Daihatsu Ayla menjadi andalan Daihatsu di segmen subkompak hatchback kelas A yang memanfaatkan kebijakan Low Cost Green Car dari pemerintah beberapa waktu lalu. Bersama dengan kembarannya Toyota Agya, kedua mobil ini sama-sama diproduksi oleh Daihatsu dengan platform serta mesin identik. Perbedaan Daihatsu Ayla dan Toyota Agya hanya sebatas pada desain serta fitur.
Daihatsu Ayla sama halnya dengan Toyota Agya sebenarnya tidak memiliki kekhasan tertentu yang membuatnya unggul atas kompetitor seperti Suzuki Karimun Wagon R atau Datsun Go Panca. Hanya saja citra merek Daihatsu dan Toyota berikut jaringan service yang tersebar di seluruh Indonesia menjadi keunggulan kompetitif meski mungkin namun tidak mudah ditiru oleh kompetitor dalam waktu dekat. Alhasil pada tahun pertama peluncurannya saja sebanyak 185 ribu unit Daihatsu Ayla berhasil terjual.
Spesifikasi Daihatsu Ayla
Daihatsu Ayla seperti sudah disebut tidak berbeda dengan Toyota Agya. Mesin 1.0 liter tiga silinder yang berada di bawah kap mesinnya hanya mampu memuntahkan daya maksimum 65 hp yang didapat pada putaran 6000 rpm dan torsi maksimum 8.7 kgm pada putaran cukup rendah yaitu 3600 rpm. Namun dengan bobot 785 kg (Daihatsu Ayla tipe X MT), untuk kondisi dalam kota mesinnya sudah cukup mumpuni. Didukung lagi dengan dimensi (pxlxt) 3.600 x 1.600 x 1.520 mm karakter mesin serta dimensinya membuat mobil ini ideal sebagai sebuah city car yang membawa ibu-ibu berbelanja, mengantar anak ke sekolah atau ke kampus dan kantor jika memang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah.
Soal teknologi memang tak ada teknologi baru yang mungkin diharapkan dari mobil sekelas Daihatsu Ayla. Mengingat mobil ini bermain di segmen terendah bagaimanapun transmisi matik (tipe M dan X), EFI, power steering, power window sekalipun hanya sisi depan serta velg alloy pada beberapa tertentu masih layak diapresiasi.
Meski dari luar dimensinya tampak kecil namun begitu masuk ke kabin ternyata tak sekecil yang dibayangkan. Setidaknya untuk jarak dekat Anda masih bisa mengharapkan sedikit kenyamanan di dalam kabin, selain itu interior Daihatsu Ayla yang minimalis turut menciptakan kesan kabin yang lega.
Sedangkan pada Daihatsu Ayla produksi terbaru warna grilledepan sudah dibuat senada dengan warna bodi. Ditambah lagi untuk tipe X yang merupakan tipe termahal bakal ditambah dengan wiper untuk kaca belakang. Semua minor changes pada Daihatsu Ayla tersebut menjadikan LCGC andalan Daihatsu ini makin layak dilirik lebih-lebih mengingat harganya yang tak sampai Rp 120 juta.
Fitur lain yang turut menghias Daihatsu Ayla juga tidak terlalu istimewa, bahkan pada Daihatsu Ayla tipe X pun pengemudi dan penumpang hanya disuguhi radio, MP3/CD/WMA, USB, dan AUX port yang kualitasnya di bawah standar. Karenanya jika Anda peduli terhadap kualitas sistem audio maka pertama-tama yang mesti dilakukan setelah memboyong Daihatsu Ayla dari dealer adalah mengganti sistem audionya dengan produk after market.
Berikut adalah spesifikasi Daihatsu Ayla:
SPESIFIKASI TEKNIS | Astra Daihatsu AYLA | |||||
D | D+ | M | X | |||
MT | MT | AT | MT | AT | ||
DIMENSI | ||||||
Panjang x Lebar x Tinggi Keseluruhan (mm) | 3.600 x 1.600 x 1.520 | |||||
Jarak Sumbu Roda (mm) | 2450 | |||||
Jarak Pijak roda depan/belakang (mm) | 635/515 | |||||
Tinggi dari tanah (mm) | 180 | |||||
BERAT | ||||||
Berat Kosong/Total Kendaraan (kg) | 755 | 765 | 755 | 785 | 770 | |
KAPASITAS TEMPAT DUDUK | 5 | |||||
MESIN | ||||||
Tipe | D26F 1KR-DE | |||||
Kapasitas silinder (cc) | 998 | |||||
Jumlah silinder | 3 Silinder | |||||
Jumlah katup | Intake 2 Exhaust : 2 | |||||
Diameter x langkah (mm) | 71 x 84 | |||||
Tenaga maksimum (kW/rpm) | 65 / 6.000 | |||||
Torsi maksimum (N.m/rpm) | 8.7 / 3.600 | |||||
SISTEM KEMUDI | ||||||
Tipe | Manual | Electric Power Steering | ||||
REM | ||||||
Depan/belakang | Disc / Drum | |||||
SUSPENSI | ||||||
Depan | McPherson Struts with coil spring | |||||
Belakang | Torsion Axle Beam | |||||
BAN | 155/80 R13 |
Harga Daihatsu Ayla
Seperti biasa pricing strategy yang dilakukan oleh group Astra adalah menempatkan Daihatsu sebagai second brand dari Toyota karena itu seperti halnya dengan Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza yang sebenarnya identik namun Xenia dibanderol lebih murah, demikian pula halnya harga Daihatsu Ayla dibanderol lebih murah dibanding Toyota Agya.
