// //

Jajal Nissan Juke Buatan Negeri Ratu Elizabeth

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010 lalu popularitas Nissan Juke terus meningkat sekalipun banyak yang sinis terhadap desainnya yang tidak biasa. Selama tahun 2012 saja tercatat 230.000 unit Nissan Juke terjual di seluruh dunia.

Berbeda dengan Nissan Juke buatan Thailand yang selama ini beredar di Indonesia, kali ini kami akan menyajikan Nissan Juke yang diproduksi oleh fasilitas Nissan di Sunderland-Inggris. Opsi mesin yang diusung oleh Nissan Juke buatan negeri Ratu Elizabeth ini adalah mesin bensin 1.6 liter dan mesin turbodiesel 1.5 liter. Yang akan kami sajikan kali ini adalah versi mesin 1.6 liter berbahan bakar bensin.

Mesin Nissan Juke sejatinya adalah mesin dari Nissan Pulsar yang beredar di Australia dan beberapa negara lain. Nissan Juke tersedia dalam versi berpenggerak roda depan dan versi berpenggerak empat roda.



Jelas dilihat dari desainnya saja Nissan Juke bukan sebuah crossover yang ditujukan untuk mereka yang menyukai desain konvensional. Karena regulasi keselamatan serta alasan aerodinamika maka desain body Nissan Juke buatan Sunderland ini sedikit berbeda jika dibanding mobil sejenis yang dibuat di Thailand.

Meski masuk dalam kategori small SUV atau crossover namun ketika duduk di balik kemudi mobil buatan Nissan ini sama sekali tak terasa sedang mengemudikan SUV, sebab posisi duduknya hanya sedikit lebih tinggi dari mobil hatchback.

Sayang, meski dari desain eksterior Nissan menampilkan desain yang tidak umum dan terkesan ekstrem namun ketika masuk ke dalam kabin kesan tersebut hilang sama sekali. Desain kabin Nissan Juke tak berbeda dari mobil-mobil lain.

Mesin 1.6 liter pada Nissan Juke dengan sistem penggerak empat roda mampu membawa mobil ini melesat dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam waktu 8 detik, cukup mengagumkan meski sejujurnya kami berharap lebih.

Kabin Nissan Juke juga tidak terlalu lega, jok bagian belakang cukup memberi kenyamanan ketika diisi dua penumpang dewasa namun sudah pasti terlalu memaksa jika diisi tiga penumpang. Bagasinya memiliki kapasitas 251 liter dan bila jok belakang dilipat maka bisa meningkat hingga 550 liter.