// //

Bedah New Suzuki Wagon R (Suzuki Karimun Wagon R)

New Suzuki Wagon R resmi menggantikan posisi Suzuki Karimun Estilo sebagai generasi terbaru Karimun sekaligus sebagai mobil murah alias LCGC andalan Suzuki. Sejatinya mobil murah Suzuki ini tak lain adalah Maruti Suzuki New Wagon R yang di negeri asalnya, India merupakan pesaing utama dari Hyundai i10. Sementara di Indonesia mobil ini diharapkan mampu memperbaiki penjualan Karimun generasi sebelumnya (Estilo) yang jeblok di pasaran sebelum akhirnya dimatikan.

Desain Eksterior dan Interior Suzuki Wagon R

Hal pertama yang tampak mencolok dari desain eksterior Suzuki Wagon R adalah lampu depan alias headlamps yang dirancang dengan ukuran cukup besar serta grill depan berukuran besar hingga ke bumper. Dari desain tersebut tampak sekali bagaimana pihak pabrikan ingin mencoba menarik segmen konsumen yang lebih muda. Dengan kata lain para pengemudi pemula dan kelompok umur usia muda merupakan target pasar utama dari Suzuki Wagon R.

New Suzuki Wagon R


Suzuki Karimun Wagon R

Desain lampu depan yang berukuran besar tentunya bukan sekedar pemanis, lampu ini dirancang untuk mampu memberikan penerangan yang maksimal pada malam hari. Sementara itu velg dan ban berukuran besar yang dipasang pada Suzuki Wagon R rupa-rupanya merupakan upaya para desainer agar mobil terbaru Suzuki itu tampak lebih macho. Tepat di bagian tengah grill sebuah logo khas LCGC berukuran besar terpampang seperti halnya mobil LCGC keluaran pabrikan lain.

Untuk melengkapi penampilan Suzuki Karimun terbaru ini pemberian warna spion serta bumper senada dengan warna mobil yang berpadu apik bersama desain bumper dan side skirts menjadikan mobil ini memancarkan kesan mewah dan kokoh secara bersamaan.

Secara keseluruhan desain mengkotak pada Karimun Wagon R ini kembali mengingatkan pada Suzuki Karimun generasi pertama yang kala itu memang cukup sukses memikat kawula muda.

Sementara itu di bagian dalam kombinasi kelir beige dan hitam menunjukkan ciri khas mobil buatan India. Keunggulan sesungguhnya dari interior Suzuki Wagon R adalah kabinnya yang sangat lega. Memang desain kotak dari mobil ini bukan selera bagi kebanyakan orang namun justru berkat desain itulah Suzuki Wagon R mampu menghadirkan kabin lebih lega dibanding para kompetitornya.

Suzuki Karimun Wagon R

Suzuki Karimun Wagon R

Dapur Pacu Suzuki Wagon R

Di sektor dapur pacu Suzuki Wagon R mengusung mesin yang sama dengan Maruti Wagon R versi sebelumnya. Namun mesin tiga silinder berkode K10B dengan kapasitas 998 cc ini menurut pihak pabrikan juga mengkonsumsi BBM lebih irit ketimbang mesin sama yang digunakan para Suzuki Wagon R lawas. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 68 PS pada putaran mesin 6200 rpm dan torsi maksimal 90 Nm pada 3500 rpm.

Pada putaran bawah dapur pacu Suzuki Karimun Wagon R terasa kurang mantap sehingga mobil ini sedikit strugling saat dikemudikan di dalam kota. Rasio gigi 1 dan 2 dibuat rapat sehingga pengemudi harus sering-sering menginjak pedal kopling dan memainkan tuas transmisi di tengah kemacetan. Namun saat memasuki putaran menengah mobil ini baru terasa nyaman dikemudikan, gigi 3 dan 4 di jalanan yang tidak padat adalah puncak keasyikan dari mengemudikan Suzuki Wagon R. Sementara itu gigi 5-nya mampu membawa mobil murah Suzuki ini melaju hingga kecepatan 100 km/jam dengan mulus meski setelah itu cukup sulit meningkatkan kecepatan Suzuki Wagon R.


Kondisi yang sedikit mengganggu adalah suara mesin yang berisik ketika berada di area putaran mesin 4500 rpm ke atas. Selain itu pada putaran mesin 4500 rpm ke atas tersebut getaran mesin juga sangat terasa di dalam kabin.

Soal kenyamanan, kinerja suspensi Suzuki Wagon R terasa lebih baik jika dibandingkan Karimun generasi pertama maupun Karimun Estilo. Bahkan untuk kondisi di dalam kota suspensi Suzuki Wagon R masih sedikit lebih nyaman ketimbang Suzuki Swift. Lingkar kemudinya juga terasa ringan sehingga cukup ideal diajak bermanuver di tengah kemacetan maupun saat parkir di area yang terbatas. Namun sayangnya gejala limbung alias body roll yang menjadi salah satu kelemahan Karimun generasi pertama maupun Karimun Estilo masih menjadi kutukan yang diturunkan pada Suzuki Wagon R.

Secara keseluruhan Suzuki tampak melakukan banyak penyempurnaan pada Suzuki Karimun Wagon R jika dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya. Namun berhubung saat ini ada cukup banyak pilihan di kelas mobil murah maka rasa-rasanya Suzuki Wagon R takkan melenggang dengan gampang di pasar mobil murah.