// //

Yaris vs. Jazz – Pertarungan Hatchback Subkompak Kelas B

Yaris vs. Jazz merupakan sebuah pertarungan abadi dua mobil hatchback subkompak B dalam memperebutkan dominasi di kelas ini selama beberapa tahun terakhir. Meski Mazda2 dan Ford Fiesta lebih layak dijadikan benchmark untuk kelas ini namun faktanya Honda Jazz dan Yaris masih mencatat penjualan yang lebih baik ketimbang mobil Ford maupun mobil Mazda di segmen hatchback subkompak kelas B ini. Karena itu hingga hari ini pun masih cukup menarik untuk menyimak pertarungan Yaris vs. Jazz tersebut.

”Size does matter” ketika berbicara mobil subkompak seperti halnya rivalitas Yaris vs. Jazz. Karenanya selisih panjang sekitar 150 mm antara keduanya tidak bisa dianggap remeh, meski demikian pula dengan beberapa atribut penting lainnya yang membedakan kedua mobil tersebut. Hingga kini hatchback andalan Honda masih merupakan salah satu mobil dengan kabin paling lega di kelasnya, namun apakah kelegaan kabin itu saja sudah cukup untuk memenangkan rivalitas Yaris vs. Jazz?

Yaris vs Jazz

Yaris vs Jazz

Dapur Pacu Yaris vs. Jazz

Yaris vs. Jazz sama-sama menggunakan mesin empat silinder berkapasitas mungil. Mesin 1.5 liter pada Honda Jazz menghasilkan tenaga maksimal 120 PS dan torsi maksimal 145 Nm. Sementara itu mobil Yaris mengandalkan mesin berkapasitas 1497 cc berdaya maksimal 109 PS dengan torsi 141 Nm. Di atas kertas spesifikasi mesin Honda Jazz tampak sedikit lebih unggul ketimbang Toyota Yaris.

Namun sebenarnya ketika membandingkan performa dapur pacu Yaris vs. Jazz yang secara signifikan membedakan keduanya adalah transmisi yang digunakan. Honda Jazz dilengkapi dengan transmisi matic lima kecepatan, sementara Toyota Yaris masih mengandalkan transmisi matic empat kecepatan yang bisa dibilang ketinggalan jaman untuk masa kini. Di dalam kota mungkin perbedaan ini tak cukup signifikan, sebaliknya ketika diajak melaju di jalan tol atau keluar kota maka Honda Jazz jelas lebih unggul ketimbang Toyota Yaris. Namun sejujurnya kedua mobil ini sama-sama ketinggalan jaman soal transmisi mengingat umumnya kini mobil-mobil sekelasnya sudah mengusung transmisi matic enam kecepatan.

Sementara itu untuk perbandingan Yaris vs. Jazz bertansmisi manual kedua mobil ini sama-sama menawarkan transmisi lima tingkat kecepatan. Karena transmisi yang digunakan kedua mobil ini setara maka bobot memainkan peran. Bobot Toyota Yaris yang lebih ringan dibanding Honda Jazz menjadikan hatchback Toyota ini unggul atas Honda Jazz jika pilihannya adalah mobil dengan transmisi manual. Bobot yang ringan menjadikan mobil Yaris manual lebih hemat BBM ketimbang Jazz.

Bicara soal konsumsi BBM Yaris vs. Jazz, untuk transmisi matic Honda Jazz terbukti lebih hemat bahan bakar ketimbang Yaris, namun sebaliknya untuk versi yang menggunakan transmisi manual mobil Yaris lebih irit dalam mengkonsumsi BBM ketimbang mobil Jazz. Karena itu jika Anda termasuk tipe pengemudi dan pengguna mobil yang sensitif terhadap konsumsi bahan bakar ada baiknya memilih Toyota Yaris bertransmisi manual.

Kabin Yaris vs. Jazz


Yaris vs Jazz

Yaris vs Jazz

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa Honda Jazz memiliki dimensi 150 mm lebih panjang ketimbang Toyota Yaris, hasilnya penumpang di kabin belakang Jazz memilki ruang yang lebih lega ketimbang penumpang Yaris. Sekali lagi para desainer Honda sukses mendesain kabin yang meski tampak sederhana namun maksimal dalam memanfaatkan ruang yang ada.

Meski soal kualitas interior baik Yaris vs. Jazz bisa dibilang setara, artinya kedua mobil ini sama-sama menawarkan desain interior yang sederhana, fungsional serta menggunakan bahan-bahan hard plastic yang berkesan murah namun di dalam kabin Toyota Yaris pengemudi serta penumpang bakal lebih menyadari bahwa mereka sedang berada di dalam kabin mobil berukuran kecil.

Jadi di ronde ini Honda Jazz kembali mengungguli Toyota Yaris.

Riding dan Handling Yaris vs. Jazz

Soal fun to drive lagi-lagi Honda Jazz terasa lebih unggul serta gesit diajak bermanuver ketimbang sang rival Toyota Yaris. Meski tak seasyik mengemudikan Ford Fiesta maupun Mazda2 namun Honda Jazz tetap lebih unggul dibandingkan Toyota Yaris yang riding-nya terasa datar seberapapun si pengemudi mencoba memaksanya lewat akselerasi maupun skill mengemudi.

Situasi di atas bagaimanapun hanya terjadi pada kondisi kedua mobil sama-sama menggunakan transmisi matic, sebaliknya pada transmisi manual Toyota Yaris unggul dalam hal riding maupun handling dibandingkan Honda Jazz.

Pada akhirnya dengan mempertimbangkan semua faktor yang ada Honda Jazz tampil sebagai pemenang dalam komparasi Yaris vs. Jazz. Kabin yang lebih lega, faktor fun to drive, bahan bakar yang lebih efisien (matic) serta transmisi (matic) yang satu tingkat lebih baik ketimbang Yaris merupakan tiga faktor utama yang membawa mobil Jazz matic lebih layak dipilih ketimbang Yaris.
Sementara untuk versi transmisi manual Toyota Yaris mengungguli Honda Jazz kecuali dalam hal kabin yang lebih lega.