// //

Jeep Terkecil Siap Dilepas ke Pasar

Jeep terkecil akan segera diperkenalkan ke pasar otomotif dalam waktu dekat, demikian pernyataan dari CEO Jeep kepada situs Edmund beberapa hari yang lalu. Mobil baru buatan Jeep tersebut saat ini belum diberi nama resmi, namun disebutkan bahwa mobil Jeep ini hanya akan memilki panjang sekitar 4 meter yang berarti hampir sama dengan mobil hatchback.




Mike Manley, sang CEO menjanjikan bahwa Jeep mini ini akan bersaing dengan mobil hatchback dalam hal dimensi dan efisiensi bahan bakar namun memiliki daya angkut sekelas SUV.

Wacana mengenai mobil Jeep terbaru ini sebenarnya sudah muncul sejak tiga tahun lalu ketika Chrysler yang adalah induk dari Jeep beraliansi dengan perusahaan otomotif asal Italia, Fiat.

Semula direncanakan Jeep akan dibangun menggunakan basis Fiat Panda, namun kemudian diputuskan bahwa Fiat 500X lebih tepat dipilih ketimbang Panda.
Jeep terbaru ini dijadwalkan akan mulai diproduksi di italia pada tahun 2014 nanti dan tersedia dalam dua varian yaitu berpenggerak dua roda dan berpenggerak empat roda.

Melihat dari spesifikasi yang ditawarkan nantinya Jeep akan bersaing dengan Peugeot 2008 dan Ford EcoSport.

Segmen SUV kecil belakangan semakin menjanjikan, bahkan pasar Amerika yang selama ini terkenal doyan dengan mobil besar pun perlahan mulai menggeser preferensinya ke mobil berukuran lebih kecil karena konsumsi bahan bakar dan biaya perawatan yang lebih hemat.
“Jika mobil kecil sudah cukup, mengapa harus memilih mobil yang lebih besar?” begitu ungkap rata-rata konsumen mobil di Amerika.

Selain mobil mini Jeep, perusahaan tersebut juga merencanakan produksi Jeep berkapasitas 7 penumpang pada tahun 2015 nanti.