Beli Mobil Baru atau Aksesoris Mobil?KLIK DI SINI
Hari Ini

Komparasi Mitsubishi Mirage vs. Nissan March

Komparasi Mitsubishi Mirage vs. Nissan March. Mitsubishi Mirage maupun Nissan March sudah pasti bukan mobil yang bakal Anda pasang posternya di dalam kamar di masa remaja Anda. Meski demikian kedua mobil ini adalah pilihan ideal bagi mereka yang baru saja lulus belajar mengemudi. Kemudahan ketika dikendarai serta harga yang murah adalah dua alasan utama mengapa kedua mobil ini ideal bagi pengemudi pemula.

Mitsubishi Mirage vs. Nissan March juga sama-sama menawarkan fitur yang terbilang komplet sekalipun keduanya termasuk mobil murah. Bicara soal mesin keduanya pun menawarkan mesin yang setara yaitu mesin tiga silinder dengan kapasitas 1.2 liter.

Kali ini kami akan mencoba membandingkan kedua mobil murah tersebut, tipe yang dipilih dalam komparasi kali ini adalah Mitsubishi Mirage GLS Matik dan Nissan March 1.2L Matik. Selisih harga kedua mobil ini cukup lumayan yaitu sekitar Rp 6,4 juta dimana Nissan March lebih mahal ketimbang Mitsubishi Mirage.

Komparasi Mitsubishi Mirage vs. Nissan March

Perbandingan Mitsubishi Mirage vs. Nissan March

Mitsubishi Mirage vs. Nissan March


Mitsubishi Mirage vs. Nissan March: Harga dan Kelengkapan

Mitsubishi Mirage vs. Nissan March sama-sama dibekali dengan ban berukuran 14 inch, power windows, power mirror dan AC. Jadi tidak banyak perbedaan fitur antara kedua mobil itu, meski jika dilihat detil Nissan sedikit lebih unggul dan kondisi demikian masih terbilang wajar mengingat harganya yang juga lebih mahal.

Bicara soal harga Mitsubishi Mirage GLS A/T dilepas ke pasaran dengan kisaran harga Rp 156,8 juta, sementara sang rival Nissan March 1.2 L A/T harganya berada dalam kisaran Rp 163,3 juta. Seperti yang kami sebut bahwa selisih harga keduanya sekitar Rp 6,4 juta.

Soal biaya service Mitsubishi Mirage lebih murah dibanding March, dengan asumsi keduanya digunakan hingga 50.000 km biaya perawatan yang harus dikeluarkan untuk Nissan March kurang lebih mencapai angka Rp 3.833.500, sementara itu Mitsubishi Mirage totalnya adalah Rp 3.044.250.


Nissan March 1.2 L A/T

KM

Suku Cadang

Material

Biaya suku cadang + material (Rp)


Jasa (Rp)


Total (Rp)


10.000

Filter oli

Oli mesin

Gratis


Gratis


Gratis


20.000

Filter oli, lock nut rear wheel, cap hub rear wheel

Oli mesin

353.500

294.500

648.000

30.000

Filter oli

Oli mesin

213.500

224.000

437.500

40.000

Filter oli, filter udara, busi, intake manifold gasket, lock nut rear wheel, cap hub rear wheel

Oli mesin, oli rem

865.500

546.000

1.411.500

50.000

Filter oli

Oli mesin

213.500

224.000

437.500

Total

3.833.500

Mitsubishi Mirage A/T

KM

Suku Cadang

Material

Biaya suku cadang + material

Jasa

Total

10.000

Filter oli

Oli mesin

Free

Free

Free

20.000

Filter oli, filter AC

Oli mesin

315.000

233.750

548.750

30.000

Filter oli, filter AC

Oli mesin

315.000

233.750

548.750

40.000

Filter oli, filter udara, filter AC

Oli mesin, oli rem

648.000

750.000

1.398.000

50.000

Filter oli

Oli mesin

315.000

233.750

548.750

Total Perawatan Mitsubishi Mirage hingga 50.000 km

3.044.250

# Harga diatas merupakan harga retail distributor resmi serta dapat berbeda di tiap dealer

Sementara itu untuk konsumsi bensin menurut pengujian sendiri Mirage juga lebih irit ketimbang March dengan 4,6 liter/100 km untuk Mirage dan 5,9 liter/100 km untuk March. Meski pada kondisi pengemudian normal dengan rute beragam keduanya mencatat angka yang sama yaitu 7 liter/100 km.

Jadi jelas sudah bahwa bicara soal biaya Mitsubishi Mirage jauh lebih ekonomis ketimbang Nissan March baik dari harga beli maupun biaya operasionalnya.

Kabin

Di bagian kabin Nissan March harus mengakui bahwa kualitas materialnya masih kalah dibanding Mitsubishi Mirage. Meski sama-sama menggunakan bahan plastik namun Nissan tidak mendesainnya dengan tekstur sehingga selain berkesan murahan sekaligus juga mudah tergores ketimbang dashboard Mirage yang dibuat bertekstur.

Meski dalam hal finishing kalah dari Mirage namun dalam hal kepraktisan desain kabin Nissan March jauh lebih unggul dibandingkan Mitsubishi Mirage. Bagian belakang kabin March meski ruang untuk kaki penumpang tak selega Mirage namun ruang untuk kepala lebih lega dibanding Mirage. Selain itu ketersediaan handle pada bagian belakang juga memberi kenyamanan lebih bagi penumpang di jok belakang.

Mitsubishi Mirage vs. Nissan March

Mitsubishi Mirage vs. Nissan March

Sebaliknya meski finishing kabin Mitsubishi Mirage berkesan lebih unggul ketimbang March namun dari segi desain semuanya tampak terlalu membosankan, tak ada keistimewaan pada desain interior mobil murah keluaran Mitsubishi ini.

