// //

Volkswagen Taigun Makin Mendekati Versi Produksi

Tanda-tanda melesatnya popularitas mini crossover semakin kentara setelah Ford memutuskan menjadikan Ford EcoSport yang semula hanya dijual di negara-negara tertentu menjadi produk global, General Motors memamerkan versi konsep dari Chevrolet Adra dan kini Volkswagen merilis desain konsep kedua VW Taigun. Sama halnya dengan GM, pabrikan asal Jerman Volkswagen juga memanfaatkan gelaran 2014 Delhi Auto Show untuk memamerkan hasil revisi terhadap mobil konsepnya ini.

Volkswagen Taigun sebenarnya sudah muncul lebih dahulu ketimbang Adra. Mobil ini pertama kali diperkenalkan oleh pihak Volkswagen pada gelaran Sao Paolo Motor Show pada tahun 2012. Namun rupa-rupanya perusahaan otomotif asal Jerman itu masih membutuhkan waktu lebih panjang untuk merevisi versi asli dari desain konsep Volkswagen Taigun ini.

Jika dibandingkan versi awalnya maka perubahan paling kentara pada desain Volkswagen Taigun versi kedua ini lebih ditekankan pada bagian belakang. Di antaranya adalah peletakan ban cadangan di bagian belakang seperti Ford EcoSport serta desain tailgate yang menyerupai Honda CR-V keluaran 1997. Selain itu jika pada desain awal mobil ini dipamerkan dengan warna biru maka pada versi terbaru ini mobil Volkswagen Taigun muncul dalam kelir orange hue. Meski demikian secara keseluruhan desainnya masih memiliki banyak kesamaan dengan VW Tiguan hingga banyak yang menyebutnya sebagai “baby Tiguan”.

Harga Volkswagen Taigun

Volkswagen Taigun Indonesia

Meski peletakan ban serep di bagian belakang dianggap sebagai kemunduran mengingat mobil-mobil terkini sudah meninggalkan desain tersebut namun pihak VW sendiri mengklaim bahwa posisi tersebut adalah posisi paling ideal. Menurut juru bicara Volkswagen peletakan ban serep pada bagian buritan tersebut lebih memudahkan pengemudi ketika harus melakukan pergantian ban ketimbang diletakkan di bagian bawah.

Kini dengan tambahan ban serep di bagian belakang panjang Volkswagen Taigun menjadi 3995 mm, sedangkan lebar dan tingginya masing-masing adalah 1728 mm dan 1570 mm (tanpa roof tail). Sementara panjang wheelbase nya 2470 mm, dengan demikian maka sejauh ini Volkswagen Taigun memiliki dimensi yang lebih kompak jika dibandingkan dengan Ford EcoSport yang sudah lebih dahulu meluncur di pasaran.

Walau demikian para desainer Volkswagen terbukti cukup mampu menghadirkan kabin yang lega terlepas dari dimensi yang terbatas. Dengan daya muat maksimal empat penumpang dan bagasi bervolume 280 liter maka kabin mini crossover buatan Jerman ini setara dengan mobil hatchback subkompak B.

Sama seperti mobil lain dikelasnya Volkswagen Taigun bakal dibekali dengan dapur pacu berkapasitas 1.0 liter yang menurut klaim pihak pabrikan bakal mampu menghasilkan daya maksimum 110 PS dan torsi maksimum 175 Nm. Konsumsi BBM Volkswagen Taigun disebut 4,7 liter/100 km menurut klaim Volkswagen. Dengan bobot kendaraan 998 kg mobil crossover ini sanggup melesat hingga kecepatan 186 km/jam dengan akselerasi 0-100 km/jam yang diraih dalam waktu 9,2 detik pada sebuah pengujian di Jerman. Tenaga mesin tersebut disalurkan oleh transmisi manual enam percepatan ke roda depan.

Spesifikasi Volkswagen Taigun

Meski wujud konsep versi kedua ini makin mendekati versi produksi namun kapan pastinya Volkswagen Taigun bakal dirilis masih belum dipastikan. Beberapa sumber memperkirakan bahwa mobil ini baru akan memasuki proses produksi paling cepat di tahun 2015. Sama seperti Ford EcoSport dan Chevrolet Adra, Volkswagen Taigun ditujukan untuk emerging market, maka tentu kita bisa cukup berhadap akan kehadirannya di Indonesia.