// //

Rivalitas Toyota All-new Yaris vs. All-new Honda Jazz vs. All-new Mazda2 Part. 1

Pertarungan antara Toyota All-new Yaris vs. All-new Honda Jazz vs. All-new Mazda2 menjadi rivalitas yang paling dinanti di segmen subkompak hatchback kelas B. Ketiganya menjadi pilihan yang paling populer saat ini meski faktanya masih ada alternatif unggulan lainnya seperti Ford Fiesta. Pada satu sisi Toyota All-new Yaris dan All-new Honda Jazz masih mempertahankan teknologi lawas, sementara di sisi lain All-new Mazda2 menghadirkan pembaruan signifikan yang menjadikannya mendapat sorotan sejak jauh-jauh hari sebelum dirilis secara resmi.

Toyota All-new Yaris vs. All-new Honda Jazz vs. All-new Mazda2 kemumgkinan juga bakal menjadi rivalitas paling mendominasi bursa otomotif tanah air di kelas hatchback setidaknya selama setahun kedepan. Meski demikian sebenarnya cukup ironis melihat bagaimana dua dari tiga pabrikan tersebut melakukan pendekatan yang sama sekali berbeda dan masih tetap mampu menjadi pemain dominan lewat teknologi usang.

Baik Toyota, Honda maupun Mazda memiliki kesamaan dalam membentuk karakter mobil hatchback andalan mereka yaitu sama-sama ingin memberi karakter yang lebih agresif dan sporti. Toyota All-new Yaris, demi memenuhi selera dan permintaan pasar di Asia rela menambah panjang 400 mm yang menjadikannya tampak terlalu besar untuk sebuah subkompack hatchback kelas B.
Meski demikian secara keseluruhan desainnya sendiri menjadi lebih konservatif jika dibanding generasi sebelumnya yang dikenal dengan sebutah “Yaris Telur”.

Toyota All-new Yaris vs. All-new Honda Jazz vs. All-new Mazda2

Hal yang sama juga dilakukan oleh Honda terhadap desain All-new Honda Jazz yang lagi-lagi lebih konservatif dibanding pendahulunya. Meski demikian desain bagian depan tampak lebih sporti dan menarik dibanding generasi sebelumnya. Baik desain Honda Jazz terbaru maupun Toyota Yaris terbaru sama-sama tak bisa dibilang proporsional dan bagian buritan kedua mobil tersebut berkesan terlalu sederhana serta tak nyambung dengan bagian lain.

Toyota All-new Yaris vs. All-new Honda Jazz vs. All-new Mazda2

All-new Mazda2 yang lahir belakangan dan mendapat turunan desain dari Mazda CX-5, All-new Mazda6 dan All-new Mazda3 seperti biasa tampil paling sporti dibanding Honda maupun Toyota. Desain headlamp yang bak mata memincing dihias dengan LED DRL plus auto leveling tampak sangat agresif. Dan meski desainnya paling tidak konservatif dibanding dua kompetitornya namun Mazda menjadi satu-satunya kontestan yang masih mampu menghadirkan desain proporsional dibanding generasi terbaru Honda Jazz maupun Toyota Yaris.
Bahkan pada tipe terendahnya yaitu All-new Mazda2 V M/T masih lebih mampu menghadirkan kesan sporti tanpa embel-embel body kit sebagaimana dimiliki oleh varian yang lebih tinggi dari para kompetitor.

Toyota All-new Yaris vs. All-new Honda Jazz vs. All-new Mazda2

Dari sisi harga Toyota All-newYaris dibanderol mulai Rp 220 juta-an hingga Rp 256 juta-an, sedangkan harga All-new Honda Jazz termurah memang mulai dari Rp 199 juta, namun untuk versi RS Black Top Limited Edition dibanderol lebih mahal dibanding Toyota Yaris TRD yaitu Rp 268 juta. Bagaimana dengan All-new Mazda2? Meski mengusung banyak perubahan dan menawarkan fitur menggoda namun ternyata harga All-new Mazda2 tipe termurah tak jauh beda dari Toyota All-new Yaris tipe E yaitu Rp 225 juta, sedangkan tipe tertinggi yaitu GT dipatok di kisaran Rp 270 juta-an atau hanya berselisih tipis dibanding harga All-new Honda Jazz RS Black Top Limited Edition dan Toyota All-new Yaris TRD.

Bicara soal fitur, beberapa fitur unggulan pada All-new Mazda2 GT diantaranya i-Active Sense meliputi Smart City Brake Support (SCBS) yang dengan tekologi laser akan mendeteksi objek di depan dan melakukan pengereman mendadak jika diperlukan, Advanced Blind Spot Monitoring System dan Rear Cross Traffic Alert seperti yang ada pada All-new Mazda6 dan All-new Mazda3. Selain itu masih ada pula LED projector head lamp yang dilengkapi auto leavling, LED DRL, fog lamp, kamera belakang empat titik, auto wipe sensor, serta tak ketinggalan paddle shift dengan sport moto perseneling.

Sedangkan fitur keselamatan standar seperti Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), Emergency Stop Signal (ESS), Hill Launch Assist, 2 buah airbags, ABS, EBD dan BA sudah menjadi kelengkapan untuk tipe V, R dan GT.

Bagaimana dengan All-new Honda Jazz? Fitur andalan yang terdapat pada tipe tertingginya yaitu tipe RS Black Top Limited Edition berupa seatbelt warning, perangkat hiburan dengan layar monitor 7 inch serta Grab Rail.
Sementara fitur yang ada pada semua tipe All-new Honda Jazz adalah Dual SRS Airbag, alarm, Tilt Steering dan ISOFIX seat.

Kontestan terakhir yaitu Toyota All-new Yaris menjadi yang paling inferior ketika bicara soal fitur dan teknologi. Satu-satunya fitur unggulan yang tampak mendapat perhatian dari pihak pabrikan hanya terdapat pada aplikasi Toyota Move yang bisa diakses melalui HU yang didukung oleh air gesture control. Selain hiburan dan berita pengguna juga bisa mendapatkan notifikasi asuransi maupun jadwal perawatan berkala.
Bahkan fitur yang sebenarnya sama sekali bukan hal baru seperti steering switch contol pun hanya tersedia pada tipe tertinggi yaitu TRD.

Bersambung ke bagian 2