// //

Inilah Datsun GO

Datsun GO menandai kebangkitan kembali merek Datsun yang pernah populer di era tahun 80-an. Mengawali kebangkitan kembali mereknya Datsun merilis mobil murah tipe hatchback lima pintu yang rencananya Nissan sebagai pemilik merek Datsun akan menyasar beberapa negara seperti Rusia, India dan Indonesia sebagai pasar utama Datsun GO.

Datsun GO adalah mobil pertama Datsun sejak merek ini diakuisisi oleh Nissan, kini perusahaan asal Jepang tersebut akan menggunakan merek Infiniti untuk pasar high-end, Nissan untuk mid-end dan Datsun di kelas low-end. Ketertarikan akan manisnya pasar mobil murah menjadi alasan utama diluncurkannya Datsun GO.




Filosofi Datsun GO

Lewat Datsun GO Nissan tak semata-mata ingin menjual sebuah mobil berharga murah, filosofi di balik mobil murah terbaru keluaran Datsun ini adalah menghadirkan sebuah mobil yang praktis, serbaguna dan menarik kelompok usia muda.

Keinginan Datsun membidik segmen pasar anak muda dianggap tepat mengingat kelompok usia ini cenderung tidak loyal terhadap merek tertentu.

Untuk menarik kelompok usia tersebut maka Datsun GO hadir dengan desain yang segar didominasi oleh sudut-sudut membulat. Meski desainnya terbilang tidak biasa namun secara keseluruhan Datsun cukup sukses menghadirkan nuansa mobil masa kini. Harus diakui bahwa dari sisi eksteriornya Datsun GO sangat jauh dari kesan mobil murah.

Ditilik dari desain eksteriornya mobil murah keluaran Datsun ini bisa disejajarkan dengan Hyundai i20 yang tak kalah atraktifnya.

Di bagian interior lagi-lagi Datsun menyajikan desain unik yang kental dengan nuansa Fun. Datsun GO memang akan dilengkapi dengan power windows namun untuk versi termurahnya kemungkinan fitur tersebut belum menjadi perlengkapan standarnya.

Lingkar kemudinya mengingatkan kami pada lingkar kemudi Nissan Leaf, wajar saja mengingat keduanya berasal dari pabrikan yang sama. Hanya saja logo Nissan di bagian tengah kini telah tergantikan oleh emblem Datsun.



Untuk menarik kelompok usia muda Datsun GO dilengkapi pula dengan pemutar musik, namun bukannya dilengkapi dengan fungsi radio Datsun lebih tertarik melengkapi sistem audio Datsun GO dengan USB untuk mengintegrasikan sistem audio mobil murah ini dengan smartphone.

Detail Datsun GO

Datsun GO mengandalkan mesin kecil berkapasitas 1.2 liter yang menghasilkan tenaga maksimal 68 hp yang disalurkan ke kedua roda depan. Dipadukan dengan transmisi manual lima tingkat percepatan Datsun GO akan memutuhkan waktu 14,8 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam.

Memang hingga kini belum ada konfirmasi resmi mengenai fitur keselamatan yang bakal diusung oleh Datsun GO. Karenanya tidak mudah menilai apakah mobil murah ini cukup aman dijadikan sebagai mobil keluarga.


Namun yang jelas nama besar Nissan dan Renault yang berada di balik Datsun GO setidaknya memberikan sedikit jaminan keselamatan dibanding mobil-mobil murah dengan merek tidak jelas yang berasal dari China misalnya.

Harga Datsun GO belum dikonfirmasi juga oleh pihak pabrikan namun diperkirakan mobil ini akan dijual di kisaran harga $6.400