// //

Impresi dan Harga Toyota All New Yaris

Harga Toyota All New Yaris saat ini dibuka pada kisaran Rp 219 juta-an, harga tersebut adalah untuk tipe E dengan transmisi manual alias varian terendah dari hatchback kelas B milik Toyota ini. Meski terbilang mahal untuk sebuah mobil hatchback namun faktanya para kompetitor pun mematok harga yang relatif sama di Indonesia.

Toyota tampaknya mengikuti trend belakangan ini dimana rata-rata pabrikan cenderung melahirkan mobil-mobil bergaya sedan, setidaknya dari dimensi saja bisa terlihat bagaimana All New Yaris seolah sudah melewati pakem sebuah mobil hatchback kelas B dan lebih mendekati sebuah hatchback kelas C seperti Mazda3 atau VW Golf .

Menariknya, desain Toyota Yaris yang dibuat di Thailand ini bukan hanya beredar di Indonesia namun juga hampir di semua negara ASEAN termasuk Filipina yang sebelumnya selalu mendapatkan suplai Toyota Yaris versi Amerika Serikat. Mungkin dengan panjang yang mencapai 4115 mm ini Toyota Yaris versi Thailand dianggap mengakomodir keinginan konsumen di seluruh negara ASEAN dan beberapa negara Asia lainnya.

Harga Toyota All New Yaris

Kesamaan antara Toyota All New Yaris dan Toyota All New Vios bisa dirasakan pada bagian kabin, dimana desain dashboard-nya bakal menjadi pemandangan yang tidak asing bagi pengguna All New Vios. Bagian dalam kabin ini didominasi oleh kelir hitam dengan metal look, sementara untuk tipe-tipe tertentu nuansa warna merah pada jok turut memberi aura pada nuansa interior All New Yaris.

Khusus untuk kualitas dashboard Toyota boleh berbangga hati, sebab sementara konsumen banyak mengeluhkan kualitas finishing dashboard Honda All New Jazz yang mengecewakan tidak demikian halnya dengan Toyota All New Yaris.

Perangkat hiburan yang optimal bisa dirasakan pada Toyota Yaris tipe G dan TRD Sportivo dimana touch-screen dan air gesture menjadi bagiannya disamping GPS dan Toyota Move sebagai alat navigasi.

Interior Toyota All New Yaris

Spesifikasi Toyota All New Yaris

Pada bagian eksterior kesamaan kedua mobil bisa dilihat mula-mula pada bagian depan dimana keduanya mengaplikasi desain Trapezoidal yang mengesankan aura dinamis dan sportif meski desainnya bukan selera kebanyakan orang.
Berkat desain serta dimensi yang baru ini All New Yaris mampu menampung muatan lebih besar meski masih sedikit di bawah Honda All New Jazz yang merupakan rival utamanya.

Meski begitu banyak perubahan di sektor desain namun lagi-lagi Toyota masih memercayakan dapur pacu pada mesin 1 NZ-FE yang sudah digunakan oleh generasi Yaris sebelumnya. Tampaknya menjaga agar harga jual tetap kompetitif merupakan alasan utama dibalik keputusan Toyota mempertahankan mesin tersebut. Walau menggunakan embel-embel All-new namun baik mesin maupun gearbox yang digunakan oleh Toyota Yaris terbaru ini sebenarnya sudah digunakan oleh sang kakak Toyota Vios sejak tahun 2003.
Untungnya mesin ini terbukti efisien dan handal, sehingga meski mungkin mengecewakan namun juga tidak bisa disebut sebagai kabar buruk bagi penggemar hatchback Toyota.

Toyota All New Yaris

Walau mempertahankan mesin sebelumnya namun desain baru ternyata mengubah karakter All New Yaris, gejala limbung yang sedikit teratasi serta stabilitasnya sedikit lebih baik ketimbang Toyota Yaris lawas. Dengan kata lain meski ada peningkatan namun kualitas handling-nya juga tak bisa dibilang istimewa. Pengeremannya pun cukup baik, dengan karakter yang mirip dengan Toyota Vios. Selain itu fakta bahwa mesin 1NZ-FE sudah sangat uzur juga tak bisa disembunyikan, meski tangguh namun terasa sangat lamban dalam berakselerasi.

Faktor kenyamanan adalah keunggulan utama dari Toyota All-new Yaris ini, mungkin Toyota melihat bahwa cukup banyak pemilik hatchback yang menggunakan mobilnya sebagai mobil keluarga sehingga faktor kenyamanan dianggap begitu penting.

Harga Toyota All New Yaris

Tak bisa disangkal bahwa Toyota All New Yaris bakal menjadi salah satu hatchback terpopuler yang bukan tidak mungkin bakal menggoyang Honda All New Jazz meski diluar citra merek serta ASS All New Mazda2 dan Ford All New Fiesta jauh lebih menjanjikan.