// //

Menguji Ketangguhan si Mungil All New Kia Picanto

Mobil Kia Picanto bisa dibilang pelopor segmen small hatchback di Indonesia yang hadir jauh sebelum pabrikan otomotif lain melirik segmen tersebut. Kehadiran rival baru seperti Nissan March, Mitsubishi Mirage, Toyota Etios Valco dan Honda Brio ternyata tak membuat mobil mungil keluaran Kia ini menjadi terlupakan. Bahkan lewat nama All New Kia Picanto si mungil kini tampil makin centil sebagai salah satu mobil favorit di kelasnya.

Mobil Kia Picanto berbagi platform dengan Hyundai i10 atau di Indonesia lebih akrab disapa sebagai Hyundai Getz. Sementara sepupunya yang berlabel Hyundai dipaksa pensiun dari pasar Indonesia karena kurang mendapat respon positif dari konsumen, sebaliknya Kia Picanto masih mampu bertahan di tengah gempuran rival barunya. All New Kia Picanto yang beredar saat ini merupakan generasi kedua dari serinya yang kini didesain oleh Peter Schreyer. Sejatinya mobil Kia Picanto ini tersedi dalam pilihan tiga dan lima pintu, namun hanya versi lima pintu yang masuk ke Indonesia.

Mobil Kia Picanto

Performa dan Handling Mobil Mungil All New Kia Picanto

Sementara sebagian besar pesaingnya menggunakan mesin tiga silinder, All New Kia Picanto menyediakan versi mesin empat silinder dengan kapasitas 1.2 liter (1.248 cc). Mesin Picanto berpadu dengan manis bersama transmisi manual lima percepatan. Meski tersedia pula versi matic namun kami belum berkesempatan untuk mencobanya.

Untuk ukuran sebuah mobil mungil dengan ban 14 inch pengendalian dan handling Kia Picanto terbilang sangat nyaman. Mesin dan transmisinya cukup responsif sementara lingkar kemudinya tidak terlalu berat maupun ringan. Baik akselerasi maupun pada kecepatan tinggi mesin dan suspensinya terasa begitu pas hingga nyaris tak diketemukan kelemahan Kia Picanto hingga tahap ini.

Mobil Kia Picanto

Sementara itu untuk mobil Kia Picanto bermesin tiga silinder yang memiliki kapasitas 1.0 liter (998 cc) terbukti tidak sebaik versi empat silindernya. Picanto yang mengusung mesin tiga silinder ini sering juga disebut sebagai Kia Picanto Morning. Mesin tiga silinder menghasilkan suara yang lebih berisik, akselerasinya pun tidak terlalu meyakinkan jika dibanding dengan mesin empat silinder. Perbandingan rasio giginya tidak terasa pas dengan karakter mesin. Dan karena Kia Picanto tiga silinder menggunakan ban berukuran 15 inch maka setirnya terasa lebih berat sekaligus suspensinya terasa keras meski sebenarnya menggunakan suspensi yang sama dengan All New Kia Picanto empat silinder.

Kabin All New Kia Picanto

Jika hanya dinikmati lewat mata saja maka sekilas desain interior All New Kia Picanto berkesan mewah, namun begitu menyentuh atau mengetuknya maka seketika Anda akan menyadari bahwa kualitas materialnya tak semewah yang terlihat, alias sama saja dengan para kompetitor di kelas ini.

Salah satu keunggulan Kia Picanto adalah desain jok yang sangat nyaman dan bahkan memberi ruang yang cukup lega untuk ukuran sebuah mini hatchback, lebih-lebih mengingat harganya yang tak lebih dari Rp 150 juta.

Mobil Kia Picanto

Mobil Kia Picanto

Penumpang maupun pengemudi juga memiliki pandangan yang luas ke hampir semua sudut. Sekalipun dari luar mobil Kia Picanto kelihatan begitu sempit namun berkat desain yang baik maka proses keluar masuk mobil bagi pengemudi maupun penumpang sama sekali tidak menjadi masalah.
Kentara sekali bahwa Kia tidak mentargetkan Picanto sebagai mobil kakek-nenek melainkan segmen usia 20 hingga 30-an, salah satu buktinya adalah ketersediaan ruang kaki yang cukup lega untuk memfasilitasi teman-teman yang menumpang dan duduk di jok belakang.

Namun jangan pula terlalu banyak berharap karena bagaimanapun kembali pada kodratnya bahwa Picanto merupakan hatchback A-segment yang memang dimensinya sangat terbatas.


Harga dan Spesifikasi All New Kia Picanto

All New Kia Picanto            Rp : 131.500.000,-
All New Kia Picanto            Rp : 145.500.000,-

Displacement : 1,248 cc
Max. Power : 87 ps @ 6,000 rpm
Max. Torque : 12.2 kg·m @ 4,000 rpm

Dimensions (mm)

Picanto
Overall length 3,595 Overhang (Front) 700 Leg room (Rear) 820
Overall width 1,595 Overhang (Rear) 510 Head room (Front) 1,002
Overall height 1,490 Interior length 1,729 Head room (Rear) 962
Wheelbase 2,385 Interior width 1,335 Shoulder room (Front) 1,290
Wheeltread (Front) 1,421 Interior height 1,247 Shoulder room (Rear) 1,280
Wheeltread (Rear) 1,424 Leg room (Front) 1,070 Min. ground clearance 152

Penilaian Untuk Review All New Kia Picanto

All New Kia Picanto boleh dibilang sebagai mobil multifungsi, sebagai mobil multifungsi ini Picanto tak hanya menyediakan kabin yang relatif nyaman bagi pengemudi dan penumpang namun pabrikan asal Korea itu tak melupakan faktor fun to drive yang belakangan ini banyak dikesampingkan oleh para produsen mobil murah.