// //

Daihatsu New Sirion Facelift 2015: Andalan Daihatsu Kuasai Segmen Hatchback A

Setelah sekian lama dinanti PT. ADM akhirnya memperkenalkan Daihatsu New Sirion Facelift 2015 yang basisnya diambil langsung dari Perodua Myvi 1.5 Advance. Perodua Myvi sendiri selama ini sudah menjadi salah satu mobil terlaris di Malaysia, sementara Daihatsu Sirion yang sudah lama tidak di upgrade pamornya semakin turun setelah para kompetitor menurunkan produknya di segmen hatchback kelas A yang bertahun-tahun lalu relatif sepi kompetisi.

Lewat Daihatsu New Sirion Facelift 2015 tentu pihak ATPM berharap kembali menguasai pasar yang kini justru melekat pada Mitsubishi Mirage dan Honda Brio atau bahkan duo Korea Hyundai Grand i10 dan Kia Picanto yang notabene adalah pemain yang muncul belakangan dibanding Sirion. Tidak mau setengah-setengah maka Perodua Myvi 1.5 Advance pun dihadirkan dengan berganti logo dan meninggalkan tampang unyu-unyu milik Daihatsu Sirion generasi sebelumnya.

Harga Daihatsu New Sirion Facelift 2015

Ambisi PT ADM menguasai pangsa pasar kompak hatchback kelas A semakin kental jika melihat bahwa mereka memutuskan mengambil Myvi 1.5 Advance yang notabene adalah tipe tertinggi dari Perodua Myvi, dan bukannya tiga tipe lain di bawahnya yang bisa dibanderol lebih miring. Jelas sudah bahwa mengiming-imingi harga murah bukan strategi PT ADM kali ini. Meski demikian perusahaan yang produk Xenia-nya mulai digempur habis oleh para kompetitor di segmen LMPV tersebut secara cerdik memainkan faktor psikologis konsumen dengan tidak pula menaikkan harga Daihatsu Sirion Facelift 2015 dibanding versi lawasnya.

Tampilan eksterior Daihatsu Sirion terbaru yang berkesan sporti sekaligus garang berkat desain drill dan bumper yang agresif ini seketika mampu memikat segmen konsumen yang dibidiknya yaitu kelompok usia muda dan keluarga muda. Minimnya warna krom di bagian eksterior juga membuat tampilannya secara keseluruhan tampak lebih berkelas dibanding kebanyakan mobil murah dewasa ini yang dilabur kelir krom di sana-sini seolah hendak dijadikan kendaraan pawai.

Projector headlight pada bagian depan memang belum mengadopsi HID, meski demikian lampu senja yang diposisikan di bawah lampu utama mampu mendongkrak penampilannya. Tak hanya tampilan yang menjadikan Daihatsu Sirion Facelift 2015 layak dijagokan sebagai jawara baru di segmen hatchback kelas A, sebab kali ini PT Daihatsu Astra Motor tak menyunat sensor parkir di bagian depan yang mejadikan Sirion terbaru ini menjadi mobil pertama dan satu-satunya di kelasnya yang dilengkapi dengan fitur ini.

Fitur Daihatsu New Sirion Facelift 2015

Penting tidaknya sensor parkir bagian depan untuk mobil semungil ini takkan pernah berakhir jika diperdebatkan, pastinya selain keberadaan fitur tersebut mampu mengangkat citra Daihatsu Sirion di antara para rival juga sebagian konsumen pasti tetap menghargai keberadaannya. Lebih-lebih dengan mengingat bahwa sejauh ini PT ADM sudah memenangkan psikologis konsumen lewat harga yang tak beda dengan versi sebelumnya. Meski kemungkinan besar strategi penetapan harga tersebut tidak bakal bertahan lama.

Di luar perubahan yang disebut di atas memang tak ada sentuhan gubahan lain di sektor eksterior yang bisa ditemukan pada Daihatsu Sirion Facelift 2015 ini selain beberapa sentuhan minor untuk memperkuat kesan sporti dan menghilangkan kesan murahan pada generasi pendahulunya. Meski demikian lagi-lagi PT. ADM tampak begitu murah hati dengan menempatkan beberapa aksesoris seperti mika bening untuk lampu belakang, rear spoiler dan side visor sebagai aksesoris bawaan.

Masuk ke interior Daihatsu Sirion Facelift 2015 hal pertama yang bakal langsung disadari adalah lengsernya lingkar kemudi Daihatsu Xenia yang kini posisinya tergantikan oleh lingkar kemudi dengan desain baru komplet dengan lapisan kulit dan switch control.

Daihatsu New Sirion Facelift 2015

Sayangnya ada penyunatan fitur di bagian dalam dimana layar sentuh yang sejatinya menjadi bagian dari Perdua Myvi 1.5 Advance digantikan oleh integrated head unit biasa. Namun setidaknya jika dibandingkan HU Sirion lawas sudah ada sedikit peningkatan berkat penggunaan lapisan warna hitam glossy.

Meter cluster juga adalah sisi lain yang patut disayangkan sebab alih-alih menggunakan optitron seperti pada Daihatsu Sirion generasi sebelumnya, justru kali ini digantikan oleh panel instrumen yang berkesan murahan.

Interior Daihatsu New Sirion Facelift 2015

Interior Daihatsu New Sirion Facelift 2015

Di sektor dapur pacu juga tak ada ubahan jika dibanding pendahulunya, bukannya dapur pacu 3SZ-VE berkapasitas 1.5 liter milik Myvi 1.5 yang diusung melainkan K3-VE berkapasitas 1.3 liter dipertahankan oleh ATPM. Beruntung bobot Daihatsu Sirion yang hanya 950 kg masih terbilang ringan untuk dapur pacu dengan daya maksimum 90 PS dan torsi maksimum 11.9 kg.m ini. Karakter mesinnya sendiri khas sebuah city car yang galak di putaran bawah, dibarengi dengan dimensi ramping, EPS ringan, serta radius putar 4.7 m. memang rasa-rasanya Daihatsu Sirion pas dijadikan tunggangan harian bagi konsumen yang sehari-harinya banyak melahap rute di dalam kota.

Meski sekedar facelift namun Daihatsu Sirion 2015 sama sekali berbeda dengan facelift-facelift yang banyak dilakukan ATPM belakangan ini. Anda boleh mempertanyakan facelift pada produk Daihatsu lainnya, namun Daihatsu Sirion terbaru jelas bukan facelift asal-asalan. Ubahan di sektor eksterior, interior serta kualitas dibanding generasi sebelumnya kental terasa. Dan meski hanya untuk kurun waktu terbatas namun iming-iming harga Daihatsu New Sirion Facelift 2015 M/T yang hanya Rp 155,3 juta dan New Sirion matik Rp 177 juta rasa-rasanya terlalu sayang untuk dilewatkan.