// //

Uji Jalan Chevrolet Spin 1.5 LTZ AT

Chevrolet Spin adalah low MPV dan mobil murah pertama yang dilansir oleh pabrikan asal Amerika. Sekalipun Chevy sendiri merupakan pabrikan mobil asal Amrik namun Chevy Spin sendiri dirancang khusus untuk pangsa pasar utama negara-negara Asia. Berikut adalah ulasan dari salah satu varian tertingginya yaitu Chevy Spin 1.5 LTZ AT.

Chevrolet Spin 1.5 LTZ AT sebagaimana disebut sebelumnya merupakan varian tertinggi dari keluarga Chevy Spin. Sebagai varian termahal tentu beberapa fitur tambahan disematkan pada salah satu mobil terbaru Chevrolet ini untuk membedakan dari varian lain. Selain transmisi otomatis enam percepatan, fitur keselamatan seperti airbag (untuk pengemudi) dan ABS menjadi fitur penting pada Chevrolet Spin 1.5 LTZ.

Spesifikasi Chevrolet Spin 1.5 LTZ AT

Transmisi Otomatis, 6-Speed
Suspensi Torsion Beam Axle – Rear /McPherson Strut – Front
Torque 142 Nm/3800 rpm
Brakes Brakes – Disk Front Ventilated & Drum Brakes Rear Ventilated
Power Output 6000 rpm/109 ps
Stroke (mm) 84.70
Displacement (cc) (ccm) 1485
Bore (mm) 74.71
Airbags - Driver Yes
Anti-Lock Braking System (ABS) Yes
Fog Lamps – Rear Yes
Electric Defogger - Rear Window Yes

Harga Chevrolet Spin Indonesia

Spesifikasi Chevrolet Spin Indonesia

Chevrolet Spin Diesel

Chevrolet Spin 1.5 LTZ AT Indonesia

Chevrolet Spin 1.5 LTZ AT

Sekalipun Chevrolet Spin sekilas melanggar pakem mobil Chevrolet yang selama ini identik dengan mobil-mobil berukuran besar dan muscle cars, namun DNA dari Chevrolet sendiri masih kental mengalir pada Chevrolet Spin. Proyek Chevrolet Spin oleh GM sendiri sudah dimulai sejak tahun 2007 oleh GM Brazil dengan mengambil masukan dari negara-negara ASEAN yang bakal menjadi pangsa pasar utamanya.

Desain Chevrolet Spin berkesan modern, dinamis sekaligus tangguh. Faktor terakhir tidak akan Anda ketemukan pada mobil-mobil lain sekelasnya. Desainnya pun cenderung membulat, jauh dari kesan mengkotak sebagaimana sang kakak Chevy Orlando. Meski pada dasarnya mobil ini berada di kelas yang sama dengan All-new Avanza, All-new Xenia dan Suzuki Ertiga namun dari segi desainnya Chevrolet Spin setingkat di atas para kompetitornya itu.

Sama halnya di bagian interior, meski materialnya tak banyak berbeda dibanding rival-rivalnya namun lagi-lagi dari segi desain Chevy Spin terasa lebih berkelas dibanding Suzuki Ertiga maupun duo All-new Avanza-Xenia.
Meski demikian ada satu kekurangan dari interior Chevrolet Spin yaitu posisi dudukan yang tak setinggi kesan yang diberikan ketika dilihat dari luar. Rasanya Chevrolet perlu memperbaiki kondisi ini sebagai penyempurnaan Chevrolet Spin terbaru nantinya.

Menariknya lagi kabin Chevrolet Spin sangatlah senyap, sebuah keunggulan Chevrolet Spin yang layak dicatat sebab belum pernah kami temukan pada mobil merk lain yang harganya di bawah Rp 200 juta. Bahkan ketika dipacu pada kecepatan 100-120 km/jam pun kabin masih terasa bebas dari kebisingan suara mesin, terpaan angin maupun gesekan roda dengan aspal.

Bagi penumpang posisi dudukan dimana jok baris ketiga lebih tinggi ketimbang baris kedua sementara dudukan baris kedua lebih tinggi ketimbang jok depan sehingga semua penumpang memiliki pandangan ke depan yang cukup baik.

Jok barisan kedua dan ketiga meski tak terlalu lapang namun memberikan kenyamanan yang lebih baik dibanding duo Avanza-Xenia maupun Ertiga. Selain itu jok tengah mudah untuk dilipat sehingga memudahkan proses keluar-masuk penumpang yang berada di barisan jok ketiga.


Chevrolet Spin – Made in Indonesia

Berbeda dengan mobil-mobil lain buatan Chevrolet maupun merek lain yang beredar di Asia, Chevrolet Spin bukan dibuat di Thailand melainkan di Indonesia. Bahkan ban yang digunakan oleh Chevrolet Spin pun merupakan produksi asli Indonesia yaitu GT Champiro Eco dari keluaran Gajah Tunggal. Berkat ASEAN Agreement maka Chevrolet Spin bisa diekspor ke negara-negara lain di kawasan ASEAN dengan harga yang tetap kompetitif.

Sesuai namanya Chevrolet Spin yang diuji kali ini mengandalkan mesin 4 silinder berkapasitas 1.5 liter yang menghasilkan daya maksimal 109 ps pada putaran 6000 rpm dan torsi maksimal 142 Nm pada putaran 3800 rpm. Mesin ini cukup bertenaga dan nyaman sebagai kendaraan harian, penggunaan BBM nya pun terbilang irit. Meski demikian kami masih berharap Chevrolet Spin Diesel 1.3 liter bakal dihadirkan di Indonesia.

Harga Chevrolet Spin 1.5 LTZ

Harga Chevrolet Spin dengan mesin 1.5 liter dibanderol mulai Rp 165,8 juta (1.5 LT), sementara varian 1.5 LTZ AT yang diuji di sini dijual dengan harga mulai Rp 183,8 juta. Untuk harga mobil di bawah Rp 200 juta tak pelak lagi kami memberikan rekomendasi tinggi untuk Chevrolet Spin.