// //

Pilih Honda HR-V atau Menunggu Mazda CX-3?

Honda HR-V vs. Mazda CX-3 bisa jadi bakal menjadi duel terpanas di segmen small SUV. Memang masih ada beberapa nama lain yang tak kalah menarik, sebut saja misalnya Renault Captur namun tampaknya tetap dua yang disebut pertama itulah yang bakal menjadi duo paling populer. Segmen small SUV sendiri kini menjadi segmen yang dianggap potensial sama seperti fenomena Low MPV hingga setahun yang lalu.

Small SUV sendiri saat ini bisa dikategorikan menjadi dua sub kategori, yang pertama adalah kendaraan yang memang layak disebut sebagai crossover karena selain ground clearance--nya tinggi juga dilengkapi sistem penggerak empat roda yang memungkinkannya menjelajah berbagai medan. Sementara yang kedua umumnya tetap menggunakan sistem penggerak roda depan dan merupakan hasil modifikasi dari sub-compact hatchback kelas B dari pabrikan yang sama. Dalam perkembangannya saat ini justru tipe kedua-lah yang sedang booming.

Pilih Honda HR-V atau Mazda CX-3?


Honda HR-V dan Mazda CX-3 adalah dua di antaranya dan yang paling besar potensinya menurut kami. Saat ini pun tak sedikit calon konsumen yang masih ragu-ragu antara membeli Honda HR-V saat ini atau menunggu masuknya Mazda CX-3 di Indonesia yang masih penuh misteri sampai saat ini. Namun benar-benar layakkah menunggu kedatangan CX-3 mengingat pihak MMI sendiri masih bungkam soal sosok small SUV ini? Mungkin perbandingan Honda HR-V vs. Mazda CX-3 berikut membantu Anda menemukan jawabnya.

Perbandingan Honda HR-V Prestige vs. Mazda CX-3

Mulai dari sektor interior, Mazda tak banyak melakukan ubahan pada interior Mazda CX-3 jika dibandingkan Mazda2. Dan itu bukanlah kabar buruk, mengingat interior Mazda2 sampai saat ini adalah yang paling menarik sekaligus berkesan premium jika dibandingkan hatchback lain sekelasnya.
Honda pun juga melakukan tugasnya dengan baik kala merancang interior Honda HR-V. Selain kualitasnya termasuk baik juga pilihan menggunakan soft touch ketimbang hard touch mampu memberikan impresi positif meski tentu tidak seatraktif interior milik CX-3.

Baik Mazda maupun Honda masih melakukan pendekatan yang sama soal kabin seperti halnya ketika membesut hatchback mereka. Kabin Mazda CX-3 memberikan kenyamanan dan ruang yang cukup lega di bagian depan. Sayangnya legroom di kabin belakang sangat terbatas, kondisi ini mengingatkan pada kondisi kabin Mazda2.
Sebaliknya Honda HR-V menawarkan ruang yang lebih lega baik di kabin depan maupun belakang.

Hal senada juga ditemukan pada kapasitas bagasi dimana Mazda CX-3 hanya menawarkan 264 liter sedangkan Honda HR-V hampir dua kali lipatnya yaitu 437 liter.

Interior Honda HR-V Prestige

Interior Mazda CX-3

Untuk fitur dan kelengkapan belum bisa dipebandingkan, sebab masih belum jelas jika masuk ke Indonesia bakal mengusung perlengkapan dan fitur seperti apakah nantinya Mazda CX-3 tersebut. Jika berkaca pada Mazda2 maka kemungkinan besar akan banyak fitur hitech seperti head-up display, keyless entry & ignition, serta climate control yang bakal diusung oleh CX-3.

Keunggulan utama Mazda CX-3 selain interior yang lebih atraktif mungkin adalah pada karakter handling yang lebih fun to drive sebagaimana Mazda2 saat ini. Dapur pacu CX-3 sendiri mengandalkan mesin empat silinder berkapasitas 2.0 liter yang sanggup memuntahkan daya maksimum 148 PS dengan torsi maksimum 192 Nm.
Sedangkan Honda HR-V Prestige sendiri mengusung mesin 1.8 liter dengan daya maksimum 139 PS dan torsi 169 Nm.
Di atas kertas saja sudah bisa kentara bagaimana dapur pacu Honda HR-V begitu inferior dibandingkan Mazda CX-3.
Kondisi itu masih ditambah lagi dengan fakta bahwa transmisi matic enam kecepatan milik Mazda terasa lebih mumpuni jika dibandingkan CVT milik Honda yang sering terasa kurang responsif meladeni pemintaan mesin.

Honda tampaknya memang mengedepankan faktor kenyamanan, salah satu indikatornya adalah penggunaan suspensi yang lebih lembut. Efek samping dari penggunaan suspensi lembut ini adalah gejala body roll yang lebih terasa dibandingkan CX-3 meski masih dalam kategori wajar.

Sedangkan dengan filosofi pendekatan yang sama selama ini yaitu menciptakan sebuah mobil yang memberikan pengalaman fun to drive bagi pengemudi maka Mazda CX-3 pun juga mengadopsi suspensi lebih keras. Namun juga tak kelewat keras, sejujurnya kali ini Mazda tampak memilih setting yang imbang dalam arti tidak terlalu keras namun juga tidak kelewat lembut. Hasilnya kualitas handling terasa menyenangkan tanpa pula mengorbankan kualitas riding.

Oleh karena keduanya memang tidak dimaksudkan untuk menembus medan berat maka meski dirancang lebih tinggi dari hatchback nyatanya tak satupun dari Mazda CX-3 maupun Honda HR-V yang memiliki ground clearance ideal untuk ukuran sebuah SUV. Honda HR-V memiliki ground clearance 170 mm, sementara Mazda CX-3 malah hanya 155 mm. Ford Ecosport dengan 200 mm sejauh ini masih yang paling ideal dalam hal ini.

Perbandingan Honda HR-V vs. Mazda CX-3

Perbandingan Honda HR-V vs. Mazda CX-3

Beli Honda HR-V Sekarang atau Tunggu Mazda CX-3?

Bak seorang Supermodel, Mazda CX-3 memiliki penampilan yang sangat atraktif disertai fun to drive yang bakal membuat pengemudi manapun merasa ketagihan. Namun dengan ruang kabin dan bagasi yang terbatas rasa-rasanya Anda yang bermaksud menggunakannya sebagai mobil keluarga sebaiknya berpikir ulang.

Di lain sisi meski tak seatraktif Mazda CX-3 namun Honda HR-V pun juga menghadirkan desain yang lebih dari layak diapresiasi. Pengemudinya mungkin tak bakal merasakan kesenangan seperti saat duduk di balik kemudi CX-3. Namun dengan kabin serta bagasi yang lebih lega, belum lagi kenyamanan lebih baik rasa-rasanya Honda HR-V lebih mampu mengakomodir kebutuhan keluarga muda.