// //

Komparasi Nissan New Evalia vs.Suzuki Ertiga

Nissan New Evalia vs. Suzuki Ertiga memasuki babak baru setelah Nissan melakukan minor facelift terhadap LMPV nya dalam rangka memperbaiki tingkat penjualan yang lesu. Sementara itu Suzuki Ertiga meski masih mempertahankan desain dan fitur lama namun prestasi penjualannya menunjukkan potensi luar biasa meski belakangan terancam oleh Honda Mobilio. Bagaimanapun persaingan antara kedua LMPV tersebut masih layak disimak terutama oleh calon konsumen yang sedang mempertimbangkan kedua merek tersebut.

Pertarungan Nissan New Evalia vs. Suzuki Ertiga tak bisa dipungkiri mula-mula adalah kompetisi dalam harga jual mengingat pangsa pasar yang disasar oleh kedua mobil ini adalah kelompok price sensitive segment. Harga Nissan Evalia dibuka kurang dari Rp 150 juta lewat tipe S, sementara base model Suzuki Ertiga diwakili oleh tipe GA yang dibuka dengan banderol Rp 155 juta. Tak diragukan bahwa Nissan mencoba memotong langkah Suzuki lewat iming-iming harga yang murah. Namun tentu faktor harga, lebih-lebih pada selisih yang tipis tidak menjadi satu-satunya faktor penentu rivalitas Nissan New Evalia vs. Suzuki Ertiga ini.

Komparasi Nissan New Evalia vs.Suzuki Ertiga

Komparasi Nissan New Evalia vs.Suzuki Ertiga

Komparasi Eksterior-Interior Nissan New Evalia vs. Suzuki Ertiga

Nissan New Evalia menghadirkan interior dengan desain yang memberi kesan luas, simple, serta ramping. Beberapa orang menyebut interior Evalia mewah, namun rasanya penilaian tersebut kelewat berlebihan mengingat tak satupun mobil LMPV yang beredar mampu menghadirkan kesan mewah, lebih-lebih jika bicara soal kualitas. Namun lagi-lagi, hal itu juga tak bisa disebut sebagai kelemahan mengingat mewah sama sekali bukan salah satu faktor yang diperhitungkan ketika bicara soal mobil Low MPV. Sama halnya dengan Suzuki Ertiga, Nissan pun memilih perpaduan warna beige dan black untuk Evalia.

Keunggulan Nissan Evalia dibanding Suzuki Ertiga adalah penggunaan sliding door pada bagian belakang yang terasa lebih pas serta praktis untuk sebuah mobil penumpang dibanding model pintu dengan bukaan konvensional. Akses keluar masuk penumpang maupun barang bakal lebih mudah berkat sliding door tersebut.

Sementara itu dipihak lain Suzuki Ertiga menawarkan desain kabin yang lebih berkesan cathcy dan dinamis jika dibandingkan dengan Evalia, meski demikian pihak pabrikan tetap mengedepankan kesederhanaan dalam merancang interior Ertiga.

Komparasi Nissan New Evalia vs.Suzuki Ertiga

Komparasi Nissan New Evalia vs.Suzuki Ertiga

Dari segi dimensi memang Nissan New Evalia sedikit lebih panjang ketimbang Suzuki Ertiga, namun jika diteliti lebih lanjut ternyata wheelbase Ertiga justru sekitar 15 mm lebih panjang dibanding Evalia. Evalia sedikit lebih lebar daripada Ertiga yang berdampak pada kabin Nissan yang sedikit lebih lega dibanding Suzuki.

Sedangkan tinggi Nissan Evalia yang surplus dibanding Ertiga pada satu sisi menjadikan Evalia menyediakan head room lebih baik ketimbang Ertiga namun pada sisi lain mengorbankan stabilitas Nissan Evalia ketika dikendarai.

Soal kualitas dan finishing keduanya bisa dibilang setara. Namun Suzuki Ertiga secara keseluruhan unggul dalam hal interior dibanding Nissan New Evalia karena kabinnya mampu memberikan sentuhan dan kesan sebagai mobil pribadi dimana rivalnya (Evalia) cenderung berkesan sebagai mobil niaga.

Komparasi Nissan New Evalia vs.Suzuki Ertiga

Komparasi Nissan New Evalia vs.Suzuki Ertiga

Komparasi Performa Nissan New Evalia vs. Suzuki Ertiga

Di atas kertas Nissan Evalia tampak unggul dengan mengandalkan mesin berkapasitas 1.5 liter HR15DE dimana Suzuki Ertiga menggunakan mesin K14B dengan kapasitas lebih kecil yaitu 1.4 liter. Dapur pacu Nissan New Evalia menghasilkan daya maksimum 109 PS pada putaran 5600 rpm dan torsi maksimum 143 Nm pada 4000 rpm. Sementara output yang dihasilkan oleh dapur pacu Suzuki Ertiga adalah 95 PS pada 600 rpm serta 130 Nm pada 4000 rpm.

Output mesin Nissan New Evalia lebih baik dibanding Suzuki Ertiga, sementara untuk konsumsi BBM keduanya Suzuki Ertiga sedikit lebih baik ketimbang Evalia. Dari sisi output mesin Nissan kali ini mengungguli Suzuki.

Tapi jangan lupa bahwa apa yang tertera di atas kertas tidak selalu menggambarkan kondisi sebenarnya. Ketika dipacu di jalan lurus Suzuki Ertiga terbukti mampu menunjukkan performa yang lebih baik dibanding Nissan Evalia berkat rasio output mesin dan bobot kendaraan yang lebih ringan.

Sementara itu soal performa handling dan suspensi meski keduanya setara namun lagi-lagi stabilitas Suzuki Ertiga menjadikannya sebagai pilihan yang lebih baik ketimbang Nissan New Evalia bagi pengemudi. Namun lagi-lagi di pihak lain bagi penumpang posisi duduk serta kelegaan kabin Nissan New Evalia terasa lebih nyaman dibanding penumpang yang duduk di kabin Suzuki Ertiga.

Komparasi Nissan New Evalia vs.Suzuki Ertiga

Komparasi Nissan New Evalia vs.Suzuki Ertiga

Harga Promo Suzuki Ertiga GX DB (AT)
Pearl White Radiant Red
Harga Suzuki Ertiga Harga Suzuki Ertiga
Rp 199.800.000
Rp 199.400.000
Rp 199.800.000
Rp 199.400.000
beli sekarang beli sekarang

Jika Anda adalah tipe yang lebih mendahulukan kenyamanan keluarga dan daya muat yang sedikit lebih besar maka Nissan New Evalia merupakan opsi lebih baik. Namun jika tampilan yang lebih berkesan sebagai mobil pribadi ketimbang mobil niaga, handling yang nyaman serta efisiensi BBM menjadi hal penting bagi Anda maka Suzuki Ertiga lebih memenuhi syarat.