// //

Komparasi Suzuki Karimun WagonR vs. Datsun GO

Suzuki Karimun WagonR dan Datsun GO tak bisa disangkal adalah dua mobil murah yang memiliki potensi cukup besar di bursa otomotif Indonesia. Meski kedua merek tersebut bukan satu-satunya pilihan dikelasnya namun harga yang relatif murah serta akomodasi yang lebih lega dibandingkan para kompetitor sudah pasti merupakan faktor penting ketika bermain di segmen low-end. Datsun lebih berani menampilkan desain yang fresh, sementara Suzuki masih bermain aman dengan desain boxy-nya. Mana pilihan yang lebih sesuai bagi Anda di antara kedua mobil tersebut? Mari kita tengok satu per satu.

Desain Suzuki Karimun WagonR vs. Datsun GO

Bicara soal desain harus diakui bahwa Datsun GO memberikan alternatif pilihan yang paling menjanjikan di antara mobil-mobil LCGC yang ada saat ini. Honda Brio Satya memang dinilai stylish bagi sebagian orang, namun desainnya yang mengingatkan pada Civic Wonder keluaran tahun 1984-1987 jujur saja bisa dianggap sebagai ketidakseriusan Honda untuk tampil all out di segmen mobil murah.

Suzuki Karimun WagonR vs. Datsun GO

Suzuki Karimun WagonR vs. Datsun GO



Di lain pihak pilihan Suzuki (Maruti) untuk menghadirkan Karimun WagonR dengan banyak kesamaan pada Karimun generasi pertama pada satu sisi bisa dinilai pabrikan ini juga masih enggan berinvestasi terlalu besar pada WagonR meski di sisi lain model boxy ini memberi keuntungan lain yaitu kapasitas kabin yang lebih lega.

Baca juga: Pilih Suzuki Karimun Wagon R GS atau Suzuki Celerio?

Melihat kondisi tersebut maka tak berlebihan rasanya jika Datsun GO layak diunggulkan ketika bicara soal desain. Sebab meski merek ini berada di bawah payung Nissan namun mereka tak asal-asalan mencomot dan memodifikasi salah satu desain mobil Nissan untuk ditampilkan sebagai Datsun GO, namun benar-benar membuat rancangan baru. Memang platform-nya sendiri masih mengandalkan platform Nissan March, tapi tak banyak kesamaan yang bisa ditemukan pada kedua mobil tersebut.

Sedikit hal pada desain Datsun GO yang mengganggu estetika adalah ukuran ban yang terlalu kecil dibandingkan body-nya, namun Datsun memiliki alasan lain terkait kualitas handling.

Datsun juga cukup sukses memangkas bobot Datsun GO, sebagai perbandingan Datsun GO memiliki bobot 788 kg sementara sang rival Suzuki Karimun WagonR berbobot 885 kg.

Sementara itu di bagian interior Suzuki Karimun WagonR menawarkan kepraktisan yang lebih baik, pintu yang bisa terbuka lebih lebar memudahkan akses keluar-masuk mobil. Instrumen pada dashboard sangat sederhana serta mudah untuk dipahami. Posisi dudukan yang tinggi menjadi salah satu kelebihan Karimun WagonR yang tak dimiliki oleh para kompetitornya termasuk Datsun GO.

Desain joknya sendiri tak jauh berbeda dengan mobil lain sekelasnya dalam arti kurang suportif dan kurang nyaman untuk perjalanan jauh.

Suzuki Karimun WagonR vs. Datsun GO

Suzuki Karimun WagonR vs. Datsun GO

Sementara Karimun WagonR menggunakan duo tone colors, Datsun GO terkesan lebih sederhana dengan tampilan warna grey. Tak ada yang istimewa dari dashboard mobil Datsun ini, namun kualitas material dan finishing-nya nyaris tanpa cacat.

Seperti sudah disebut pada review Datsun GO beberapa waktu lalu bahwa kelemahan utama Datsun GO di sektor interior adalah sandaran jok yang kelewat tipis.

Jadi di sektor interior rasa-rasanya cukup adil jika Suzuki Karimun WagonR dikatakan lebih unggul ketimbang Datsun GO.

