// //

Mazda CX-3 Rival Berat Ford EcoSport

Setelah lama beredar kabar bahwa Mazda bakal merilis baby crossover dengan platform Mazda CX-5 akhirnya sebuah surat kabar Jepang memastikan Mazda bakal meluncurkan mobil baru pesaing Ford EcoSport tersebut tahun ini.

Menurut surat kabar Nikkei tersebut sang baby crossover Mazda CX-3 tersebut menggunakan platform yang sama dengan All New Mazda2 yang juga bakal diperkenalkan secara resmi di hadapan publik pada gelaran Geneva Motor Show pada bulan Maret mendatang. Mazda menjadi pabrikan yang paling akhir memperkenalkan mobil baby crossover yang sedang menjadi trend di emerging market semenjak awal tahun ini. Sebelumnya Ford EcoSport, Nissan Juke, Peugeot 2008, Chevrolet Adra dan VW Taigun sudah lebih dulu tampil meski Chevrolet dan VW masih berupa konsep.

Sementara itu sumber resmi dari pabrikan Mazda sendiri mengkonfirmasi bawa pihaknya saat ini memang tengah menggarap sebuah mobil baby SUV atau subkompak SUV yang lebih kecil ketimbang CX-5 yang utamanya ditujukan untuk pasar di negara-negara Eropa namun tak menutup kemungkinan bakal diadaptasikan untuk emerging market baik di Eropa Timur, Amerika Selatan dan India. Meski Indonesia tak disebut namun sebagai salah satu negara emerging market setidaknya kita bisa sedikit berharap kehadiran baby SUV dari Mazda ini.

Mazda CX-3

Soal namanya sendiri pihak Mazda masih belum memastikan, menurutnya bisa jadi mobil baru tersebut akan muncul dengan nama Mazda CX-2, CX-3 atau pun CX-4.

Namun secara kontradiktif dari pernyataan salah seorang petinggi Mazda tersebut, surat kabar Nikkei yang pertama kali memberitakan kepastian bakal hadirnya Mazda CX-3 menyebut bahwa mobil tersebut hanya akan beredar di Jepang saja.

Sementara itu dikabarkan pula bahwa All New Mazda CX-9 juga akan segera dirilis paling cepat tahun 2015 nanti. Konon SUV bongsor keluaran Mazda itu bakal mengusung dapur pacu dan transmisi berteknologi SkyActiv yang bakal menggantikan dapur pacu Mazda CX-9 yang beredar saat ini dan terkenal boros BBM.