// //

Kupas Tuntas Hyundai i10 Terbaru

Hyundai i10 adalah salah satu mobil terbaru Hyundai yang bakal menjadi andalan di pasar Eropa, India dan Indonesia. Oleh karena beberapa waktu lalu pabrikan asal Korea Selatan itu resmi mematikan nama Hyundai i10 di Indonesia maka muncul rumor bahwa Hyundai i10 terbaru bakal menggunakan nama i15 untuk pasar Indonesia dan beberapa negara di Amerika Selatan. Seperti apakah Hyundai i15 atau Hyundai i10 terbaru itu? Berikut ulasan lengkapnya.

Hyundai i10 terbaru sangat berbeda dari generasi sebelumnya, Hyundai sendiri memosisikan mobil hatchback terbarunya ini sebagai premium hatchback yang menjembatani Hyundai i10 versi lama dengan Hyundai i20 terbaru.

Desain Premium Hyundai i10 Terbaru

Sekilas desain eksterior Hyundai i10 terbaru hampir mirip dengan Ford Fiesta lama, meninggalkan kesan imut dan culun yang diusung oleh pendahulunya. Mengingat posisinya yang menjembatani Hyundai i10 lama dengan Hyundai i20 terbaru maka sangat wajar jika di beberapa negara termasuk Indonesia muncul spekulasi bahwa mobil ini akan mengusung nama Hyundai i15. Bukan itu saja alasannya, namun selain nama tidak ada lagi persamaan antara Hyundai i10 terbaru dengan generasi pendahulunya. Bisa dibilang Hyundai i10 terbaru adalah mobil yang benar-benar 100% baru, dibangun dari awal tanpa menggunakan basis dari pendahulunya.

Dari dimensi eksteriornya saja sudah terlihat bahwa Hyundai i10 terbaru lebih lebar dan memberikan lebih banyak ruang ketimbang versi pendahulunya. Jika di bagian depan ada sedikit kemiripan dengan Fiesta lama terutama pada headlight maka di bagian belakang Anda akan temukan desain yang mirip dengan kembarannya, the All-new Kia Rio.

Kesan mobil murah pada Hyundai i10 lama sudah hilang sepenuhnya dari i10 terbaru, bahkan jika pendulunya dianggap sekelas dengan Honda Brio dan Toyota Etios Valco maka Hyundai i10 terbaru ini nampak lebih berkelas ketimbang kedua mantan rivalnya itu meski masih belum bisa dibilang sekelas dengan hatchback di atasnya seperti Toyota Yaris, Suzuki Swift, Mazda 2, Ford Fiesta dan Honda Jazz.

Pada bagian kabin dan dashboard juga tak kalah menarik, meski masih belum bisa dibandingkan dengan interior mobil Hyundai yang lebih mahal seperti Hyundai Sonata misalnya namun interior Hyundai i10 terbaru memancarkan aura yang lebih berkelas ketimbang pendahulunya.

Hyundai i10 Terbaru

Hyundai i10 Terbaru

Hyundai i10 Terbaru

Dashboard dengan kelir two tone merupakan ciri khas mobil yang beredar di Eropa, wajar mengingat mobil baru Hyundai ini cukup populer di Eropa. Desain lingkar kemudinya tak tampak istimewa namun sangat nyaman ketika digenggam. Perpaduan material kulit imitasi dengan plastik menjadikan kabin Hyundai i10 lebih berkelas dibanding Honda Brio, Toyota Etios Valco maupun mobil-mobil murah lainnya.
Kabinnya sendiri meski tak seluas Hyundai i20 namun jelas lebih lega ketimbang i10 lama.

Bisa dibilang kabin Hyundai i10 terbaru merupakan benchmark bagi city car di kelasnya, kualitas material yang bukan sekedar plastik, finishing yang baik namun harga jual bisa tetap ditekan.

Performa Hyundai i10 Terbaru

Hyundai i10 hadir dalam dua varian mesin yaitu mesin bensin dan Diesel. Mesin 1.2 liter KAPPA berbahan bakar bensinnya merupakan mesin yang sama digunakan oleh Hyundai i20 beberapa tahun lalu dan Hyundai i10 generasi sebelumnya. Penggunaan mesin lama ini bukan merupakan kelemahan Hyundai i10 mengingat ketangguhan dan efisiensi mesin ini sudah cukup teruji.


Yang lebih menarik justru adalah Hyundai i10 Diesel dengan mesin berkapasitas 1.1 liter yang sudah pernah kami ulas sebelumnya. Mesin ini cukup populer di Eropa namun nampaknya kecil kemungkinan bakal hadir di Indonesia, alasannya sebuah hatcback dengan mesin Diesel masih dianggap asing oleh konsumen Indonesia selain itu kualitas solar di dalam negeri juga masih meragukan.

Untuk Hyundai i10 bensin meski menggunakan mesin lama namun mesin ini bekerja sama dengan baik dengan transmisinya sehingga performa secara keseluruhan sangat mengesankan.




Perubahan paling signifikan yang layak disoroti adalah setting suspensi Hyundai i10 yang menjadikan mobil ini stabil serta nyaman dikendarai pada berbagai kecepatan dan kondisi jalanan. Suspensinya sendiri disetting lembut, namun tidak terjadi gejala limbung ketika menikung tajam sekalipun. Dan berkat suspensi lembut ini Hyundai i10 tetap nyaman dikendarai pada jalanan rusak dengan kecepatan tinggi.
Dalam hal ini tak ada satu rivalpun yang sanggup menyamai lebih-lebih mengungguli kenyamanan suspensi Hyundai i10.

Hyundai membekali city car terbarunya dengan rem yang handal, remnya sanggup menghentikan Hyundai i10 yang melaju dalam kecepatan 80 km/jam kurang dari 300 meter.

Bicara soal kenyamanan, berbagai fitur standar pada Hyundai i10 turut berkontribusi terhadap kenyamanan pengemudi maupun pengendara. Sebut saja AC, keyless entry, stop/start button, kontrol audio pada lingkar kemudi, Bluetooth, glove box berpendingin serta MP3 Player dengan memori internal sebesar 1 GB.

Penilaian Kami untuk Hyundai i10 Terbaru

Tak pelak kekaguman kami terhadap performa dan desain Hyundai i10 terbaru membuat kami tanpa ragu merekomendasikan mobil ini bagi Anda. Hyundai memang belum mengumumkan harga resmi di Indonesia namun perkiraan kami akan lebih mahal dibanding Honda Brio maupun Toyota Etios Valco.

Walau demikian performa, desain serta kenyamanan yang ditawarkan oleh Hyundai i10 yang mungkin nantinya akan lebih kita kenal sebagai Hyundai i15 di Indonesia menjadikannya layak ditebus dengan harga lebih mahal dibanding para kompetitornya itu.