pengemudi yang sempurna adalah dua keunggulan utama Toyota RAV4 dibanding CR-V dan CX-5.

Namun soal kelengkapan, Toyota RAV4 tidak sebaik kedua kompetitornya. Varian termahalnya bahkan belum dilengkapi oleh SatNav.

Honda CR-V

Menjadi idola selama beberapa tahun nampaknya membuat Honda lengah. Memang all-new Honda CR-V mengalami banyak ubahan dalam hal desain, namun CR-V masih mempertahankan teknologi-teknologi generasi sebelumnya yang terbilang kelewat umur untuk saat ini.

Material dahsboard yang berkesan murahan juga semakin mengurangi citra positif dari Honda CR-V.