// //

Meraba Harga Hyundai Accent Terbaru

Harga Hyundai Accent mengalami penyesuaian setelah pihak pabrikan asal Korea tersebut memutuskan untuk melakukan penyempurnaan dan minor facelift pada generasi terbarunya. Di Indonesia sendiri Hyundai Accent selama ini hadir dengan nama Hyundai Grand Avega. Mobil buatan Hyundai ini diposisikan sekelas di atas regular hatchback seperti Mazda2, Ford Fiesta atau Toyota Yaris dan Honda Jazz namun sekelas di bawah sport hacthes seperti VW Scirocco R, Ford Fiesta ST atau RenaultSport Megane.

Sebelumya harga Hyundai Accent atau Avega di Indonesia dibuka dengan tipe GL MT di kisaran Rp 180 juta-an dan di varian tertinggi adalah GL AT di kisaran Rp 195 juta-an. Untuk versi terbarunya Hyundai menyediakan tipe SR yang didaulat bersaing dengan Ford Fiesta ST dan mobil lain sekelasnya. Denganransmisi manual enam kecepatan dan transmisi matic enam kecepatan diperkirakan harga Hyundai Accent ini bakal dibanderol di atas Rp 200 juta-an.

Menariknya meski berusaha bersaing dengan VW Scirocco R dan kawan-kawan namun Hyundai Accent SR tidak dilengkapi dengan mesin turbo sebagaimana para kompetitornya itu melainkan tetap mesin 1.6 liter non turbo. Mesin ini memuntahkan tenaga maksimal hingga 140 ps pada 6300 rpm dengan torsi maksimal 167 Nm pada 4850 rpm.

Harga Hyundai Accent

Harga Hyundai Accent

Harga Hyundai Accent

Mesin ini sendiri bahkan tak bisa dibilang baru, sebab All New Kia Rio tipe Si yang beredar di manca negara sudah mengusung mesin ini semenjak tahun 2011 tanpa memosisikan mobilnya sebagai sport hatchback.
Namun demikian mesin ini memiliki performa yang tak kalah dari rival sekelasnya, sebagai perbandingan dapur pacu All New Ford Fiesta ST menghasilkan tenaga maksimal 125 ps dan torsi 170 Nm.

Sementara itu beberapa fitur standar yang diusung oleh Hyundai Accent tipe SR ini antara lain adalah velg alloy 16 inch, cruise control, Bluetooth, USB, front fog lamps serta keyless entry. Bisa dibilang kelengkapan yang ditawarkan oleh Hyundai Accent sama seperti yang diusung oleh All New Kia Rio Si hanya saja Hyundai masih menambahkan dengan layar sentuh 5 inch serta auto headlight dan auto wipers.

Tambahan fitur yang menarik pada Accent SR ini adalah kemampuan perangkat audionya untuk merekam musik atau lagu dari smartphone atau MP3 Player ke media penyimpanan yang ada pada sistem audionya meski dalam kapasitas terbatas.

Pada generasi terbarunya ini pihak pabrikan juga melakukan setting ulang terhadap suspensi sehingga Hyundai Accent terbaru lebih stabil dan minim gejala body roll jika dibanding versi sebelumnya. Meski demikian performa riding-nya masih kalah jika dibandingkan Ford Fiesta atau bahkan saudara kandungnya Kia Rio.

Hal lain yang patut dipertanyakan adalah meski bobot Hyundai Accent lebih ringan sekitar 102 kg ketimbang All New Kia Rio dan keduanya mengusung mesin yang sama persis namun faktanya Accent tak terasa lebih cepat berakselerasi maupun menggapai top speed ketimbang Kia Rio.

Harga Hyundai Accent

Harga Hyundai Accent

Bisa dibilang bahwa keunggulan utama dari Hyundai Accent hingga saat ini adalah ruang kabin yang sedikit lebih lega ketimbang para kompetitornya. Selain itu rasa-rasanya tak ada alasan melirik hatchback terbaru Hyundai ini. Fakta bahwa Hyundai Accent tipe SR juga tak dibekali dengan body kit yang mendukungnya untuk diposisikan sebagai sport hatchback juga merupakan nilai minus yang rasanya bakal membuat calon pembeli berpikir dua kali sebelum menulis cek untuk menebus harga mobil Hyundai ini dengan angka yang lebih besar ketimbang versi standarnya atau bahkan para kompetitornya.