// //

All-new Toyota Yaris Kini “Made in France”

Toyota adalah salah satu produsen otomotif yang gemar mengalihkan produksi ke negara-negara di luar Jepang. Faktanya kondisi ini tak menjadikan konsumen berkeberatan, setidaknya dilihat sekilas dari banyaknya mobil keluaran Toyota berkeliaran di jalanan membuktikan hal itu.

Tentu kita tak lupa juga bahwa dua sedan andalan Toyota yaitu Toyota Altis dan All-new Vios juga dua dari beberapa produk mobil Toyota yang diproduksi di Thailand dan terbukti tetap banyak peminat. Meski konsumen tak berkeberatan namun tak sedikit konsumen yang memiliki harapan agar mobil Toyota-nya diproduksi di negara maju.

Keinginan tersebut kini terjawab sudah lewat Toyota Yaris terbaru. Toyota kini memutuskan mengalihkan proses produksi All-new Toyota Yaris di Eropa, tepatnya di Perancis.
Seperti apa mobil terbaru Toyota yang diproduksi di Perancis itu? Mari kita telusuri satu per satu.

Eksterior All-new Toyota Yaris

Pada dasarnya All-new Toyota Yaris adalah versi hatchback dari sedan Toyota Vios sebagaimana halnya hubungan antara Mazda2 dengan Mazda2 Sedan atau Honda Jazz dengan Honda City (simak penjelasannya di sini)

Meski demikian setelah perkembangan kedua mobil tersebut dari generasi ke generasi semakin sulit menemukan persamaan antara Toyota Yaris dan Toyota Vios dari pengamatan sekilas saja.

Detil All-new Toyota Yaris

All-new Toyota Yaris sendiri kini mengalami sedikit perubahan desain eksterior yang menjadikannya lebih panjang sekitar 110 mm dibanding pendahulunya. Gril depan kini mengadopsi rancangan terbaru Toyota yang dipakai juga di Toyota RAV4, Toyota Etios Valco dan beberapa mobil baru Toyota lainnya.

Toyota melengkapi Yaris terbaru dengan velg 15 inch, memang ukuran tersebut bukan pertama kali diterapkan pada mobil hatchback namun perpaduan velg, ban dan desain eksterior All-new Toyota Yaris menjadikan semuanya tampak sempurna dan saling melengkapi satu sama lain.

Di bagian interior All-new Toyota Yaris sudah meninggalkan posisi panel di tengah sebagaimana diketemukan pada generasi sebelumnya. Sama halnya dengan All-new Vios, panel instrumen Yaris terbaru sudah kembali ke tempat semula yaitu di balik lingkar kemudi.

Toyota Yaris Terbaru


Toyota Yaris 2013

Toyota Yaris Indonesia

Toyota Yaris 2014 Indonesia

Toyota Yaris Indonesia

Meski demikian Toyota tetap mempertahankan desain minimalis, sederhana dan mudah dipahami yang menjadi ciri khas instrumen panel mobil-mobil keluaran Toyota.

Memang dari luar All-new Toyota Yaris tetap terlihat mungil, namun ketika masuk ke dalam kabinnya ternyata mobil ini tak sesempit yang terlihat dari luarnya. Baik jok depan maupun belakang mampu mengakomodir penumpang dewasa dengan sangat baik.

Sementara fitur-fitur andalan All-new Toyota Yaris antara lain berupa keyless entry, dual zone air-conditioning dan kamera mundur masih tetap dipertahankan, Toyota menambah glovebox berpendingin pada All-new Toyota Yaris.

Kesederhanaan All-new Toyota Yaris

Toyota selalu mengedepankan konsep mudah dan sederhana pada setiap mobil buatannya, tak terkecuali pada All-new Toyota Yaris. Pengemudi tak perlu membuang waktu untuk mencari tahu dimana posisi tuas rem tangan atau mengenali karakter mesin Yaris untuk memilih saat yang tepat untuk melakukan perpindahan gigi. Singkatnya, semua pada All-new Toyota Yaris mudah dipahami dan dipelajari dalam waktu singkat.

Bicar soal mesin sendiri meski masih mengandalkan mesin kecil berkapasitas 1.3 liter dengan tenaga maksimum 98 bhp dan torsi 125 Nm namun mesin ini cukup mumpuni untuk berbagai rute keseharian.
Meski tak sehandal mobil drag race namun akselerasi All-new Toyota Yaris terbilang mantap untuk kendaraan harian, sangat ideal untuk kondisi jalanan padat di dalam kota.

Transmisi CVT-nya sendiri memiliki karakter yang lembut dalam mengakomodir perpindahan gigi, sangat berbeda dibanding CVT pada mobil-mobil lain. Dan jika Anda mengedepankan kenyamanan di atas segalanya maka sangat disarankan untuk membiarkannya pada mode “Normal” mengingat pada mode “Sport” akan terasa hentakan-hentakan yang mengurangi kenyamanan.

Kapan All-new Toyota Yaris akan masuk di Indonesia dan dijual dengan kisaran harga berapa masih belum jelas. Mobil ini sendiri baru memulai debutnya di Perancis pada tanggal 4 Oktober lalu dan Toyota cukup percaya diri dengan mematok harga All-new Toyota Yaris lebih mahal dari VW Polo Sport dan Peugeot 208. Dan dengan harga yang tak murah itu Yaris membuktikan diri layak dinilai semahal itu.

Update 25 Okt 2013
Sungguh disayangkan bahwa hari ini kami menerima kabar bahwa Toyota Yaris buatan Prancis ini tidak akan masuk ke Indonesia. All New Yaris yang bakal masuk ke Indonesia adalah produksi Thailand yang desainnya mirip kumis lele. Info selengkapnya bisa disimak di sini