// //

First Impression Honda Mobilio

Honda Mobilio bakal menjadi mobil pertama Honda di kelas low MPV sekaligus mobil ketiga Honda yang dibangun dengan platform Honda Brio. Pada saat resmi dirilis pada bilan Februari tahun 2014 nanti Mobilio dipastikan bakal bersaing dengan MPV kelas “B” lainnya seperti Chevrolet Spin, Suzuki Ertiga, Nissan Evalia, Toyota All New Avanza dan Daihatsu All New Xenia. Dengan desain yang jauh dari kesan mobil murah dan nama besar Honda sudah pasti Mobilio bakal mengancam merek lain di kelas ini.

Honda Mobilio diperkenalkan pada gelaran Indonesia International Motor Show pada September 2013 lalu dan semenjak indennya dibuka hingga saat ini sudah lebih dari 5.000 unit mobil dipesan. Meski kabar mengenai Honda Mobilio sudah banyak beredar sekaligus detil spesifikasi dan harganya namun belum ada yang benar-benar pernah menjajal langsung kehebatan mobil buatan Honda itu. Kondisi ini berubah ketika mobil ini di bawa di Jepang untuk diuji dan pihak pabrikan mempersilakan media otomotif untuk menilik langsung jeroan Honda Mobilio.

Honda Mobilio Indonesia

Inilah Jeroan Honda Mobilio!

Untuk menghemat biaya produksi maka Honda menggunakan desain yang sama dengan Honda Amaze yang beredar di India maupun Honda Brio di Indonesia. Meski di beberapa bagian Honda berusaha “menyembunyikan” kesaman di antara ketiganya namun ketika dilihat dari depan orang bisa salah membedakan ketiga mobil tersebut.

Sementara di bagian samping seperti sudah kami sebutkan pada artikel Honda Mobilio sebelumnya bahwa desainer Honda terbukti piawai mendesain mobil ini menjadi sebuah MPV yang proporsional sekalipun platform aslinya adalah mobil hatchback sub kompak kelas “A”. Dengan penggunaan velg berukuran 15 inch karakter MPV makin terasa pada Honda Mobilio sekaligus memberi kesan yang berbeda dari Honda Brio.

Honda Mobilio Indonesia

Honda Mobilio Indonesia

Namun menurut kami justru sisi bagian belakanglah yang menjadi sudut paling baik untuk menikmati keindahan desain Honda Mobilio. Desainnya yang futuristis sekaligus berkesan mewah terlihat lebih baik jika dibandingkan desain Suzuki Ertiga yang saat ini tengah menjadi “the rising star” di kelas low MPV.

Jeroan Kabin Honda Mobilio

Ditilik dari dimensinya sendiri mobil keluarga murah buatan Honda ini memiliki panjang wheelbase 2650 mm yang berarti sekitar 60 mm lebih panjang ketimbang Honda Brio. Dan sebagaimana sudah diduga sebelumnya bahwa Honda kembali menggunakan dashboard yang digunakan pula oleh Honda Brio dan Amaze pada Mobilio. Namun perlu dicatat bahwa versi yang diuji coba kali ini adalah versi purwarupa sehingga masih terbuka kemungkinan Honda Mobilio bakal dilengkapi dengan dashboard yang lebih baik saat resmi dirilis nanti.

Sekalipun jika dibandingkan dengan Honda Brio panjang wheelbase MPV Honda ini lebih panjang namun Suzuki Ertiga memiliki wheelbase yang sekitar 100 mm lebih panjang dibandingkan Honda Mobilio. Jadi jika kenyamanan penumpang menjadi pertimbangannya maka di atas kertas Suzuki Ertiga masih unggul atas Honda Mobilio.

Honda Mobilio Indonesia

Bicara soal kenyamanan, sama halnya dengan Honda Brio posisi jok bagian depan Mobilio versi pre-production ini terasa kurang ergonomis dan supportif. Sementara pada jok baris kedua Anda akan kembali dibuat kagum oleh kehebatan para desainer Honda yang mampu menyediakan kabin cukup lega untuk sebuah mobil yang sebenarnya memiliki dimensi terbatas. Jadi sekalipun di atas kertas Suzuki Ertiga memiliki wheelbase yang 100 mm lebih panjang namun ketika masuk ke dalamnya perbedaan ini nyaris tak terasa, kabin Honda Mobilio terasa sama leganya dengan kabin Ertiga.

Di bagian atas tersedia air conditioning vents untuk menyejukkan penumpang yang duduk di baris kedua dan ketiga. Sayang pada mobil versi pre produksi ini tidak bisa dijajal tingkat efektivitas AC Honda Mobilio sehingga belum bisa dinilai kinerjanya. Namun dari desainnya sendiri jelas bahwa menghemat biaya produksi merupakan prioritas dalam membangun Mobilio.

Penumpang di barisan ketiga juga bakal merasakan ruang kabin dan posisi duduk yang cukup nyaman dengan catatat penumpang di baris kedua tidak memosisikan sandarannya ke belakang. Selain itu di bagian belakang jok baris ketiga masih tersisa sedikit ruang yang bisa dimanfaatkan untuk mengangkut barang.

Bagaimana dengan performa mesin Honda Mobilio sendiri? Pastinya Honda menggunakan mesin 1.5 liter i-VTEC yang dari kapasitasnya sedikit lebih unggul dibanding Suzuki Ertiga. Namun apakah keunggulan di atas kertas tersebut berlaku pula di lapangan? Pastikan Anda bergabung di Halaman Fan Page Facebook kami agar tidak tertinggal informasi mengenai performa Honda Mobilio.