// //

Test Drive All-new Hyundai i10

Meski masih belum jelas kapan resminya All-new Hyundai i10 bakal masuk di pasar Indonesia namun mobil murah buatan Hyundai ini sudah pasti bakal berseliweran di beberapa negara Eropa.

Salah satu varian All-new Hyundai i10 mengandalkan mesin Diesel sebagaimana halnya dengan sang kakak Hyundai i20. Bahkan mesin Diesel yang digunakan oleh All-new Hyundai i10 adalah mesin yang sama persis dengan mesin Diesel i20. Mesin ini sendiri memiliki daya maksimum 74 bhp dan torsi maksimal 180 Nm.

All-new Hyundai i10 Indonesia


Mesin Diesel memang cenderung disukai ketimbang mesin bensin di negara-negara Eropa dan Australia, alasannya tidak lain adalah harga solar yang relatif lebih murah ketimbang bensin dan karakter mesin Diesel yang lebih bertenaga dibanding mesin berbahan bakar bensin.

Karena mengandalkan mesin Diesel maka karakter berisik dari mesin tersebut juga bisa dirasakan di mobil All-new Hyundai i10. Meskipun desainer Hyundai tentu sudah bekerja keras melakukan penyesuaian untuk meredam kebisingan tersebut namun tentu tidak bisa hilang sepenuhnya.

Torsi maksimal mesin Diesel All-new Hyundai i10 yang berkapasitas 1.1 liter tersebut didapat pada kisaran putaran mesin 1500-3500 rpm. Karenanya mobil ini sangat ideal untuk dikemudikan di tengah lalu lintas yang padat.

Dan sama halnya dengan mobil mungil lainnya, saat dipacu hingga jarum speedometer menyentuh angka 140 km/jam mobil ini tak terasa terlalu nyaman meski suspensinya bekerja dengan baik. Jelas bahwa perjalananluar kota lebih-lebih lewat jalan tol sama sekali bukan rute ideal untuk All-new Hyundai i10.

Kemudi All-new Hyundai i10 tidak memberikan feedback yang mantap meski cukup presisi. Sedangkan kinerja rem ABS nya sangat meyakinkan, lebih dari apa yang kami harapkan dari sebuah mobil murah.