// //

Berkenalan dengan Toyota Yaris YR

Di tengah serbuan kompetitor sekelas maupun mobil murah sebagai alternatif ternyata popularitas mobil hatchback Toyota Yaris tak lantas surut. Sebaliknya popularitasnya bukan sekedar bertahan namun terus melejit.

Melihat antusiasme konsumen terhadap Toyota Yaris maka pihak Toyota pun meresponnya dengan merilis varian-varian terbaru salah satunya adalah Toyota Yaris YR yang bukan hanya tersedia dalam versi hatchback namun bahkan tersedia pula dalam versi sedan.

Berbeda dengan varian Yaris lainnya, Toyota Yaris YR tersedia dalam pilihan tiga pintu dan lima pintu. Fitur yang diusungnya terbilang standar, tidak berlebihan layaknya mobil terbaru masa kini namun tidak juga minim fitur layaknya mobil murah.


Uji Singkat Toyota Yaris YR

Toyota Yaris YR mengusung kelengkapan seperti cruise control, velg 14 inch, power windows, CD Tuner, Bluetooth dan voice control
Sementara versi mahalnya yaitu Toyota Yaris YRS dan YRX menggunakan velg 15 inch (alloy pada YRX) serta dilengkapi dengan layar sentuh pada bagian dashboard.
Khusus tipe YRX masih ditambah pula dengan automatic headlights dan traffic avoidance system.

Dengan panjang hampir 4 meter, Toyota Yaris menyediakan ruang yang cukup lega untuk ukuran sebuah mobil hatchback

Dalam hal pengendalian meski cukup lincah dan stabil namun tidak memberikan pengalaman fun to drive jika dibanding rivalnya seperti Mazda 2 dan Ford Fiesta ST. Namun jika dibanding mobil-mobil sekelas buatan Korea seperti Hyundai i20 dan All-new Kia Rio jelas Yaris masih jauh lebih unggul dalam hal pengendalian.


Toyota Yaris YR tak mengusung mesin dengan kapasitas sama dengan kedua saudaranya yaitu YRS dan YRX. Versi termurah Yaris ini mengandalkan mesin 1.3 liter yang menyemburkan tenaga maksimal 63 kW dan torsi 121 Nm. Sementara mesin 1.5 liter pada YRS dan YRX menghasilkan tenaga maksimal lebih besar 17 kW dari YR dan torsi 20 Nm lebih besar pula.

Meski rata-rata kompetitor sekelasnya mengusung mesin berkapasitas 1.4 liter namun Toyota Yaris YR tak lantas kedodoran jika dibanding kompetitornya. Berpadu dengan transmisi otomatis empat percepatan mobil terbaru keluaran Toyota ini lincah mengurai kemacetan lalu lintas dalam kota pada jam-jam sibuk meski sedikit melempem ketika berakselerasi di tanjakan.

Minimnya torsi pada mesin Toyota Yaris YR mampu ditutup dengan baik oleh transmisi otomatis yang sangat responsive sehingga performa mesin Yaris YR senantiasa terjaga.

Dalam pengujian tercatat konsumsi bensin Toyota Yaris YR matik 5,7 liter/100 km yang artinya setara dengan Kia Rio dan lebih irit dibanding Mazda 2 dengan 6,8 liter/100 km, Hyundai i20 dengan 5,9 liter/100km dan Ford Fiesta dengan 5,8 liter/km.

Siapa Hatchback Terbaik?

Meski Toyota Yaris YR bukan pilihan buruk namun hingga saat ini kami masih tetap merekomendasikan Ford Fiesta dan Mazda 2 bagi siapapun yang hendak membeli mobil di kelas ini karena keunggulan keduanya dalam hal fun to drive.

Meski demikian beberapa hatchback lain layak dipertimbangkan karena keunggulan masing-masing seperti Honda Jazz yang unggul dalam hal kepraktisan dan resale value, Suzuki Swift yang unggul dari segi model atau Toyota Yaris sendiri yang unggul dalam hal biaya operasional.

Seperti biasa, pada akhirnya pilihan ada di tangan Anda!