// //

Kia Sorento: SUV Mewah Bukan Cuma Fortuner

Banyak hal tentang Korea yang belakangan ini cukup menarik perhatian saya, tentu saya tidak bicara soal Gangnam Style, drama Korea, K-Pop atau trend fashion dan rambut ala Korea yang bagi saya tampak konyol. Bukan juga ulah si kecil Kim Jong Un yang sedang mencari sensasi perhatian dunia. Yang saya maksudkan menarik perhatian saya adalah desain terbaru mobil-mobil Korea terutama Kia dan Hyundai. Kia Sorento adalah satu diantaranya.

Sama halnya dengan mobil lain buatan Kia dan Hyundai, Kia Sorento sebenarnya tidak bisa dikatakan sepenuhnya mobil baru, namun perubahan desainnya yang revolusioner menempatkan mobil SUV buatan Korea ini sejajar dengan mobil buatan Jepang dan bahkan Eropa.


Harga dan Spesifikasi Kia Sorento


Apa yang baru dari Kia Sorento?

Kedua bumper, grill depan serta lampu depan-belakang adalah pusat perbedaan utama dari desain baru Kia Sorento.

Desain Kia Sorento memang tidak menjadikannya garang seperti Toyota Land Cruiser atau Mitsubishi Pajero Sport, sebab desainer Kia nampaknya berusaha mengakomodir dua kepentingan yaitu pengemudi pria yang ingin mobilnya terkesan lebih macho namun juga sekaligus pengemudi wanita yang tidak ingin mengendarai mobil yang terlalu macho.

Perubahan desain tentu bukan satu-satunya yang baru dari Kia Sorento, mesin Diesel 2.2 liter TCI-nya memang bukan tipe mesin baru dan sudah digunakan juga pada Kia Sorento generasi sebelumnya. Meski demikian dengan daya maksimum 147 kW dan torsi 436 Nm mesin ini terbukti mampu mempermalukan SUV lain yang mengusung mesin 3.0 liter di jalan bebas hambatan.

Di dalam kota transmisi otomatis enam percepatannya juga terbukti mumpuni meladeni kemacetan kota tanpa membuat pengemudi sibuk memainkan tuas transmisi dan menginjak pedal gas.

Meski harga mobil ini terbilang murah namun kabin Kia Sorento tak bakal memalukan pemiliknya, kualitas material dan desain kabin Sorento bisa disejajarkan dengan mobil-mobil SUV buatan Eropa seperti VW Touareg. Tak heran jika mobil ini terpilih sebagai Best Midsize SUV 2013 mengalahkan Volkswagen Touareg yang menjadi pemenang di kategori ini pada tahun-tahun sebelumnya.

Dibanding mobil Jepang seperti Toyota Fortuner, Kia Sorento juga tidak kalah bergengsi. Jika Anda telah terbiasa dengan Toyota Fortuner, Anda tidak akan merasa turun pangkat ketika masuk ke kabin Kia Sorento dan mengendarainya.


Kia Sorento Indonesia

Kia Sorento Indonesia

Bahkan saya sendiri menilai bahwa raungan mesin Diesel Sorento terdengar lebih halus ketimbang Fortuner, tenaganya juga terasa berisi disetiap putaran. Dengan bobot 1.733 kg mobil ini cukup lincah melewati tikungan dan mudah sekali menaklukan tanjakan.


Harga Kia Sorento Indonesia

Spesifikasi Kia Sorento Indonesia

Di jalanan rusak Kia Sorento terasa handal, minim guncangan dan memilki daya cengeram yang meyakinkan. Sementara di medan berat Kia Sorento versi 4WD juga sangat mumpuni dengan distribusi torsi sepenuhnya diletakkan pada roda bagian depan pada kondisi normal dan 50/50 ketika mulai muncul gejala selip.

Siapa yang layak membeli Kia Sorento?

Seperti saya sebut di tulisan sebelumnya bahwa saya adalah tipe family man. Mobil yang reliable, ekonomis, aman dan nyaman adalah mobil ideal bagi saya dan Kia Sorento memenuhi unsur-unsur tersebut.

Harga Kia Sorento juga jauh lebih murah dibanding Fortuner misalnya, padahal performa dan kualitasnya bisa dibilang setara. Bahkan kalau mau jujur kabin Sorento lebih terasa nyaman ketimbang Fortuner, transmisi otomatisnya lebih mumpuni dan mesin Sorento juga lebih bertenaga.

Kecuali Anda sudah cinta mati dengan merek Toyota, maka Anda pasti akan menyadari bahwa Kia Sorento adalah pilihan yang jauh lebih baik daripada Fortuner.