// //

Pilih Mazda2 Sedan atau Honda City?

Satu lagi pertanyaan yang tidak mudah dijawab: Mazda2 Sedan vs. Honda City mana yang lebih unggul di antara keduanya? Baik Mazda2 sedan maupun Honda City keduanya adalah entry-level sedan yang tentu saja harganya sangat terjangkau.

Honda City sama halnya dengan Toyota Vios didesain khusus untuk pasar Asia. Vios dan City keduanya bersaing di kelas yang sama selama bertahun-tahun hingga kemudian Mazda memutuskann untuk terjun di kelas yang sama dengan Mazda2 Sedan yang hanya menambah moncong belakang dari versi Mazda2 hacthback sekedar untuk bisa masuk dalam kategori mobil sedan.

Honda City yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1996 pun sebenarnya tak jauh berbeda dengan Mazda2 Sedan, sebab meski tampangnya sedikit berbeda namun Honda City dibangun dengan basis model Honda Jazz. Bagaimana dengan Vios? Sama saja, Vios juga dibangun berbasis Toyota Yaris. Jadi ketiga sedan ini pada dasarnya adalah hatcback yang berbaju sedan.

Kami sebenarnya ingin juga menyertakan Toyota Vios dalam perbandingan ini, namun karena Vios baru saja mendapat major facelift melalui All-new Vios maka rasanya kurang adil bagi kedua kompetitornya, karena itu kami memutuskan menyisihkan Vios dari perbandingan kali ini dan menunggu Mazda dan Honda melakukan peremajaan serupa sebelum membandingkan ketiganya.

Di kategori hatcback jujur saja kami mengakui bahwa kami adalah fans Mazda2 jika harus memilih antara Mazda2, Honda Jazz dan Toyota Yaris. Desain yang sporti dan proporsional menjadikan Mazda2 jauh lebih menarik bagi kami ketimbang kedua rivalnya tersebut.

Di kelas sedan Mazda2 Sedan menggunakan wheelbase yang sama namun lebih panjang sekitar 349 mm dibanding versi hatchback-nya. Dari depan Mazda2 Sedan nampak proporsional, sayangnya di bagian belakang mobil keluaran Mazda ini terkesan terlalu tinggi.

Honda City versi lama juga tak lebih dari Honda Jazz yang mendapat permak di bagian moncong dan mendapat tambahan moncong lagi di bagian buritan. Secara keseluruhan tampang Honda City terkesan tidak lazim.

Beruntung Honda melakukan peremajaan terhadap Honda City terbaru, sehingga meski rata-rata mobil sedan kelas entry-level memang berkesan kurang proporsional namun mobil terbaru keluaran Honda di kelas tersebut jauh lebih baik dibanding sebelumnya.

Dilihat dari samping sebagai fans Mazda kami harus mengakui bahwa Honda City berkesan lebih proporsional dan menarik ketimbang Mazda2 Sedan.

Mazda2 Sedan vs. Honda City

Mazda2 Sedan vs. Honda City

Mazda2 Sedan vs. Honda City

Mazda2 Sedan vs. Honda City

Performa Mazda2 Sedan vs. Honda City

Honda City mengandalkan mesin 1.5 liter (1.497 cc) empat silinder yang digunakan juga oleh varian tertinggi dari Honda Jazz. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimal 120 bhp dan torsi maksimal 145 Nm. Sementara Mazda2 Sedan menggunakan mesin dengan kapasitas setara yaitu 1.5 liter (1.498 cc) dengan tenaga maksimal 103 bhp dan torsi 135 Nm. Jelas di atas kertas Honda City lebih unggul daripada Mazda2 Sedan.

Meski torsi maksimal mesin Honda City baru didapat pada putaran mesin 4.800 rpm namun prakteknya tenaganya cukup berisi di putaran bawah. Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari titik nol mobil keluaran Honda ini hanya memerlukan waktu 10,8 detik dan jarum penunjuk kecepatan akan mentok pada angka 185 km/jam.

Mesin Mazda2 Sedan juga cukup merata di setiap putaran terutama di putaran bawah dan menengah sehingga mobil sedan Mazda ini sangat tepat dikendarai di dalam kota. Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari posisi diam Mazda2 Sedan membutuhkan waktu lebih lama yaitu 12,7 detik, sementara jarum penunjuk kecepatan akan berhenti saat menunjuk angka 170 km/jam. Sehingga jelaslah bahwa akselerasi dan top speed Mazda2 Sedan sedikit di bawah Honda City.



Untuk varian bertransmisi matik Mazda2 Sedan juga kalah dari Honda City Matik. Transmisi otomatis Mazda2 Sedan sebenarnya cukup responsif dan halus, hanya saja karena ini adalah transmisi empat percepatan maka rasionya terasa kurang pas dibanding Honda City yang menggunakan transmisi otomatis lima percepatan.

Beruntung keunggulan Mazda2 Hatcback yang tak bisa ditandingi rival-rivalnya yaitu kegesitannya dalam melahap tikungan tidak hilang di Mazda2 Sedan.Body control dan kelincahan versi sedan ini tak banyak berbeda dari versi hatcback-nya.

Honda City juga cukup mumpuni di tikungan namun tetap tidak selincah Mazda2 sedan. Karenanya soal tikungan mobil sedan Honda ini harus mengakui keunggulan rivalnya.

Di bagian interior meski Honda City berbasis Honda Jazz namun Honda melakukan cukup banyak perombakan sehingga hanya sedikit bagian interior Honda Jazz yang masih tersisa di dalam kabin Honda City.

Sebaliknya dashboard Mazda2 Sedan sama persis dengan dashboard yang akan Anda temui di Mazda2 hatcback. Namun demikian posisi mengemudi yang lebih tinggi pada Mazda2 membuat kami memberikan penilaian lebih kepada Mazda2 Sedan atas Honda City.



Di bagian belakang tiga penumpang bisa duduk dengan lebih nyaman di dalam kabin Honda City ketimbang Mazda2 Sedan, meski demikian penumpang Mazda juga tidak akan merasa tersiksa di dalam kabin mobil sedan itu.

Dari segi material yang digunakan lagi-lagi kami harus mengakui keunggulan Honda City yang sudah menggunakan permukaan lembut di kabinnya, sedangkan Mazda2 masih mengandalkan permukaan kabin yang bertipe keras sehingga berkesan murahan.

Kesimpulan Hasil Perbandingan Mazda2 Sedan vs. Honda City

Honda City menawarkan berbagai kemewahan untuk sebuah entry-level sedan yang jarang diketemukan pada kompetitornya. Namun untuk kemewahan itu tentu Anda harus menebus Honda City dengan harga yang lebih mahal.

Mazda2 Sedan sebagai pendatang baru di kelas ini juga terbukti sebagai lawan yang tangguh, keasyikan berkendara ala Mazda adalah sebuah nilai plus yang selalu melekat pada mobil-mobil keluaran Mazda. Selama Anda tidak terganggu dengan desain moncong belakangnya yang kurang proporsional maka mobil ini sah-sah saja dipilih sebagai salah satu alternatif.

Harga Honda City Termurah adalah Rp 266.000.000 sementara harga Mazda2 Sedan versi termurah adalah Rp 228.000.000. Mana yang lebih layak dipilih tentu kembali pada preferensi Anda masing-masing.