// //

Komparasi Nissan Juke vs. Ford EcoSport vs. Renault Duster

Nissan Juke vs. Ford Ecosport vs. Renault Duster mulai tahun ini akan meramaikan segmen mobil crossover di Indonesia. Jika sebelumnya para konsumen SUV dengan dana terbatas hanya dihadapkan pada pilihan terbatas seperti Toyota Rush dan Daihatsu Terios maka mulai tahun ini semakin banyak alternatif yang bisa dipertimbangkan di kelas SUV murah ini. Setidaknya selain Nissan Juke dua pabrikan lain yaitu Ford dan Renault sudah memastikan kehadirannya di Indonesia lewat Ford EcoSport dan Renault Duster.

Komparasi Desain Nissan Juke vs. Ford EcoSport vs. Renault Duster

Terlepas dari kontroversi mengenai Nissan Juke faktanya pabrikan otomotif Negeri Sakura ini mampu menghadirkan sebuah alternatif baru bagi konsumen crossover dengan dana terbatas. Di pihak lain Ford EcoSport yang hadir belakangan menawarkan desain yang lebih mudah diterima secara luas oleh pasar meski jika diamati secara mendetil lebar dan tinggi EcoSport tidak juga terlalu proporsional. Namun jika dibandingkan dengan Nissan Juke, crossover buatan Ford ini memiliki desain pilar yang lebih baik sehingga pandangan pengemudi tidak terhalang.




Fakta bahwa Ford EcoSport dibangun dengan platform Ford Fiesta bagaimanapun merupakan keunggulan tersendiri yang menjadikan mobil SUV ini memiliki performa handling lebih baik ketimbang rata-rata SUV lainnya.

Sementara itu Renault Duster yang juga baru tahun ini memastikan kehadirannya di Indonesia lebih menawarkan desain yang konvensional jika dibandingkan dengan Nissan Juke maupun Ford EcoSport. Lewat desain yang mengkotak dan berkesan kokoh seolah Duster ingin mengembalikan SUV ke kiprahnya sebagai mobil multi fungsi di segala medan. Namun di pihak lain grill warna krom yang ada pada Duster menyebabkan mobil ini mudah terlihat kotor manakala diajak ke medan berat.

Di bagian kabin Renault Duster mengusung fitur yang cukup komplet untuk mobil sekelas ini, Satnav yang dioperasikan dengan layar sentuh berikut berbagai aplikasi layaknya sebuah smartphone turut menjadi fitur standar SUV Renault ini. Namun di lain pihak beberapa fitur pemberi kenyamanan seperti electric mirrors, auto door lock, auto on-headlamps belum menjadi kelengkapan standar Duster.

Ford EcoSport yang dirancang oleh desainer yang sama dengan desainer Ford Falcon menawarkan kondisi kabin yang terasa lebih mewah dibanding Duster. Lapisan kulit pada jok, rain-sensitive wipers, voice control, cruise control, one-touch electric window switch, auto-on lights merupakan fitur standar yang diusung oleh EcoSport meski hingga kini masih belum jelas apakah fitur tersebut masih akan dipertahankan untuk unit yang beredar di Indonesia.

Nissan Juke sebagai pemain lama menawarkan fitur yang bisa dibilang setara dengan dua kompetitor lainnya minus rear parking sensor, sat-nav, auto headlamps, voice control dan jok kulit. Keunggulan kabin Nissan Juke adalah desainnya yang jauh lebih stylish dan menarik dibanding dua rival barunya itu.




Performa Handling Nissan Juke vs. Ford EcoSport vs. Renault Duster

Renault Duster memiliki suspensi yang lebih baik ketimbang dua kompetitor utamanya, lebih-lebih di kondisi jalanan yang kurang baik Duster menunjukkan diri sebagai satu-satunya yang memiliki DNA SUV di antara ketiga mobil crossover ini. Namun bukan berarti Duster tak memiliki kelemahan, setir yang tidak terasa responsif dibandingkan Juke maupun EcoSport merupakan kelemahan utama dari Renault Duster.

Sementara Ford EcoSport yang dibangun dengan platform Ford Fiesta menawarkan handling paling baik ketika diajak berkendara di dalam kota, namun untuk faktor fun to drive hingga kini masih belum ada yang mampu menyamai Nissan Juke.

Menemukan jawab untuk hasil komparasi Nissan Juke vs. Ford EcoSport vs. Renault Duster bukan perkara gampang sebab masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda-beda.
Renault Duster muncul sebagai pemenang dalam hal performa riding serta daya angkut yang paling besar dibanding dua kompetitor lain. Namun di saat yang bersamaan Duster tak menawarkan kenyamanan sebagaimana Nissan Juke maupun Ford EcoSport.

Ford EcoSport memiliki desain eksterior paling bongsor diantara ketiga mobil tersebut, handling-nya pun lebih ringan dan mudah dikemudikan dibanding rival-rivalnya. Namun opsi mesin yang disediakan oleh Ford adalah yang paling minim dibandingkan Nissan maupun Renault, setidaknya di luar Indonesia.

Jika Anda ingin tampil beda dengan gaya yang lebih dinamis meski mengorbankan beberapa hal seperti daya angkut yang terbatas serta pandangan yang tidak maksimal maka Nissan Juke bisa menjadi alternatif utama. Namun kami sendiri bersepakat bahwa jika Anda jarang mengajak kendaraan berkotor-kotor melintasi medan berat maka Ford EcoSport adalah mobil terbaik di kelasnya.