// //

Menyibak di Balik Harga Ford EcoSport Titanium di Indonesia

Harga Ford EcoSport di Indonesia untuk tipe Titanium bakal dilepas dikisaran Rp 232,4 juta dengan transmisi manual dan Rp 242,4 juta untuk transmisi matic. Harga tersebut berselisih sekitar Rp 37 juta jika dibandingkan dengan base model-nya yaitu tipe Ambiente. Tentu calon konsumen bakal bertanya-tanya apa saja kelebihan Ford EcoSport Titanium dibandingkan EcoSport Ambiente hingga harganya berselisih lumayan banyak tersebut?

Harga Ford EcoSport Titanium memang lebih mahal jika dibandingkan dengan tipe termurahnya yaitu Ambiente MT. Meski demikian jika mau membandingkan dengan mobil lain di kelasnya seperti Suzuki SX4 S-Cross, Nissan Juke atau Renault Duster mobil crossover lansiran Ford ini sebenarnya tetap merupakan good bargain mengingat berbagai kecanggihan fitur yang ditawarkan tak dimiliki oleh para kompetitor. Lebih-lebih jika membandingkannya dengan Toyota Rush maupun Daihatsu Terios maka sudah barang tentu harga Ford EcoSport Titanium sebanding dengan fitur serta performa yang ditawarkan.

Harga Ford EcoSport Titanium di Indonesia

Intip Kabin Ford EcoSport Titanium

Masuk ke dalam kabin Ford EcoSport Titanium bisa dilihat bagaimana hasil kerja keras yang dilakukan oleh para desainer Ford untuk menjadikan desain kabin mobil ini atraktif dibanding para kompetitornya. Meski sama seperti para rival kabin EcoSport Titanium mengandalkan material plastik keras namun perpaduan apik dengan nuansa metal-look serta proses finishing yang sempurna menjadikan mobil ini jauh dari kesan murah.

Tata letak atau layout instrumen yang ada pada dashboard Ford EcoSport juga tidak sembarangan ditempel sehingga selain tampak menarik juga terasa praktis bagi pengemudi.
Sayangnya jok pengemudi maupun penumpang terasa kurang suportif sehingga sedikit mengurangi kenyamanan saat berkendara dalam perjalanan jauh.

Salah satu kelebihan Ford EcoSport Titanium dibanding tipe lain untuk bagian kabin adalah lapisan kulit pada lingkar kemudi plus tombol kontrol audio di sebelah kiri lingkar kemudi. Lingkar kemudinya sendiri bisa diatur alias adjustable meski saat mencoba saya tidak menemukan posisi yang benar-benar terasa pas.

Harga Ford EcoSport Titanium di Indonesia

Harga Ford EcoSport Titanium di Indonesia

Harga Ford EcoSport Titanium di Indonesia

Beberapa fitur lain yang menjadi standar tipe Titanium ini di antaranya adalah front-and-rear fog lights, power windows dan exterior mirrors, cruise control, roof rails, Bluetooth serta SYNC voice-control system.
Selain itu terdapat pula six-speaker CD/MP3 audio system, layar multifungsi berukuran 3.5-inch serta USB/iPod connectivity.

Uji Jalan Ford EcoSport Titanium

Ford masih mempertahankan transmisi manual lima kecepatan pada era dimana mobil-mobil terkini sudah menggunakan transmisi enam kecepatan. Keputusan Ford ini memang mengundang banyak kritik mengingat Ford EcoSport kini sudah bermain di pasar global, bukan hanya di emerging market seperti tahun-tahun sebelumnya. Artinya merek lain yang menjadi kompetitor EcoSport juga semakin beragam.

Meski demikian performa mesin 1.0 liter EcoBoost tiga silinder-nya sendiri patut diacungi jempol. Suara mendesis yang dihasilkan dari mesin turbo ini terkadang bisa membuat pengemudi lupa bahwa dirinya sedang mengemudikan mobil berkapasitas mesin mungil.
Dapur pacu Ford EcoSport Titanium adalah dapur pacu yang sama persis dengan EcoSport tipe lain yang menghasilkan tenaga maksimal 125 ps dan torsi maksimal 170 Nm yan didapat pada putaran 1400-4500 rpm. Hasilnya performa akselerasi crossover terbaru dari Ford ini terasa meyakinkan baik saat mobil mulai melaju dari diam maupun saat keluar dari tikungan. Karakter mesinnya sangat ideal untuk jalanan padat yang menjadi keseharian di Indonesia.

Lingkar kemudinya juga terasa pas dalam arti tidak terlalu ringan ataupun terlampau berat. Handlingnya terasa nyaman dan mudah diprediksi.

Untuk ukuran sebuah mobil murah ada satu lagi keunggulan dari Ford EcoSport yang layak digarisbawahi yaitu minimnya tingkat kebisingan baik yang berasal dari gesekan ban dengan aspal maupun terpaan angin saat dipacu dalam kecepatan tinggi.

Sementara untuk pengereman meski masih mengandalkan rem tipe drum di bagian belakang yang sudah sangat ketinggalan jaman untuk mobil modern namun performanya masih cukup handal mengimbangi dapur pacu Ford EcoSport.

Harga Ford EcoSport Titanium di Indonesia

Kesimpulannya Ford EcoSport Titanium sejauh ini mampu menunjukkan diri sebagai mobil terbaik di kelasnya baik dari segi kelengkapan, fitur maupun kualitas riding and handling. Memang bicara soal kualitas riding and handling Suzuki SX4 S-Cross sedikit lebih baik ketimbang EcoSport namun menilik harga kedua mobil tersebut yang berselisih cukup jauh maka lagi-lagi Ford EcoSport Titanium tetap merupakan good bargain. Bagaimana dengan kompetitor lain? Lewat dah...