// //

Rivalitas Toyota All-new Yaris vs. All-new Honda Jazz vs. All-new Mazda2 Part. 2

Masuk ke dalam kabin Toyota All-new Yaris kesan mewah bak sebuah sedan langsung terasa, sangat wajar mengingat Yaris mengambil inspirasi langsung dari sang kakak yaitu All-new Toyota Vios. Dominasi warna hitam dan plastik dashboard yang didesain menyerupai softpad mampu menaikkan gengsi Toyota Yaris meski sebenarnya sangat minim fitur terkini. Untuk tipe TRD bahkan bisa ditemukan beberapa lapisan kulit serta semi bucket seat yang bukan hanya menarik dari sisi estetika namun sekaligus memberi kenyamanan lebih.

Interior Toyota All New Yaris

All-new Honda Jazz pun sebenarnya juga tampak mengambil inspirasi dari All-new Honda City, sayangnya material serta finishing dashboard bertolak belakang dari sang kakak. Selain plastiknya tak dicoba untuk dikaburkan juga ada beberapa gap di beberapa bagian yang mengesankan Honda tak serius dalam menjaga kualitas generasi terbaru Honda Jazz ini. Pendahulunya, Honda Jazz GE8 tampak jauh lebih berkelas ketimbang Honda Jazz GK5 ini.
Pada sisi lain soal fitur serta desain panel Honda Jazz jauh lebih unggul ketimbang Toyota Yaris yang hanya mampu menonjolkan kecanggihan HU-nya saja.

Interior Honda Jazz Terbaru

Lagi-lagi All-new Mazda2 yang platformnya berubah sama sekali dari generasi sebelumnya tampak paling fresh di sektor interior dibanding Yaris maupun Jazz. Sorotan tentu saja tertuju pada perangkat hiburan MZD-Connect. Layar sentuh berukuran 7 inch terletak pada bagian atas dashboard memberi akses pada sistem navigasi sekaligus menjadi pusat kendali bagi sistem audionya dan bisa diakses pula lewat rotary dial yang terletak pada konsol tengah.

Toyota All-new Yaris vs. All-new Honda Jazz vs. All-new Mazda2

Tak seperti Honda Jazz yang penuh dengan berbagai gimmick, justru interior All-new Mazda2 terkesan sederhana dan jelas sekali para desainer meminimalisir keberadaan tombol pada dashboard. Pendekatan semacam ini sudah lebih dahulu dianut oleh BMW, Mercedez atau Audi.
Meski sederhana serta minimalis namun pada saat bersamaan kesan futuristik justru lebih kental terasa dibandingkan dua kompetitornya.

Soal material sudah barang tentu All-new Mazda2 jauh lebih unggul dibanding All-new Honda Jazz maupun Toyota All-new Yaris karena dashboardnya sudah dilapis kulit bukan sekedar tekstur kulit seperti Toyota Yaris. Selain itu finishing-nya juga sangat rapi. Masuk ke dalam kabin All-new Mazda2 lebih terasa bak masuk ke dalam kabin mobil Eropa ketimbang mobil Jepang.

Di sisi kualitas finishing dan material interior sudah bisa ditarik kesimpulan bahwa All-new Honda Jazz menjadi kontestan paling inferior jika dibanding dua kompetitor lainnya.

Sebaliknya ketika bicara posisi duduk justru All-new Honda Jazz-lah yang paling terasa pas dan nyaman dibanding Toyota All-new Yaris maupun Mazda2. Memang soal kenyamanan All-new Mazda2 tak kalah dari Honda Jazz, hanya saja demi mengejar kesan sporti posisi duduknya dibuat rendah.

