// //

Test Jalan Hyundai Santa Fe CRDi AT

Desain baru Hyundai Santa Fe 2013 menyiratkan image sebagai sebuah mobil crossover mewah. Hyundai nampak serius dalam menggarap mobil-mobil terbarunya dan Santa Fe adalah salah satu wujud nyata revolusi total yang dihadirkan oleh pabrikan Korea tersebut.

Hyundai Santa Fe: Termahal di Kelasnya

Di kelas SUV 7 seater Hyundai Santa Fe dibanderol paling mahal di antara para kompetitornya. Jelas sekali bahwa pihak Hyundai tak berharap salah satu mobil terbarunya ini dipersepsi sebagai mobil murah hanya karena bukan buatan Eropa atau Jepang. Dan memang faktanya di benua Eropa mobil buatan Korea ini dianggap sekelas dengan rival-rivalnya yang rata-rata adalah mobil-mobil buatan Jerman.

Dari segi penampilan All-new Hyundai Santa Fe memang nampak lebih dinamis, elegan dan gagah dibanding generasi sebelumnya. Secara keseluruhan mobil ini pun lebih panjang daripada pendahulunya.



Desain gril dan lampu depan adalah dua bagian utama yang memberikan karakter tangguh pada Hyundai Santa Fe. Ukuran velg 17 inch memang nampak terlalu kecil, beruntung ban yang tebal tetap membuat kesan keseluruhannya terkesan kokoh.

Di bagian interior kualitas material metal berpadu dengan kulit menjadikan memperkuat citra mobil mewah sekaligus modern pada Hyundai Santa Fe. Cukup pantas jika salah satu mobil terbaru keluaran Hyundai ini menjadi yang termahal di kelasnya

Performa Hyundai Santa Fe

Dapur pacu all-new Hyundai Santa Fe nyaris tak ada perbedaan dari generasi sebelumnya. Wajar saja mengingat performa mesin Diesel 2.2 liter ini masih menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya. Sayangnya dalam kondisi mesin idle kami menilai bahwa getarannya terlalu terasa.

Transmisi otomatisnya sudah dilengkapi dengan mode Active Eco, namun kecuali Anda benar-benar pecinta lingkungan sejati rasanya Anda tidak akan menggunakannya karena performa Hyundai Santa Fe menurun dengan drastis.





Konsumsi BBM Hyundai Santa Fe terbilang irit untuk ukuran mobil sekelas ini, kami mencatat angka 8-12 km/liter ketika dikemudikan di dalam kota dan 14-18 km/liter untuk luar kota. Hanya pada kondisi kemacetan luar biasa saja SUV mewah ini mengkonsumsi 8 km/liter. Angka tersebut sangat fantastis mengingat konsumsi BBM rata-rata kompetitor sekelasnya antara 5-7 km/liter.

Soal pengendalian jelas sekali bahwa pihak Hyundai melakukan banyak penyempurnaan. Berbeda sekali dengan Hyundai Santa Fe generasi sebelumnya yang sangat payah ketika bicara stabilitas, al-new Hyundai Santa Fe bisa dibilang nyaris sempurna dalam hal stabilitas dan kenyamanan. Bahkan kami menilai mobil ini lebih baik dalam hal pengendalian dibanding Kia Sorento meski keduanya menggunakan sasis yang sama.

Penilaian kami untuk Hyundai Santa Fe

All-new Hyundai Santa Fe bukan sekedar penyempurnaan namun lebih tepat disebut sebagai revolusi dari generasi sebelumnya. Santa Fe juga tidak sekedar lebih baik dibanding pendahulunya namun bahkan layak dijadikan benchmark mobil lain di kelasnya.