Seperti sudah disinggung bahwa Mitsubishi Mirage menyediakan ruang kaki yang lebih lega untuk penumpang belakang, sayangnya posisi atap yang terlalu rendah mengganggu kenyamanan penumpang berbadan tinggi.

Mesin Mitsubishi Mirage vs. Nissan March

Kedua mobil murah ini sama-sama mengandalkan mesin tiga silinder berkapasitas 1.2 liter. Jangan membayangkan Anda akan mampu melakukan adu drag race di traffic light dengan salah satu dari kedua mobil ini, sebab untuk akselerasi dari 0-100 km keduanya mencatatkan waktu berimbang dikisaran 13 detik.

Mitsubishi Mirage vs. Nissan March

Mitsubishi Mirage vs. Nissan March

Mesin Nissan March menghasilkan tenaga maksimal 56 kW pada putaran mesin 6000 rpm dan torsi maksimal 100 Nm pada putaran 4000 rpm. Mesin mungil ini cukup bertenaga untuk mendukung laju Nissan March yang hanya memiliki bobot 932 kg. Bahkan di jalan tol mobil ini mampu melaju sampai kecepatan 100 km/jam dan terkadang 120 km/jam dengan cukup mudah dengan gigi tiga.

Suara mesin Nissan March lebih keras ketimbang mesin Mirage, namun suaranya sekaligus juga lebih mantap layaknya mobil lain dengan kapasitas mesin yang dua kali lipat lebih besar. Jujur saja kami cukup terkagum-kagum dengan mantapnya suara yang dihasilkan oleh mesin tiga silinder pada Nissan March ini.

Meski demikian transmisi March terasa kurang responsif dalam mendukung kinerja mesinnya. Pada Nissan March matik kelemahan ini sangat terasa, sementara pada Nissan March bertransmisi manual meski tak separah pada tipe matiknya namun tetap belum sesuai harapan.

Di sinilah Mitsubishi Mirage menunjukkan keunggulannya atas Nissan March. Transmisi CVT Mitsubishi Mirage terasa sangat responsif dalam menjawab permintaan mesin hingga seolah tak terasa adanya gap antara rasio.

Ketika dipacu di jalan tol hingga jarum penunjuk kecepatan menunjuk angka 120 km/jam pada putaran mesin 2800 rpm suara mesin Mitsubishi Mirage juga masih terdengar sangat halus, walau tak mantap seperti halnya Nissan March.

Bicara soal tenaga meski menggunakan mesin dengan kapasitas sama namun Mirage menghasilkan tenaga 57 kW yang berarti 1 kW lebih besar dibanding Nissan March. Sementara bobot Mitsubishi Mirage juga lebih ringan dari Nissan March yaitu 890 kg atau 42 kg lebih ringan dibanding March.

Kelemahan transmisi CVT pada Mitsubishi Mirage terasa ketika diajak berakselerasi dari 0-40 km/jam dimana akselerasi tersebut terasa sangat lambat.

Handling Mitsubishi Mirage vs. Nissan March

Bicara soal handling lagi-lagi Mitsubishi Mirage harus mengakui keunggulan Nissan March. March yang menggunakan sasis Renault Clio terasa lebih lincah dan stabil ketika dikendarai. Mobil mungil ini juga mampu memberikan pengalaman fun to drive bagi pengemudinya.

Sementara di pihak lain handling Mitsubishi Mirage terasa kurang lincah terutama ketika dikemudikan di dalam kota atau kondisi lalu lintas yang padat dimana situasi itu seharusnya menjadi habitat utama bagi city car.

Lingkar kemudi Mitsubishi Mirage terasa kurang lincah saat diajak berbelok, dan lebih buruk lagi kemudi ini terasa begitu berat ketika diajak parkir di area yang sempit dan padat.
Bukan hanya kemudi yang menjadi kelemahan handling Mitsubishi Mirage. Setelan suspensinya pun terasa kurang pas sehingga mobil murah Mitsubishi ini terlalu sensitif terhadap permukaan jalan yang tidak rata.

Kesimpulan Perbandingan Mitsubishi Mirage vs. Nissan March

Jika biaya yang menjadi tolok ukur penilaian dalam mempertimbangkan pilihan membeli Mitsubishi Mirage atau Nissan March maka sangat jelas bahwa Mitsubishi Mirage lah kandidat paling sempurna.

Meski demikian performa handling-nya yang buruk terutama di dalam kota yang semestinya menjadi habitat Mitsubishi Mirage termasuk setir yang berat di lahan parkir menunjukkan bahwa harga murah cenderung berbanding terbalik dengan nilai (value) yang baik.

Karenanya dari segi logika dan overall value Nissan March memberikan value yang lebih baik. Handling yang nyaman, model yang lebih menarik terutama pada Nissan March terbaru, serta kabin yang didesain dengan mengutamakan kepraktisan merupakan keunggulan dari Nissan March dibanding Mitsubishi Mirage. Walau demikian March pun bukannya tanpa kelemahan, finishing dashboard yang murahan serta biaya perawatan yang mahal merupakan kelemahan Nissan March yang perlu dipertimbangkan.
Please Share ya Bro! Gratis kok ;)
" Komparasi Mitsubishi Mirage vs. Nissan March " Was posted by 07:53 , under City Car , Hatchback , Mitsubishi , Nissan and permalink http://blogmobilbaru.blogspot.com/2013/10/mitsubishi-mirage-vs-nissan-march.html .
 

Komparasi Mitsubishi Mirage vs. Nissan March © Auto Jetho's 2014