Lagi-lagi soal akomodasi sama seperti para pendahulunya All-new Honda Jazz menyediakan akomodasi paling luas dibanding Toyota All-new Yaris maupun All-new Mazda2, meski pada sisi lain akomodasi Toyota Yaris jika dibanding generasi sebelumnya. Berkat sistem ultra seat bahkan jok belakang Honda Jazz bisa dilipat sejajar lantai sehingga mampu memuat barang lebih banyak lagi dengan praktis. All-new Mazda2 menjadi kontestan paling inferior soal akomodasi, bukan semata-mata karena kapasitasnya saja namun juga posisi duduk rendah memaksa penumpang belakang bertubuh tinggi untuk menekuk kaki lebih rapat. Toyota Yaris juga tak sepenuhnya kalah di sini, sebab dengan penambahan panjang alhasil legroom-nya juga menjadi lebih luas dibanding Honda Jazz

Masuk ke dapur pacu kembali terlihat kesenjangan luar biasa antara All-new Honda Jazz dan Toyota All-new Yaris dengan All-new Mazda2. Seperti sebelumnya Toyota masih setia dengan mesin 1NZ-FE padahal dimensi mobilnya sendiri sudah bertambah. Memang mesin ini terkenal bandel dan efisien, namun pada sisi lain performanya jauh di bawah ekspektasi, sama sekali tak mencerminkan tampak agresif All-new Yaris. Di balik kemudi All-new Yaris hal yang terasa menyenangkan adalah bobot lingkar kemudi yang terasa sangat pas.

Penurunan performa mesin Toyota Yaris terbaru sebagai dampak dari bertambahnya beban masih diperburuk lagi dengan semakin banyaknya gejala limbung serta rasio gear yang dibuat tidak seagresif pendahulunya. Jelaslah bahwa Toyota mencoba menawarkan hatchback yang mengedepankan akomodasi serta kenyamanan di atas segalanya.

Toyota All New Yaris

Di bawah kap mesin Honda Jazz terbaru tersimpan dapur pacu L15Z5 yang menghasilkan output lebih baik jika dibandingkan mesin Toyota Yaris. Sayang, sama halnya dengan finishing interior yang buruk, kondisi yang sama pun bisa dilihat pada dapur pacu yang tidak rapi. Sementara itu transmisinya terasa mampu menyalurkan tenaga dengan lebih baik jika dibanding generasi pendahulunya, dan putaran menengahnya pun lebih berisi dibandingkan Toyota Yaris terbaru.

Toyota All-new Yaris vs. All-new Honda Jazz vs. All-new Mazda2

Kontestan paling muda All-new Mazda2 mengusung dapur pacu dengan daya maksimum 110 PS dan torsi 141 Nm yang artinya di atas kertas inferior dibanding Toyota Yaris maupun Honda Jazz. Namun jangan lupa bahwa selain rasio bobot dan output yang berbeda, Mazda2 juga mengusung teknologi Skyactiv termasuk transmisi Skydrive yang lebih akurat menyalurkan output mesin. Sementara soal bobot, All-new Mazda2 adalah yang paling ringan dibanding Honda Jazz maupun Toyota Yaris.

Toyota All-new Yaris vs. All-new Honda Jazz vs. All-new Mazda2

Menentukan mana yang terbaik diantara Toyota All-new Yaris vs. All-new Honda Jazz vs. All-new Mazda2 sama sekali tidak sederhana karena seperti biasa masing-masing calon konsumen memiliki kebutuhan serta pertimbangan yang sangat variatif. Untuk keluarga muda yang mementingkan kenyamanan rasa-rasanya Toyota All-new Yaris lebih ideal meski akomodasi dan fleksibilitasnya tak sebaik Honda Jazz. Pada sisi lain meski terasa merupakan downgrade dari GE8 namun All-new Honda Jazz relatif good looking dibandingkan Toyota All-new Yaris, demikian pula dengan kualitas handlingnya.
Sementara bagi mereka yang belum berkeluarga atau berkeluarga namun belum memiliki anak All-new Mazda2 dengan desain sporti, fitur komplet serta handling agresif tentu merupakan godaan yang tak bisa ditampik meski pada sisi lain kenyamanan penumpang harus sedikit dikorbankan.