// //

Toyota Sienna Sang Pesaing All New Odyssey

Kalau Honda punya All New Odyssey yang menjadi andalan di segmen mini van keluarga maka Toyota pun sebenarnya punya mobil andalan di segman yang sama yaitu Toyota Sienna (bukan Toyota Sienta!). Meski di Indonesia mungkin namanya tak setenar Odyssey namun Sienna yang posisinya sempat digantikan oleh Previa sebenarnya merupakan mini van terpopuler dan dianggap sebagai mobil keluarga paling aman di pasar Amerika Serikat.

Jika Toyota Sienta di Indonesia diposisikan mengganjal Honda Freed maka di pasar global Toyota Sienna didaulat mengganjal Honda All New Odyssey.


Untuk generasi terbaru Toyota Sienna pihak pabrikan menghadiahkan desain baru alias facelift yang menjadikannya semakin mempesona. Sama halnya dengan Honda All New Odyssey, Toyota pun merancang mini van keluarga buatannya ini untuk mampu menampung hingga delapan penumpang dewasa. Selain itu volume kabin dan bagasinya pun meningkat jika dibandingkan dengan Toyota Sienna generasi sebelumnya.

Dalam upaya menyokong dimensinya yang bongsor maka Toyota melengkapi Sienna dengan dapur pacu empat silinder V6 yang mampu memuntahkan daya maksimum 270 PS yang memungkinkan mobil ini dipacu dengan nyaman baik di dalam kota maupun di luar kota. Bahkan saat dimuati dengan penumpang pun mobil Toyota terbaru ini masih mampu menaklukan tanjakan dengan relatif mudah.

http://blogmobilbaru.blogspot.com/2014/03/Toyota-Sienna-Indonesia.html

Toyota Sienna Indonesia

Tak heran jika Toyota Sienna menjadi mini van keluarga terpopuler di negara empat musim, sebab selain standar keselamatannya sangat tinggi Sienna juga merupakan satu-satunya MPV yang mengusung sistem penggerak empat roda. Meski di negara tropis sistem penggerak empat roda sering dianggap sebagai pemborosan bagi sebagian besar orang namun di belahan bumi dimana pada musim dingin sebagian besar jalanannya tertutup salju keberadaan sistem penggerak empat roda ini sangatlah vital.

Menurut Consumer Reports bahkan menyebut MPV andalan Toyota worth the purcahe . Pernyataan tersebut dikeluarkan setelah mereka melakukan review dan pengujian terhadap Toyota Sienna terbaru yang meliputi reliabilitas, fitur keselamatan, harga jual dan beberapa parameter lainnya.

Pada tipe terbarunya pihak pabrikan merilis Sienna dalam dua tipe yaitu tipe L yang menggunakan sistem penggerak roda depan dan tipe LE yang menawarkan sistem penggerak empat roda. Kedua tipe tersebut menggunakan mesin yang sama yaitu mesin V6 DOHC dengan kapasitas 3.5 liter yang disalurkan lewat transmisi matic enam kecepatan.

Sama halnya dengan All New Odyssey, jok baris kedua pada Toyota Sienna terbaru juga menawarkan model captain seat yang mampu menawarkan kenyamanan kepada penumpang layaknya sebuah pesawat kelas bisnis. Kesamaan lain antara Odyssey dan Toyota Sienna adalah cara kedua pabrikan tersebut dalam mempromosikan minivan andalannya dengan menyebut kenyamanan yang ditawarkan keduanya setara dengan sedan.

Harga Toyota Sienna Indonesia

Spesifikasi Toyota Sienna Indonesia

Toyota Sienna Indonesia

Toyota Sienna Indonesia

Sayangnya hingga saat ini pihak TAM selaku ATPM Toyota di Indonesia masih belum memasukkan Toyota Sienna ke dalam lini produk yang diimpor dan dijualnya. Padahal jika All New Odyssey mendapat sambutan positif di pasar otmotif Indonesia mestinya di atas kertas Sienna pun memiliki peluang yang sama selama harga jualnya kompetitif.