// //

Jajal Suzuki Swift Sport

Sejak sebulan yang lalu Suzuki Swift Sport dikabarkan bakal segera beredar di Indonesia, penegasan tersebut menurut beberapa media datang dari pihak Suzuki Indomobil sendiri. Jika memang masuk ke Indonesia konon harga Suzuki Swift Sport bakal berada di kisaran Rp 300 juta-an. Padahal versi termahal dari All-new Suzuki Swift yang beredar di Indonesia saat ini yaitu GX AT saja hanya dijual seharga Rp 182 juta-an. Apa saja yang diusung oleh mobil terbaru Suzuki tersebut hingga dihargai semahal itu?

Suzuki Swift Sport Indonesia

Harga Suzuki Swift Sport


Suzuki Swift selama ini dikenal sebagai salah satu mobil hatchback yang nyaman dikendalikan serta mudah dalam perawatan, tak heran jika mobil mungil ini sangat populer di banyak negara. Sasis Swift bahkan saat ini juga digunakan di Suzuki Ertiga.

Suzuki Swift Sport sendiri mengusung berbagai kelengkapan standar berupa velg tipe alloy 17 inch, Bluetooth+MP3, cruise control, foglight dan tinted glass

Selain sentuhan nuansa sports seperti pedal gas, rem dan kopling nyaris tak ada keistimewaan Suzuki Swift Sport dibanding versi standar-nya. Material plastik masih mendominasi dashboard salah satu mobil terbaru 2013 yang akan hadir di Indonesia ini. Kualitas audio bawaan-nya pun juga biasa-biasa saja.

Spesifikasi Suzuki Swift Sport

Suzuki Swift Sport

Layakkah Suzuki Swift Sport dihargai RP 300 juta?

Tentu saja, seperti yang dikatakan oleh Marketing Director PT SIS sebagaimana dikutip oleh Kompas bahwa harga tersebut cukup layak jika dilihat dari emotional benefit-nya.

Kenyamanan dan kabin yang lega adalah kelebihan dari Suzuki Swift Sport meski dari luar dimensinya tergolong mungil. Total kapasitas muat mobil ini adalah 211 liter dalam kondisi semua bangku tidak dilipat. Ketika bangku belakang dilipat maka kapasitas totalnya naik menjadi 512 liter sehingga pemiliknya bisa mengangkut cukup banyak barang bawaan.

Struktur suspensi yang lebih baik serta mesin kapasitas 1.6 liter yang lebih bertenaga jika dibanding versi standar adalah keunggulan lain dari Suzuki Swift Sport.
Mesin M16A berkapasitas 1.586 cc yang dikombinasikan dengan transmisi manual enam kecepatan ini mampu memuntahkan tenaga maksimal 102 kW pada putaran 7000 rpm dan torsi 160 Nm pada 4400 rpm. Raungan deru mesin M16A ini saja sudah menunjukkan karakteristik yang sama sekali berbeda jika dibanding mesin seri K yang dipasang pada Suzuki Swift biasa. Bahkan boleh dibilang bahwa mesin ini merupakan keunggulan sekaligus nilai lebih Suzuki Swift Sport dibanding versi standarnya.

Manuver Suzuki Swift Sport sangat lincah dan mengagumkan, di kondisi jalanan berliku tak banyak pesaing yang mampu membendung laju Suzuki Swift Sport, bahkan mobil ini mampu menari-nari di tikungan dengan lincahnya bak sebuah mobil go-kart. Pada kecepatan tinggi di jalan tol mobil ini juga sangat kencang dan stabil walau tubuhnya mungil.

Kelemahan utama dari Suzuki Swift Sport adalah suspensinya yang kelewat keras sehingga sangat tidak nyaman ketika melintas polisi tidur atau aspal rusak dengan kecepatan sedang hingga tinggi.

Penilaian kami untuk Suzuki Swift Sport

Tak banyak kelemahan berarti yang bisa diketemukan pada Suzuki Swift Sport. Harganya memang menciutkan nyali calon pembeli, namun performanya mengaggumkan, perawatannya mudah, desainnya tak perlu dipertanyakan. Mungkin jika pihak PT SIS melepasnya di kisaran harga Rp 250-260 juta, dengan berbagai kelebihannya bukan tidak mungkin mobil ini mengancam penjualan small sedan seperti Toyota Vios atau Honda City.