// //

Peugeot 5008 MPV Nyaman untuk Keluarga Indonesia

Harga Peugeot 5008 di Indonesia memang tidak bisa dianggap murah bagi sebagian besar keluarga Indonesia, pun demikian jumlah uang yang dibayarkan tersebut tampaknya cukup setimpal dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh MPV 7-Seater bermerek Eropa ini. Kategori MPV sendiri saat ini boleh disebut sebagai pasar paling gemuk sekaligus kompetitif di Indonesia maupun negara-negara tetangga, dan Peugeot 5008 adalah satu diantara para pemain kategori tersebut.

Di Indonesia Peugeot 5008 berhadapan dengan kompetitor utama yang juga berasal dari Eropa yaitu VW Touran. Sebagai mobil keluarga MPV besutan Peugeot ini memang memiliki beberapa keunggulan terutama di sektor kenyamanan, keamanan, akomodasi serta efisiensi BBM, namun jika bicara soal performa maupun harga tampaknya VW Touran lebih layak diunggulkan.

Jika dilihat dari tampilan eksteriornya Peugeot 5008 adalah salah satu large MPV yang paling sedap dipandang karena desainnya yang tidak monoton seperti sebagian besar kompetitor di kelas ini. Lebih-lebih pada veri facelift lampu depan (headlamps) MPV 7-Seater ini sudah dipercantik LED daytime running lights.
Sayangnya pada versi facelift ini desain bagian buritan yang oleh sebagian besar orang dianggap sebagai sisi terburuk dari Peugeot 5008 masih tetap dipertahankan.

Harga Peugeot 5008 di Indonesia

Peugeot 5008 di Indonesia

Sebagai mobil keluarga, yang mungkin dirasa mewah oleh sebagian besar calon konsumen di tanah air bagian terbaik dari Peugeot 5008 terletak di sektor interior. Fakta ini bukan saja menguntungkan bagi penumpang namun juga bagi pengemudi sebab pada akhirnya yang menjadi pemandangan utama selama dalam perjalanan bukanlah bagian eksterior melainkan interior. Karena itu kabin yang tidak membosankan menjadi nilai plus lain bagi MPV asal Perancis ini.

Desain bukan satu-satunya keunggulan di bagian interior, sebagai sebuah mobil keluarga faktor kenyamanan adalah hal mutlak bagi sebuah mobil. Jok yang sangat supportif ditambah desain pilar-pilar yang memberikan pandangan bebas menjadi nilai lebih lain pada Peugeot 5008.
Soal akomodasi 5008 juga adalah yang terbaik di kelasnya. Jok baris kedua dan ketiga bisa dilipat rata manakala ruang bagasi yang lebih lega dibutuhkan untuk mengangkut barang.

Interior Peugeot 5008

Spesifikasi Peugeot 5008

Untuk menggerakkan bodi bongsor MPV 7-Seater ini Peugeot memercayakan pada mesin EP6CDT berkapasitas 1.6 liter. Dapur pacu ini sanggup menghasilkan daya maksimum 156 hp dengan torsi 240 Nm yang berpadu dengan transmisi matic enam kecepatan. Mesin ini didaulat untuk menghela bodi Peugeot 5008 yang beratnya sekitar 1,5 ton.

Mesin Diesel 1.6 liter dengan torsi melimpah tersebut terbukti sanggup menghasilkan performa yang cukup baik mengingat bobot bodi yang dibebankan kepadanya tidaklah ringan. Bahkan untuk mendahului kendaraan lain pun tidak membuat pengemudinya merasa canggung atau ragu. Walau demikian akselerasinya tidak sebaik VW Touran yang meski kapasitas mesinnya hanya 1.3 liter namun sudah mengadopsi turbocharger dan supercharger sekaligus, belum lagi transmisi DSG 7 kecepatan milik VW terbukti lebih mampu menghantar daya mesin ke roda ketimbang transmisi matic Peugeot.

ETG atau Efficient Tronic Gearbox pada Peugeot 5008 memang adalah salah satu faktor kelemahan Peugeot 5008 yang berdampak pada performa mobil ini. Pada mode otomatis transmisi ini terasa sangat lambat dalam merespon dan menyalurkan tenaga. Beruntung keberadaan paddle shift bisa sedikit mengurangi rasa frustrasi pengemudi.

Peugeot 5008 di Indonesia

Nilai positifnya soal efisiensi bahan bakar lagi-lagi Peugeot 5008 sedikit lebih unggul ketimbang VW Touran. Konsumsi BBM Peugeot 5008 tercatat sekitar 17,8 km/liter.

Soal keselamatan rasanya rating 5/5 yang diberikan oleh NCAP bakal membuat calon pembeli merasa makin yakin bahwa Peugeot 5008 adalah pilihan terbaik sebagai mobil keluarga di kelasnya.

Memang popularitas Peugeot 5008 masih belum bisa menyamai VW Touran, demikian pula dengan performanya. Namun sebagai paket keseluruhan, MPV Peugeot ini mampu menawarkan hampir seluruh aspek yang dianggap penting bagi sebuah mobil keluarga yaitu kenyamanan, keamanan, akomodasi, efisiensi BBM dan tentu saja desain kabin yang mewah sekaligus sedap dipandang.