// //

New Hyundai Santa Fe Diesel

Lewat New Hyundai Santa Fe 2013 pabrikan otomotif asal Korea Selatan itu terang-terangan menunjukkan ambisi menantang dominasi Toyota Fortuner di segmen premium SUV. Sirna sudah kesan “banci” pada Hyundai Santa Fe lama dan grill kecil yang menjadi ciri khas SUV asal negeri gingseng itu.

Hyundai Santa Fe 2013 kini hadir dengan kesan garang dan berotot layaknya para kompetitor lain di kelas ini. Grill berukuran besar dengan warna krom yang menjadi ciri khas mobil terbaru buatan Hyundai setidaknya menjadi sebuah awal baik dalam memberi kesan macho pada Hyundai Santa Fe 2013.

Hyundai Santa Fe 2013: Semua Serba Baru

Hyundai Santa Fe 2013 dibangun dengan platform yang sama sekali berbeda dari Hyundai Santa Fe generasi lama, meski demikian mobil terbaru di kelas SUV premium ini memiliki panjang wheelbase yang sama dengan pendahulunya yaitu 2700 mm. Namun jika dikukur dari dimensi secara keseluruhan maka Hyundai Santa Fe 2013 lebih panjang 40 mm dan lebih lebar 5 mm dari pendahulunya.

Masuk ke dalam kabin Hyundai Santa Fe 2013 Anda akan lupa bahwa sedang berada di dalam kabin mobil Korea yang selama ini dianggap berkasta rendah. Namun jika Anda sudah pernah mengemudikan mobil Hyundai terbaru lainnya maka Anda akan merasa sangat familiar dengan kabin, instrumen dan dashboard pada Hyundai Santa Fe 2013.

Hyundai Santa Fe terbaru


Hyundai Santa Fe 2013

Jok pengemudi cukup luas dan bahkan mampu mengakomodir pengemudi bertubuh tinggi besar sekalipun, sayang joknya sendiri kurang suportif. Sementara deretan jok di bagian tengah memberikan cukup kenyamanan dan ruang untuk perjalanan jauh.

Dapur Pacu Hyundai Santa Fe 2013

Berbeda dengan sasis dan body-nya yang sama sekali sudah meninggalkan pendahulunya, dapur pacu Hyundai Santa Fe 2013 masih menggunakan mesin yang sama berkapasitas 2.2 liter. Hyundai hanya melakukan sedikit revisi dalam upaya memperbaiki efisiensi penggunaan bahan bakar mesin tersebut.

Daya maksimal 194 bhp dan torsi maksimal 44,45 kgm masih sama persis seperti Hyundai Santa Fe lama. Sementara untuk transmisinya tersedia dalam dua pilihan yaitu otomatis enam percepatan dan manual enam percepatan. Dibekali sistem penggerak empat roda tak menjadikan Hyundai Santa Fe 2013 sebagai mobil tangguh di medan berat, namun sistem tersebut cukup untuk memberi kesempatan pada mobil ini mengatasi selip di medan yang tak terlalu ekstrem. Secara otomatis sistem ini akan mengaktifkan kedua roda belakang manakala sensornya mendeteksi bahwa roda depan mengalami selip. Meski demikian pengemudi bisa mengaktifkannya secara manual jika memang dikehendaki. Perlu diperhatikan bahwa mengaktifkan secara manual akan menyebabkan Hyundai Santa Fe 2013 hanya mampu berjalan pada kecepatan maksimal 40 km/jam.

Dapur pacu Hyundai Santa Fe 2013 sendiri cukup mengesankan dengan catatan akselerasi 10 detik dari 0 ke 100 km/jam. Tenaganya terasa mengisi selama putaran mesin dipertahankan di atas 1.500 rpm. Mesin Diesel 2.2 liter Hyundai Santa Fe 2013 juga minim getaran dan menghasilkan suara yang halus, bahkan lebih halus dibanding mobil buatan Eropa bermesin Diesel sekelasnya.

Sementara itu soal pengendalian bukan rahasia jika selama ini mobil-mobil buatan Hyundai tidak pernah unggul dalam hal handling, sayangnya “kutukan” ini masih tetap diwarisi oleh Hyundai Santa Fe 2013. Meski pengendaliannya sudah jauh lebih baik dibanding generasi sebelumnya dan juga bisa dibilang bahwa Hyundai Santa Fe 2013 memiliki pengendalian yang lebih baik dibanding mobil Hyundai lain namun tetap masih kalah jauh jika dibandingkan dengan rival sekelasnya seperti Toyota Fortuner atau Chevrolet Trailblazer.

Hyundai Santa Fe 2013 cukup stabil di jalan bebas hambatan, lingkar kemudinya pun terasa ringan. Namun begitu memasuki tikungan terasa sekali munculnya gejala-gejala limbung.