// //

Honda Mobilio Bakal Bidik Suzuki Ertiga

Sukses Suzuki Ertiga yang kini menjadi bintang di kelas low MPV tampaknya bakal segera goyah setelah Honda resmi memperkenalkan Honda Mobilio yang bakal segera resmi diluncurkan di segmen yang sama dengan mobil andalan Suzuki itu. Ditilik dari dimensinya sendiri mobil baru keluaran Honda ini menawarkan kabin yang lebih lega dibanding Ertiga yang saat ini merajai segmen ini. Walau Indonesia menjadi tempat peluncuran Mobilio namun rencananya mobil ini tak hanya akan tersedia di Indonesia namun juga bakal merambah ke beberapa negara tetangga.

Meski Honda Mobilio dibangun dengan basis Honda Brio namun desainnya secara keseluruhan tidak tampak serupa. Meski moncong depannya serupa namun secara keseluruhan Honda Mobilio bekesan lebih elegan dan premium dibanding Honda Brio yang kental nuansa mobil murah itu. Para desainer Honda rupanya bekerja sangat baik dalam menggarap mobil ini sehingga Honda Mobilio tampak begitu proporsional.

Honda Mobilio


Honda Mobilio

Honda Mobilio

Honda Mobilio

Honda Mobilio

Sudah menjadi patokan bahwa fitur utama sebuah mobil MPV adalah kapasitas muat penumpang. Lewat panjang wheelbase 2.650 mm jelas bahwa Honda Mobilio menawarkan kelegaan kabin yang baik untuk kelas ini. Meski sang kompetitor utama Suzuki Ertiga menawarkan wheelbase yang lebih panjang yaitu 2.740 mm namun reputasi Honda yang selama ini selalu unggul dalam mendesain bagian interior rasanya bakal mampu menyiasati kekurangan ini.

Meski di bagian eksterior Honda Mobilio menampakkan desain premium namun tidak demikian halnya dengan bagian interior. Desain instrumen yang sederhana dengan material plastik sebagaimana diketemukan juga pada Honda Brio masih dipertahankan. Rasanya kondisi ini cukup wajar dalam rangka menekan biaya produksi sehingga harga Honda Mobilio bisa bersaing dengan mobil lain di kelasnya.

Urusan mesin dipercayakan pada mesin i-VTEC berkapasitas 1.5 liter yang dicomot dari New Honda City 1.5. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimal 116 bhp dan torsi 14,6 kgm. Sementara itu di beberapa negara lain Honda Mobilio juga akan hadir dengan mesin Diesel berkapasitas 1.248 cc