// //

First Impression Review untuk Mazda CX-3

Mazda CX-3 yang menjadi andalan Mazda untuk bersaing di kategori crossover yang sedang booming akhirnya resmi diperkenalkan ke hadapan publik. Setelah lama hanya mengikuti rumor seputar Mazda CX-3 dan foto-fotonya di internet kini publik bisa melihat langsung seperti apa crossover yang berbasis All-new Mazda 2 itu. Renault Captur, Lexus NX, Ford Ecosport, Honda HR-V, Peugeot 2008 dan lainnya kini bakal mendapat tandingan baru dalam wujud Mazda CX-3.

Harga Mazda CX-3 memang hingga saat ini masih belum dirilis secara resmi, namun pihak Mazda sendiri mengindikasikan harga Mazda CX-3 dipastikan kompetitif yang membawa keyakinan sejauh ini tak jauh berbeda dari Ford Ecosport atau Mitsubishi Outlander Sport.

Harga Mazda CX-3 Indonesia

Sejauh ini Mazda juga memastikan bahwa Mazda CX-3 akan hadir dalam opsi mesin bensin dan Diesel dengan sistem penggerak 4WD dan FWD. Versi pre-produksi nya sendiri sudah dirilis dan ditampilkan di hadapan beberapa media beberapa waktu lalu atau hanya berselang beberapa minggu setelah mobil tersebut tampil pertama kali di hadapan publik pada gelaran L.A. Autoshow.

Meski dari luar Mazda CX-3 tampak memiliki dimensi yang lebih besar dibanding All-new Mazda2 namun faktanya tidak terlalu berbeda. Bahkan kesamaan antara keduanya langsung bisa terlihat pada bagian interior. Interior Mazda CX-3 benar-benar identik dengan All-new Mazda2 yang terlebih dahulu diperkenalkan. Fakta ini tentu bukanlah nilai minus mengingat interior All-new Mazda2 lebih dari layak untuk mendapat apresiasi.

Dimensi Mazda CX-3 sendiri meski lebih panjang dan lebar dibanding All-new Mazda2 namun tetap lebih kecil jika dibandingkan All-new Mazda3. Meski demikian berkat posisi dudukan yang tinggi ala SUV maka headroom Mazda CX-3 pun lebih lega jika dibanding headroom All-new Mazda3.
Sama seperti All-new Mazda2, secara keseluruhan kualitas interior Mazda CX-3 sangat baik dan berkesan modern.

Mazda juga tampak tidak ingin berkesan begitu saja memindahkan interior ke dalam Mazda CX-3, karena itu pada beberapa detil tampak perbedaan antara kedua mobil terbaru Mazda itu antara lain kontur pada panel pintu serta jahitan di masing-masing jok.

Spesifikasi dan Harga Mazda CX-3

Interior Mazda CX-3

Pada Mazda CX-3 Diesel pihak pabrikan menempatkan mesin dengan kapasitas 1.5 liter yang meski akselerasi awalnya terasa sedikit lamban namun terasa ringan serta bertenaga begitu mulai laju. Seperti biasa Mazda selalu mengedepankan kualitas handling dibanding kenyamanan. Suspensinya disetting keras dengan tujuan mampu bermanuver dengan baik sekalipun pada sisi lain kenyamanan sedikit terabaikan. Karakter handling-nya sendiri lebih menyerupai hatchback ketimbang SUV.

Sementara untuk versi bensin, Mazda menempatkan mesin 2.0 liter di balik bonnet Mazda CX-3. Mesin ini adalah mesin yang sama digunakan oleh sang kakak Mazda CX-5 2.0. Oleh karena harga yang lebih murah dibandingkan versi Diesel berikut tingkat efisiensi BBM yang setara antar keduanya maka sejauh ini tampaknya Mazda CX-3 2.0 bermesin bensin bakal memiliki prospek lebih baik di pasaran ketimbang Mazda CX-3 Diesel 1.5.

Transmisi yang disediakan adalah manual enam kecepatan dan matik enam kecepatan yang untungnya adalah transmisi matic konvensional, bukannya transmisi CVT yang dikenal payah.

Sama halnya dengan mobil terbaru keluaran Mazda lainnya, suara ban masih terdengar di dalam kabin Mazda CX-3 lebih-lebih pada versi Diesel yang menggunakan velg 18 inch.. Meski demikian masih dalam kategori yang wajar dan tidak sampai terasa mengganggu.

Kelemahan Mazda CX-3 dibanding kompetitornya sejauh ini adalah kapasitas bagasi dan kelegaan kabin belakang yang di bawah para kompetitor. Namun Mazda seperti tak peduli dengan fakta tersebut, sebab mereka sadar bahwa kelompok konsumen yang menjadi target market-nya pun juga tak memedulikan hal-hal tersebut.

Mazda CX-3 Indonesia

Di sisi lain lewat Mazda CX-3 ini pihak pabrikan mampu menghadirkan desain yang stylish dan berimbang, menempatkannya sebagai crossover dengan penampilan terbaik sejauh ini.
Kunci kesuksesan Mazda CX-3 bagaimanapun tak terlepas dari strategi penetapan harga yang bakal ditempuh oleh pihak pabrikan nantinya. Sejauh ini kompetitor terkuat yang bakal dihadapinya adalah Honda HR-V.