// //

Suzuki Bakal Rilis Sedan Murah

Persaingan di segmen sedan murah alias sedan subkompak kelas B diprediksi bakal makin seru setelah Suzuki tertangkap sedang menguji coba mobil terbaru mereka yang dari dimensinya diperkirakan bakal bermain di segmen yang dikuasai oleh Honda City dan Toyota Vios ini. Berita bahwa Suzuki bakal merilis mobil sedan baru sendiri bukan benar-benar berita baru, namun kepastian segmen yang bakal dibidik oleh mobil baru Suzuki tersebut sebelumnya masih menjadi misteri. Misteri tersebut akhirnya mulai tersibak setelah mobil tersebut tertangkap kamera.

Meski Suzuki sendiri hingga saat tulisan ini dibuat masih bungkam seputar kabar sedan murah tersebut namun beredarnya foto-foto mobil tersebut di internet membuat banyak pengamat yakin bahwa sedan subkompak kelas B ini dibangun dengan platform yang sama dengan Suzuki “YL1”, salah satu sedan lain yang juga bakal dirilis Suzuki untuk segmen yang lebih tinggi.

Berhubung bermain di segmen sedan murah maka sangat wajar jika ditilik dari foto-fotonya kabin mobil ini kualitasnya tak tampak sebaik “YL1”. Bahkan jika dilihat dari beberapa foto interior tampaknya kualitas kabin mobil murah Suzuki ini tak banyak berbeda dengan Suzuki Swift atau Suzuki Ertiga. Warna kabinnya sendiri merupakan kombinasi warna hitam dan beige atau yang sering disebut pula sebagai “two tone”.

Sedan Murah Suzuki

Sedan Murah Suzuki

Spesifikasi mobil terbaru Suzuki ini masih simpang siur. Sebuah situs otomotif berbasis di China melaporkan bahwa sedan murah ini bakal mengusung mesin berkapasitas 1.6 liter dengan tenaga maksimal 106 ps. Sementara situs otomotif lainnya yang berbasis di India menyebut bahwa dapur pacunya bakal diisi dengan mesin 1.4 liter. Namun bisa jadi juga memang spesifikasi di tiap negara tidak sama persis.

Sedan Murah Suzuki


Apapun itu informasi lebih detil mengenai mobil murah terbaru keluaran Suzuki ini bakal makin jelas pada bulan April 2014 nanti saat Suzuki berencana memperkenalkan mobil ini di hadapan publik untuk pertama kalinya dalam gelaran Beijing Motor Show.

Jika di Asia Tenggara dan India sedan murah Suzuki ini bakal mendapat perlawanan sengit dari Toyota Vios dan Honda City di samping Mazda2 Sedan maka di negara lain tampaknya Ford Fiesta sedan, Nissan Sunny dan Hyundai Verna adalah nama-nama yang bakal menghadang mobil terbaru Suzuki ini. Pangsa pasar utama sedan murah Suzuki ini sendiri adalah negara-negara di kawasan Asia.

Sumber gambar: auto.ifeng.com