// //

Membedah Toyota New Rush

Harga Toyota New Rush kini menyentuh angka Rp 231,9 juta untuk versi TRD Sportivo dengan transmisi matik. Mengingat nama besar Toyota bisa jadi calon konsumen tak merasa keberatan dengan penyesuaian harga tersebut. Namun di pihak lain tipe tertinggi harga Daihatsu Terios yang adalah saudara kandungnya hanya dibanderol Rp 215,4 juta-an.

Penyesuaian harga Toyota New Rush 2013 tak diimbangi dengan peningkatan dapur pacu. Masih sama dengan sebelumnya New Rush mengandalkan mesin berkode 3ZS-VE berkapasitas 1.5 liter yang digunakan pula oleh kembarannya Daihatsu Terios pula Daihatsu Gran Max. Mesin Toyota New Rush mampu memuntahkan tenaga maksimal 80 kW pada 6000 rpm dan torsi maksumal 141 Nm pada 4400 rpm. Mesin mungil ini terbukti cukup mumpuni meladeni bobot Toyota New Rush yang hanya 1175 kg.

Toyota New Rush

Toyota New Rush


Eksterior dan Interior Toyota New Rush

Di sektor eksterior sentuhan facelift pada Toyota New Rush makin memberikan nuansa tangguh namun tetap elegan. Sementara ban berukuran 235/60R16 bukan hanya tampak kompak dengan desain mobil secara keseluruhan namun sekaligus memberikan stabilitas dan kenyamanan berkendara. Toyota jelas tak asal mengedepankan estetika dalam merancang Toyota New Rush, aspek fungsionalitas terbukti juga menjadi pertimbangan. Salah satunya adalah desain headlamps yang tak sekedar menyiratkan kesan agresif tapi di pihak lain juga memberikan penerangan sangat baik terutama dalam kondisi pengemudian di malam hari.

Keberadaan wing mirror pada semua tipe mobil Toyota New Rush juga berfungsi memperluas pandangan pengemudi SUV yang posisi dudukannya sangat baik ini.

Toyota New Rush

Toyota New Rush

Toyota New Rush Indonesia

Toyota New Rush

Sementara itu di bagian interior Anda akan menemukan nuansa yang sama dengan Daihatsu Terios. Desain dashboard yang sederhana dan fungsional dengan gaya Transformers memang sama sekali tak membawa aura mewah. Namun justru kesederhanaannya ini merupakan keunggulan dari Toyota New Rush yang sekaligus mendukung aura mobil segala medan.
Selain itu desain dashboard pada mobil Rush memudahkan pengemudi untuk memantau dan menggunakan instrumen-instrumen yang ada di sana.

Fitur Keselamatan Toyota New Rush

Toyota New Rush dilengkapi dengan rem tipe disc di bagian depan dan tipe drum di belakang. Sama halnya dengan Terios, mini SUV keluaran Toyota ini memiliki kemampuan pengereman yang halus dan akurat. Keberadaan ABS dan EBD pada tipe tertentu semakin meningkatkan performa pengereman pada Toyota New Rush.

Sementara itu fitur-fitur seperti Front SRS Airbag, side protection dan child protection turut menamah rasa aman dalam berkendara.

Penilaian Kami untuk Toyota New Rush

Sulit menemukan kelemahan pada Toyota New Rush, lebih-lebih dengan berbagai fitur dan desain yang sedemikian menggoda. Dibanding kompetitornya seperti Suzuki SX4, Toyota New Rush unggul dalam hal stabilitas dan keleluasaan pandangan pengemudi. Meski soal akselerasi mobil Toyota ini masih harus mengakui keunggulan crossover keluaran Suzuki itu.

Namun jika dibandingkan dengan saudara kandungnya Daihatsu Terios maka rasa-rasanya overall value Terios masih lebih unggul ketimbang Toyota New Rush. Mesin yang sama, fitur yang serupa serta harga mobil Daihatsu yang murah menjadikan Terios lebih ramah di kantong, belum lagi kapasitas angkut penumpang yang lebih banyak. Meski demikian Toyota New Rush memiliki beberapa sentuhan kemewahan yang tak dimiliki Daihatsu Terios seperti penggunaan lapisan kulit pada joknya.

Spesifikasi dan Harga Toyota New Rush

Spesifikasi Toyota New Rush

Spesifikasi Toyota New Rush Indonesia

Harga Toyota New Rush

TypeHarga
1.5 TRD SPORTIVO A/TRp. 231.950.000,00
1.5 TRD SPORTIVO M/TRp. 220.050.000,00
1.5 G A/TRp. 217.600.000,00
1.5 G M/TRp. 207.600.000,00