// //

Test Jalan Nissan Evalia: Mobil Murah, Pas untuk Keluarga Indonesia

Beberapa riset mengenai emerging market belakangan ini menunjukkan kecenderungan konsumen yang menghendaki mobil murah namun memiliki daya angkut penumpang yang relatif besar serta biaya operasional relatif murah.

Karenanya tak heran jika mobil-mobil jenis MPV cenderung digemari di emerging market seperti Indonesia karena biaya operasional yang lebih rendah dibanding SUV yang relatif populer sebagai mobil keluarga di negara-negara barat.

Kelemahan Nissan Evalia

Meski demikian semakin padatnya jalanan di negara-negara seperti Indonesia menyebabkan mobil MPV pun tidak lagi ideal dijadikan sebagai mobil keluarga karena ukurannya yang dinilai terlalu besar. Terlebih jika pemiliknya tinggal di kota besar seperti Jakarta yang harus menghadapi kemacetan hampir setiap harinya.

Berangkat dari kondisi semacam itulah Nissan kemudian menghadirkan Nissan Evalia, sebuah mobil murah yang masuk dalam kategori MPV namun memiliki ukuran yang relatif mungil dibanding MPV yang sudah banyak beredar sebelumnya.

Urusan dapur pacu Nissan Evalia mengandalkan mesin berkapasitas 1.5 liter dengan daya maksimum 85 bhp.

Untuk ukuran sebuah mobil keluarga murah Nissan Evalia terbilang mengusung fitur dan standar keselamatan yang cukup komplet seperti seatbelt di setiap kursi, wiper belakang, sistem audio, AC depan/belakang dan keyless entry. Sayangnya ABS+EBD+BA belum tersedia di varian basic Nissan Evalia 1.5 ST MT, demikian pula airbag hanya tersedia pada varian Nissan Evalia XV, itupun hanya untuk pengemudi.

Memang di kelas yang sama Nissan Evalia bersaing dengan beberapa mobil murah untuk keluarga lainnya, salah satu mobil murah terbaik saat ini adalah Suzuki Ertiga. Jika dilihat dari desainnya Evalia memang kalah menarik dibanding Ertiga maupun duo all-new Avanza/Xenia.

Namun ketika Anda mulai mengendarainya maka perasaan kurang sreg terhadap penampilan Evalia akan sedikit berkurang. Handling Nissan Evalia terbilang dinamis dan jauh lebih baik dari perkiraan kami sebelum mencobanya.

Meski sama-sama mobil berkapasitas tujuh penumpang namun jangan harap Anda akan mendapatkan kenyamanan yang sama dengan MPV tulen seperti Toyota Innova misalnya. Ruang kaki di Nissan Evalia terutama untuk deretan bangku kedua dan ketiga sangat terbatas meski tidak bisa dikataka tidak nyaman.

Di dalam kabin Anda juga akan merasakan cukup banyak getaran yang berasal dari mesin terutama ketika putaran mesin mulai berada dikisaran 2000 rpm.

Harga dan Spesifikasi Nissan Evalia

Nissan Evalia Indonesia

Karakter rasio gigi yang pendek menjadikan Evalia terasa responsif dikendarai di dalam kota namun sebaliknya, ketika berada di jalan bebas hambatan mobil keluarga dengan harga terjangkau ini terasa terengah-engah begitu mencapai kecepatan 120 km/jam.

Memang gesekan roda dengan aspal terasa di dalam kabin, begitu pula ketika memasuki jalanan kasar terasa sekali ketidaknyamanan dalam kabin Nissan Evalia, namun mobil ini relatif stabil di tikungan meski dimensinya terbilang tinggi.

Secara keseluruhan bisa dibilang Nissan Evalia adalah sebuah mobil transportasi yang cukup ideal bagi keluarga. Namun karena saat ini semakin banyak kompetitor yang menawarkan berbagai kelebihan maka rasanya cukup sulit menjadikan mobil ini sebagai pilihan pertama ketika hendak membeli mobil murah untuk keluarga.