Performa Mesin Suzuki Karimun WagonR vs. Datsun GO

Kedua mobil sama-sama mengandalkan mesin tiga silinder yang meski terkenal dengan konsumsi BBM yang irit namun pada sisi lain juga terkenal dengan suara berisik serta vibrasi berlebihan.
Di sini Datsun GO diuntungkan oleh karena bobot yang lebih ringan, alhasil Datsun GO terasa lebih rensponsif dan ideal dikemudikan di dalam kota yang padat. Saking responsifnya dapur pacu Datsun maka pengemudi hampit tak pernah perlu menginjak pedal gas dalam-dalam.
Akselerasi 0-100 km/jam ditempuh dalam waktu 14,5 detik adalah catatan waktu yang paling baik diantara para kompetitor di kelas ini.

Suzuki sama seperti yang sudah-sudah masih setia dengan mesin K10, performanya sendiri tidak terlalu buruk namun jika dibandingkan dengan Datsun GO maka terasa sekali perbedaan antara keduanya. Karimun WagonR tak mampu menawarkan akselerasi secepat dan seringan Datsun. Pada putaran tinggi vibrasi dan suara berisik yang dihasilkan mesin K10 ini juga lebih mengganggu dibanding Datsun GO.

Perbandingan konsumsi BBM antara keduanya juga tak terlalu jauh berbeda. Di dalam kota mobil Datsun mencatatkan angka 12,8 km/liter sementara Karimun WagonR dengan 12,4 km/liter. Untuk konsumsi bahan bakar di jalur bebas hambatan Datsun GO mencatat 17,9 km/liter dan WagonR 17 km/liter.

Performa Handling dan Riding Suzuki Karimun WagonR vs. Datsun GO

Bantingan Suzuki Karimun WagonR cukup empuk meski pada permukaan jalan yang kurang rata terkadang juga suspensinya tidak terasa mampu meredam dengan baik sehingga penghuni kabin bisa sedikit terlempar. Desain body yang relatif lebih tinggi juga membuatnya kurang stabil saat keluar masuk tikungan. Gejala limbung juga acap muncul ketika dipacu dengan kecepatan tinggi di jalan tol lebih-lebih jika terdorong angin dari samping.

Sementara itu Datsun GO terbukti mampu menawarkan kualitas handing & riding yang lebih baik bukan hanya dibanding Karimun WagonR namun juga dibanding mobil LCGC lainnya. kualitas handing & riding-nya tidak menampakkan gejala yang umum ditemukan pada mobil dengan dimensi kecil, sebaliknya mengemudi Datsun GO bak mengemudi mobil dengan dimensi besar.

Artinya, tingkat stabilitasnya sangat baik termasuk ketika melewati permukaan jalan yang kurang baik. Sayangnya insulasi kabin Datsun GO tak cukup baik dalam meredam suara berisik yang timbul dari mesin, terpaan angin maupun gesekan ban dengan aspal.

Bagaimanapun pada poin ini lagi-lagi Datsun GO kembali mengungguli Karimun WagonR.

Suzuki Karimun WagonR vs. Datsun GO

Suzuki Karimun WagonR vs. Datsun GO

Penilaian Akhir Suzuki Karimun WagonR vs. Datsun GO

Untuk harga yang murah Datsun GO mampu menawarkan banyak hal mulai dari desain eksterior yang stylish, kabin lega, finishing yang baik, dapur pacu responsif serta kualitas riding dan handling di atas rata-rata mobil sekelasnya.

Namun pada saat yang bersamaan harga yang murah juga membawa konsekuensi seperti busa jok kelewat tipis serta ketiadaan beberapa fitur mendasar.

Sementara itu Suzuki Karimun WagonR menawarkan posisi duduk yang tinggi sehingga pandangan pengemudi maupun penumpang pun menjadi leluasa. Suzuki juga menyertakan beberapa fitur yang jarang diketemukan pada mobil murah di kelas ini. Selain itu jaringan penjualan maupun layanan purna jual Suzuki di Indonesia masih lebih luas ketimbang Nissan yang memayungi Datsun.

Lagi-lagi Karimun WagonR pun juga menyimpan beberapa kekurangan seperti performa handling/riding yang kurang memuaskan, mesin dengan suara berisik dan vibrasi yang berlebihan serta tak bisa dipungkiri bahwa desain eskterior Suzuki Karimun sudah terlalu ketinggalan jaman.

Seperti biasa, pada akhirnya setiap pembeli memiliki selera dan pertimbangan masing-masing. Jadi mana yang lebih baik antara Suzuki Karimun WagonR vs. Datsun GO semua kembali pada preferensi calon konsumen.