Saat ini Daihatsu Ayla tersedia dalam empat tipe yaitu D, D+, M dan X. Khusus untuk Daihatsu Ayla M dan T masih dibedakan lagi menjadi dua yaitu tipe matic dan manual. Perbedaan di antara keempatnya bukanlah perbedaan signifikan, sebab hanya berbeda di kelengkapan fitur. Sementara untuk spesifikasi teknis semua varian Daihatsu Ayla masih tetap sama.
Daihatsu Ayla termurah saat ini dibanderol Rp 77.750 juta sementara Daihatsu Ayla X Elegant AT MI yang merupakan varian termahal di antara keluarga Daihatsu Ayla dibanderol Rp 119.100 juta.
Berikut adalah daftar harga lengkap semua tipe Daihatsu Ayla:
No | Model | Variant | Price |
---|---|---|---|
1 | AYLA | D MT | 77.750.000 |
2 | AYLA | D MT MI | 79.950.000 |
3 | AYLA | D PLUS MT | 87.150.000 |
4 | AYLA | D PLUS MT MI | 91.850.000 |
5 | AYLA | M MT | 92.200.000 |
6 | AYLA | M MT MI | 96.050.000 |
7 | AYLA | X MT | 99.200.000 |
8 | AYLA | M AT | 101.200.000 |
9 | AYLA | X MT MI | 103.400.000 |
10 | AYLA | M AT MI | 105.050.000 |
11 | AYLA | M SPORTY MT | 105.500.000 |
12 | AYLA | X ELEGANT MT | 106.350.000 |
13 | AYLA | X AT | 108.250.000 |
14 | AYLA | M SPORTY MT MI | 109.350.000 |
15 | AYLA | X ELEGANT MT MI | 110.050.000 |
16 | AYLA | X AT MI | 112.450.000 |
17 | AYLA | M SPORTY AT | 114.700.000 |
18 | AYLA | X ELEGANT AT | 115.400.000 |
19 | AYLA | M SPORTY AT MI | 118.550.000 |
20 | AYLA | X ELEGANT AT MI | 119.100.000 |
Menimbang peruntukannya maka Daihatsu Ayla menjadi salah satu pilihan yang layak dilirik di antara mobil-mobil murah yang memanfaatkan kebijakan LCGC lainnya. Memang desainnya tidak wajar, masih kalah dibandingkan Honda Brio atau Datsun Go Panca. Selain itu di antara LCGC lain Daihatsu Ayla dan Toyota Agya terbilang paling boros BBM.
Konsumsi BBM Daihatsu Ayla untuk dalam kota tercatat 14,9 km/l, sementara luar kota 21,3 km/l. Angka ini terbilang boros mengingat kompetitor seperti Datsun Go Panca mencatat 13,3 km/l dan 19,8 km/l. Sedangkan Honda Brio Satya 14,2 km/l dan 20,1 km/l.
Untuk kualitas riding dan handling memang Daihatsu Ayla unggul atas Datsun Go+ Panca, hanya saja tidak membuatnya menjadi yang terbaik diantara LCGC yang ada karena kualitasnya masih di bawah Honda Brio Satya.
Soal desain baik Daihatsu Ayla maupun Toyota Agya sama-sama merupakan yang terburuk di antara LCGC lain menyusul kemudian Suzuki Karimun Wagon R di peringkat kedua dari bawah.
Sebaliknya soal kelegaan kabin serta jaringan layanan service bersama Toyota Agya, Daihatsu Ayla masih lebih baik di antara kontestan yang ada. Dua hal itu jelas tak bisa dianggap remeh.
Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ayla
Kelebihan Daihatsu Ayla
- Legroom dan headroom paling lega dibanding LCGC lain.
- Jaringan service dan layanan purna jual tersebar merata di seluruh Indonesia.
Kekurangan Daihatsu Ayla
- Konsumsi BBM termasuk boros untuk ukuran LCGC (dalam kota 14,9 km/l; luar kota 21,3 km/l)
- Tampilan eksterior bukan selera semua orang.
- Handling dan riding rata-rata.
Image courtesy: http://www.daihatsunews.com