// //

Perbandingan All-new Avanza dengan All-new Xenia

Perbandingan All-new Avanza dengan All-new Xenia tidak mudah diidentifikasikan sekalipun keduanya tidak benar-benar sama. Memang sekilas Avanza dan Xenia bak pinang dibelah dua, selain logo di bagian moncong atau emblem di bagia n belakang sulit membedakan keduanya.Walau demikian perbedaan Avanza-Xenia bukanlah sesuatu yang mustahil diketemukan.

Perbandingan All-new Avanza dengan All-new Xenia mula-mula bisa dilihat dari desain eksteriornya. Sebagai contoh jika hampir semua tipe Toyota All-new Avanza, kecuali tipe E sudah dilengkapi dengan fog lamp, pada All-new Xenia hanya tipe R atau tipe tertinggi sajalah yang sudah mengusung foglamp tersebut. Desain foglamp Avanza dan Xenia pun juga tidak bisa dibilang sama.

Kemudian, dilihat dari desain dan ukuran peleknya pun mobil baru Avanza dan Xenia sangatlah berbeda. Xenia dilengkapi pelek desain enam palang ganda, sementara Avanza menggunakan desain depalan palang. Kemudian ukurannya pun berbeda, jika Xenia ditawarkan dengan ukuran 13 dan 14 inci, maka Avanza ukurannya 14 dan 15 inci.

Begitu juga saat masuk ke interiornya. Sama-sama bernuansa dua warna, hanya saja Xenia warna keduanya lebih cerah, sementara Avanza lebih gelap. Kemudian beberapa tempat penyimpanan pun detailnya berbeda.

Lalu sistem entertaimentnya, memang tersedia dengan dua pilihan single dan double DIN, namun jumlah speakernya berbeda. Xenia hanya 4 speaker, Avanza ada yang 6 speaker.

Dan dua fitur yang tidak dimiliki All New Xenia, namun terdapat pada All New Avanza. Yakni fitur switch steering, untuk mengatur audio dari lingkar kemudi. Xenia juga tidak dilengkapi rem ABS, sementara Avanza sudah dilengkapi rem ABS (tipe Veloz).

Perbandingan Avanza dengan Xenia

Perbandingan Avanza dengan Xenia


Terakhir, soal mesin. All New Avanza dan Xenia sama-sama ditawarkan dengan dua pilihan mesin yang berbeda. Kalau Avanza punya mesin 1.3 liter dan 1.5 liter, sementara Xenia dibekali mesin 1.0 liter 3 silinder dan 1.3 liter empat silinder.

Perbandingan All-new Avanza dan All-new Xenia

Untuk membandingkan masing-masing tipe Avanza dan Xenia tentu akan memakan banyak waktu, karenanya kami mengambil satu tipe Avanza dan satu tipe Xenia yang harganya hampir setara yaitu Avanza 1.3 G Manual dan Xenia 1.3 R Manual.


Berikut adalah perbandingan antara Avanza dan Xenia yang kami maksud.

Mesin
All New 1.3 G M/T
All New Xenia R M/T
Seri MesinK3-VEK3-VE
Tipe MesinIL, 4 Cyl, 16 V, DOHC, VVT-iIL, 4 Cyl, 16 V, DOHC, VVT-i
Isi Silinder (cc)1,2981,298
Diameter x Langkah (mm)72.0 x 79.772.0 x 79.7
Daya Maksimum (Ps/rpm)92/6,00092/6,000
Torsi Maksimum (Kgm/rpm)11,9/4,40011,9/4,400
Sistem Pemasukan Bahan BakarEFIEFI
Bahan BakarUnleaded GasolineUnleaded Gasoline
Kapasitas Tangki (liter)4545
Steering (Power Steering)Dengan (Electric Power Steering)Dengan (Electric Power Steering)

Melihat tabel perbandingan spesifikasi Avanza dengan Xenia di atas jelas sekali bahwa kedua mobil murah tersebut mengandalkan mesin yang persis sama. Dengan demikian perbedaan antara Avanza dan Xenia tidak terletak pada dapur pacu melainkan lebih ke arah fitur dan brand image