// //

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Murah Datsun GO yg Jarang Diketahui

Setelah absen sekian lama dari pasar otomotif dunia Datsun yang tak lain adalah second brand Nissan memutuskan untuk menjajal pasar mobil murah lewat produk andalan terbarunya Datsun GO. Bahkan sebelum mobil ini resmi dirilis pun sudah terlihat antusiasme yang tinggi dari konsumen meski tak sedikit pula yang masih asing dengan nama Datsun.

Seperti sudah disebut bahwa Datsun GO adalah sebuah mobil yang mengedepankan unsur ekonomis di atas segalanya. Karenanya tak mengejutkan ketika panel instrumen pada dashboard mobil murah buatan Datsun ini tidak memberikan kesan mewah ataupun modern. Walau demikian hampir semua indikator yang diperlukan untuk memberi informasi kepada pengemudi bisa dibilang sudah tersedia pada dashboard Datsun GO.

Sebagai mobil yang mengedepankan unsur ekonomis salah satu instrumen penting yang layak digarisbawahi pada panel Datsun GO ini tak lain adalah indikator yang memberikan feedback kepada pengemudi mengenai berapa banyak rata-rata penggunaan BBM sepanjang perjanalan rute tertentu. Selain cukup bermanfaat cara pengoperasiannya pun relatif praktis dengan hanya menekan tombol trip dan instrumen ini pun akan memberikan masukan kepada pengemudi untuk meningkatkan efisiensi penggunaan BBM.

Kelebihan dan Kekurangan Datsun GO

Kelebihan dan Kekurangan Datsun GO

Kelebihan dan Kekurangan Datsun GO


Masih di bagian interior Datsun GO, meski materialnya sendiri jauh dari kesan luxury namun ada beberapa bagian seperti cup holders dan connected seats yang harus diapresiasi keberadaannya untuk mobil sekelas ini. Selain itu ukuran open glove-nya juga cukup besar untuk mobil seukuran ini sehingga pengemudi maupun penumpang bisa meletakkan buku manual, botol air minum atau bahkan buku berukuran tebal di dalamnya dengan mudah.

Baca juga: Komparasi Suzuki Karimun Wagon R vs. Datsun GO

Sedangkan bagasi dengan kapasitas bersih 265 liter menjadikan Datsun GO sebagai salah satu mobil murah dengan bagasi paling lega dan bahkan lebih lega dibanding beberapa mobil hatchback subkompak B yang harganya lebih mahal. Ketinggian bagasi merupakan salah satu kelemahan Datsun GO yang menjadikan proses menaik-turunkan bawaan berat menjadi kurang praktis. Namun desain bagasinya sendiri memungkinkan barang bawaan berukuran besar ditata dengan mudah di dalamnya.

Kelebihan dan Kekurangan Datsun GO

Kelebihan dan Kekurangan Datsun GO

Keunggulan lain dari Datsun GO yang bakal dihargai utamanya oleh mereka yang sering melalui rute luar kota adalah fitur follow-me-home headlamp yang memberikan penerangan efektif manakala berada di jalan yang sangat minim penerangan. Fitur ini memang bukan fitur baru, namun umumnya keberadaannya selama ini hanya bisa diketemukan pada mobil dengan harga mahal dan Datsun GO adalah mobil murah pertama yang menawarkan fitur tersebut.

Soal standar keselamatan sebenarnya Datsun GO juga layak diapresiasi dengan menyediakan seatbelat pada jok baris belakang. Sayang beribu sayang, jika dihuni oleh penumpang yang berbeda maka masing-masing harus selalu menyesuaikan panjang sabuk pengaman tersebut sebelum pas dikenakannya. Hal yang lebih disayangkan adalah bahwa fenomena ini sebenarnya sama sekali tak terkait harga jual mobil Datsun yang terbilang murah. Tampaknya kondisi ini lebih dilatarbelakangi oleh desain jok belakang melebar.

Kelebihan dan Kekurangan Datsun GO

Kelebihan dan Kekurangan Datsun GO

Di belakang kemudi, di balik semua keunggulan Datsun GO seperti posisi duduk yang tinggi, pandangan pengemudi yang luas, jok yang ergonomis maupun posisi lingkar kemudi yang supportif tersisa pula sebuah kelemahan yang menodai kesempurnaannya. Kelemahan tersebut tak lain adalah sandaran jok yang kelewat tipis bahkan untuk ukuran sebuah mobil murah sekalipun. Bahkan saking tipisnya ketika disandari busa pada sandaran akan langsung terasa mengempis.
Sementara itu jok bagian belakang juga tak luput dari kekurangan yang tak lain adalah posisi headrest yang nyaris tak berguna.

Harga Mobil Datsun Go Indonesia

Spesifikasi Harga Mobil Datsun Go Indonesia

Spesifikasi Harga Mobil Datsun Go Indonesia

Connect seats-nya sendiri meski pada satu sisi merupakan keunggulan Datsun GO namun di sisi lain juga bisa menjadi kelemahan. Jika pengemudi dan penumpang di bagian depan adalah suami istri tentu fitur ini terasa bermanfaat. Namun jika mobil tersebut dikemudikan oleh orang lain seperti sopir misalnya maka bakal mengurangi kenyamanan penumpangnya. Dan bila Anda berencana menempatkan anak di situ kami sama sekali tak merekomendasikan karena bakal sangat membahayakan keselamatan anak Anda.

Kelemahan lain Datsun GO disamping yang sudah disebut di atas antara lain adalah suara mesin yang kelewat berisik. Namun mobil ini juga memiliki beberapa keunggulan lain seperti penggunaan bahan bakar yang sangat irit, kabin lega, finishing yang baik serta posisi tuas transmisi yang ideal.