// //

Intip Perjalanan Nissan Elgrand Menuju Indonesia

Nissan Elgrand hingga saat ini masih diandalkan oleh pihak pabrikannya untuk bertarung di kasta tertinggi kategori MPV di Indonesia dan beberapa negara lain. Meski fungsi utama mobil MPV hingga hari ini masih tetap sama seperti sebelumnya namun pabrikan otomotif berusaha menjadikan MPV nya tampak lebih menarik lewat desain maupun fitur pendukung kenyamanan.

Nissan Elgrand sendiri memulai debutnya beberapa tahun silam tepatnya pada tahun 1997, dan kini lewat generasi ketiga pihak Nissan melakukan facelift pada flagship MPV-nya yang menghadapi semakin banyak kompetitor belakangan ini. Perubahan paling kentara bisa dilihat pada bagian depan yang menjadikan generasi terbaru Nissan Elgrand ini tampil lebih mencolok di tengah keramaian.

Nissan Elgrand Indonesia

Harga Nissan Elgrand

Nuansa kelir krom kali ini menjadi pilihan pihak pabrikan untuk memberi karakter pada Nissan Elgrand terbaru. Lewat desain grille yang berukuran super besar mobil penumpang mewah ini berkesan gahar jika dibanding para kommasihpetitor sekelasnya. Untuk Nissan Elgrand tipe 3.5 Highway Star Nissan menghadiahkan jok berlapis kulit yang bukan sekedar menambah kesan mewah kabin MPV ini namun juga memberi kenyamanan ekstra bagi penumpang. Sementara itu untuk tipe 2.5 Highway Star material .
Jok dengan desain captain seats bisa didapatkan pada kabin tengah baik pada tipe 2.5 Highway Star maupun 3.5 Highway Star, Nissan menyebutnya sebagai Ottoman Seats. Sementara itu untuk tipe 3.5 Highway Star penyesuaian tidak lagi dilakukan secara manual melainan elektris.

Nissan Elgrand Terbaru

Jual Nissan Elgrand

Nissan Elgrand Indonesia

Barisan jok paling belakang pun lebih dari cukup untuk mengakomodir kenyamanan penumpang dewasa. Tidak seperti MPV pada umumnya dimana bangku baris ketiga seringkali mengabaikan kenyamanan penumpang, pada Nissan Elgrand semua penumpang dijamin bakal dimanjakan selama perjalanan.

Pada bagian dapur pacu Nissan masih memercayakan pada mesin lawas. Tidak mengejutkan mengingat performa mesin ini masih terbilang handal. Bahkan untuk mesin 2.5 liter CVT-nya pun terbukti cukup bertenaga dalam menggerakakan bodi bongsor Nissan Elgrand.

Nissan Elgrand Indonesia

Mesin 2.5 liter ini mampu menghasilkan daya maksimum hingga 170 PS pada 5600 rpm dengan torsi maksimum 245 Nm yang sudah bisa diraih pada putaran mesin 3900 rpm. Meski pihak pabrikan mengklaim konsumsi BBM Nissan Elgrand 2.5 liter diangka 11,2 km/liter namun di lapangan faktanya jauh berbeda. Bahkan pada kondisi hanya dimuati pengemudi dan satu orang penumpang saja konsumsi BBM MPV mewah ini tercatat 8,5 km/liter.

Sebagaimana sudah bisa diduga bahwa transmisi CVT terasa kurang responsif dalam menyalurkan daya mesin, meski demikian kembali pada fakta bahwa Nissan Elgrand adalah mobil pengangkut penumpang maka kondisi itu bisa ditolerir. Sedangkan suspensinya bekerja dengan baik dalam menghasilkan bantingan yang lembut sebagaimana diharapkan dari sebuah MPV semahal ini.

Secara keseluruhan Nissan Elgrand mampu menempatkan dirinya sejajar dengan para kompetitor di kelas yang sama sekalipun dari segi popularitas mungkin masih belum setenar Toyota Alphard.
Dalam hal menyajikan kenyamanan bagi penumpang mobil MPV mewah keluaran Nissan ini layak diacungi jempol. Namun sebagaimana umumnya mobil lain di kelas ini tentu saja faktor fun to drive bagi pengemudi sangatlah minim.

Nissan Elgrand Indonesia

Harga Nissan Elgrand dibuka dengan tipe 2.5 Highway Star di kisaran Rp 840 juta, sedangkan Nisan Elgrand dengan dapur pacu 3.5 liter dilepas di kisaran Rp 995 juta.