// //

Uji Jalan All-new Toyota Vios 1.5 G A/T

Sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2002 Toyota Vios menjadi salah satu entry level sedan yang paling populer di negara-negara kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia dan bersaing ketat dengan Honda City.

Generasi ketiga dari Toyota Vios atau yang lebih dikenal sebagai All-new Toyota Vios diperkenalkan pada gelaran Bangkok Motor Show dan resmi beredar di Indonesia sejak beberapa bulan yang lalu.

All-new Toyota Vios tipe E yang dijual seharga Rp 242.500.000,- (MT) dan Rp 252.500.000,- adalah dua varian termurah di keluarga All-new Toyota Vios yang sesuai untuk pengemudi yang hanya membutuhkan fitur dasar dari sebuah mobil. Sementara itu All-new Toyota Vios tipe G MT dengan harga Rp 259.900.000,- dan tipe G AT yang harganya Rp 272.500.000,- adalah dua varian di atasnya yang mengusung lebih banyak fitur dan digemari oleh pengemudi yang akrab dengan teknologi canggih.

All-new Toyota Vios Indonesia


Lebih detil mengenai All-new Toyota Vios

Meski masih menggunakan platform yang sama dengan generasi sebelumnya namun ada sedikit perubahan dimensi pada All-new Toyota Vios yang lebih panjang 110 mm dan lebih tinggi 15 mm dari Vios lama.

Di bagian moncong depan jelas sekali bahwa salah satu mobil terbaru keluaran Toyota ini mengambil inspirasi desain dari All-new Toyota RAV4.
Khusus untuk All-new Toyota Vios tipe G sepasang foglamp turut mempercantik eksterior sedan Toyota ini dari depan.
Sementara dari samping desain baru All-new Toyota Vios menyiratkan kesan sport dan aerodinamis yang sangat kental.

Perubahan Interior All-new Toyota Vios

Masuk ke kabin All-new Toyota Vios pertama-tama Anda akan menyadari perubahan desain dashboard mobil sedan Toyota ini yang tidak lagi meletakkan pusat instrument di bagian tengah sebagaimana ditemukan pada Vios generasi kedua dan Toyota Yaris.

Interior All-new Toyota Vios sendiri didominasi oleh material plastic two-tone dengan kombinasi aksen warna krom di beberapa bagian.
Penggunaan material plastik pada kabin All-new Toyota Vios sah-sah saja mengingat mobil ini masuk dalam kategori entry-level sedan yang tentu akan berlebihan jika Anda mengharapkan balutan material kulit di dalam kabinnya.

Harga All-new Toyota Vios 1.5 G A/T

Cuaca sebagian besar kota di Indonesia yang semakin terasa panas belakangan ini dipastikan takkan mengusik pengemudi dan penumpang All-new Toyota Vios berkat hembusan AC yang sangat dingin dan efektif menyejukkan seluruh bagian. Sebaliknya pada kondisi suhu sekitar yang dingin seperti pagi hari di Puncak atau Sukabumi AC All-new Toyota Vios bakal terasa terlampau dingin bagi sebagian besar dari kita yang terbiasa hidup di iklim tropis ini.

Ruang kabin All-new Toyota Vios cukup lega untuk sebuah sedan dan tak akan memberikan rasa pegal pada pengemudi maupun penumpang dalam perjalanan jauh. Bagasinya juga cukup luas terlebih Anda bisa melipat bangku belakang jika tak diperlukan untuk memberi tambahan ruang bagi barang bawaan sekitar 30 liter.

Performa All-new Toyota Vios

All-new Toyota Vios mengandalkan mesin kapasitas 1.5 liter dengan tenaga maksimal 107 bhp dan torsi maksimal 141 Nm persis seperti yang digunakan pada Vios generasi kedua. Toyota tetap mempertahankan transmisi otomatis empat percepatan mengingat transmisi ini memang sangat efektif dan sesuai dipadukan dengan mesin 1.5 liter yang diusung oleh moncong All-new Toyota Vios.

Spesifikasi All-new Toyota Vios 1.5 G A/T

Mesin yang bisa dibilang sudah mulai berumur ini menghasilkan suara yang terlampau berisik untuk sebuah mobil sedan, beruntung pada All-new Toyota Vios tipe G sudah dilengkapi dengan noise-damping acoustic glass yang mampu meredam suara bising akibat terpaan angin pada kecepatan tinggi sehingga kabin All-new Toyota Vios tidak terlalu berisik.

Mesin 1.5 liter ini sendiri saat ini telah memasuki usia 10 tahun, meski demikian performanya masih cukup mumpuni untuk sebuah kendaraan harian, rupa-rupanya Toyota memilih bermain aman dengan tidak melakukan eksperimen terhadap mesin Vios.

Walau demikian kami menyadari adanya perbedaan konsumsi BBM All-new Toyota Vios yang lebih irit dibanding pendahulunya, dalam pengemudian normal didapat angka 15,8 km/liter dan 12,7 km/liter ketika gaya mengemudi sedikit agresif. Kami menduga desain mobil yang lebih aerodinamis lah yang menjadikan All-new Toyota Vios ini lebih irit BBM.

Penilaian kami untuk All-new Toyota Vios

Performa All-new Toyota Vios mungkin tidak terlalu istimewa bahkan tak se-sporti kesan yang didapat dari melihat desain eksteriornya, meski demikian seperti sudah disebut sebelumnya bahwa mobil ini tetap mumpuni sebagai kendaraan harian.

Pengendaliannya juga cukup akurat, stabil dan lincah di berbagai kondisi jalanan. Meski suspensinya di setting keras namun tidak menimbulkan ketidaknyamanan saat menerjang jalan rusak atau polisi tidur.

All-new Toyota Vios menghadirkan desain yang lebih sporti, dinamis dan segar dibanding pendahulunya. Dengan harga yang relative murah dibanding competitor sekelas, biaya operasional yang masuk akal serta nilai jual kembali yang baik menjadikan mobil terbaru keluaran Toyota ini layak dipertimbangkan sebagai mobil sedan keluarga.