// //

Mengadu Volkswagen Polo Vs. Hyundai i20

Konsumen mobil compact hatchback di pasar global selalu menempatkan Volkswagen Polo (VW Polo) sebagai benchmark di kelas ini. Di lain pihak meski merupakan salah satu mobil populer di benua Eropa dan Australia namun Hyundai i20 yang di Indonesia posisinya kini digantikan oleh Hyundai Grand Avega dianggap mewakili kasta terbawah di kelas compact hatchback ini. Pertanyaannya adalah seberapa besarkah gap antara kedua mobil sekelas itu? Benarkah VW Polo memang sehebat itu atau hanya persepsi merek saja yang menempatkan Polo di posisi teratas dan i20 di bawah? Meski kedua mobil itu sama-sama tidak populer di Indonesia namun tak ada salahnya menilik komparasi Volkswagen Polo vs. Hyundai i20.

Kebetulan pada mobil keluaran terbaru dari kedua merek tersebut menghadirkan varian Diesel yang lagi-lagi meski tak populer di Indonesia namun sangat digemari di benua Eropa dan Australia. Menariknya jika selama ini VW Polo dianggap sebagai benchmark namun ketika bicara soal compact hatchback bermesin Diesel justru Hyundai i20 lah yang diposisikan sebagai benchmark. Kini dengan kehadiran pendatang baru dari Eropa jelas posisi Hyundai i20 sebagai raja di kelas Diesel tak bakal sekokoh sedia kala.

Volkswagen Polo vs. Hyundai i20

Hyundai i20 CRDi

Performa Dapur Pacu dan Handling Volkswagen Polo vs. Hyundai i20

Volkswagen Polo GT TDi mengandalkan mesin empat silinder berkapasitas 1.6 liter yang menghasilkan tenaga puncak hingga 104.9 PS. Dengan mesin berkapasitas besar untuk ukuran sebuah compact hatchback jelas tak diragukan lagi performa dan akselerasi mobil baru pabrikan asal Jerman itu. Dikombinasikan dengan transmisi manual lima percepatan hasilnya VW Polo GT TDi mampu melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 10,51 detik, sebuah catatan angka yang fantastis untuk sebuah mobil city hatchback.

Sementara itu sang penguasa kelas compact hatchback Diesel Hyundai i20 CRDi mengandalkan mesin yang lebih kecil yaitu 1.4 liter yang mampu memuntahkan tenaga maksimal 89.9 PS. Jelas di atas kertas Hyundai i20 bukan tandingan VW Polo. Kombinasi mesin Diesel 1.4 liter dengan transmisi manual enam percepatan ini hanya mampu membawa mobil Hyundai tersebut mencatatkan waktu 12,88 detik untuk melaju dari nol ke 100 km/jam.

Volkswagen Polo GT TDi

Hyundai i20 CRDi

Performa handling VW Polo pun terasa lebih berakarakter dan agresif jika dibandingkan Hyundai i20. Suspensinya mampu meredam guncangan akibat permukaan jalan yang tidak rata dengan sangat baik. Dengan kedua ban depan yang terasa mantap mencengeram aspal pengemudi VW Polo bakal lebih percaya diri di jalanan ketimbang pengemudi Hyundai i20.

Hyundai i20 sendiri sebenarnya juga tidak terlalu buruk, suspensinya nyaman ketika diajak berjalan di permukaan aspal yang halus namun sayang begitu masuk ke permukaan jalan yang kurang baik lingkar kemudi yang terlampau ringan menjadi sulit dikendalikan. Gejala limbung saat masuk ke tingkungan dengan kecepatan tinggi banyak dirasakan oleh pengemudi Hyundai i20, tidak demikian halnya dengan pengemudi VW Polo. Sementara di jalan lurus berkecepatan tinggi mobil Hyundai ini cukup stabil meski masih belum mampu menyamai rivalnya yang berasal dari Eropa itu.

Volkswagen Polo GT TDi

Hyundai i20 CRDi

Komparasi Kabin dan Kelengkapan Volkswagen Polo vs. Hyundai i20

Jika ditilik dari desainnya saja Volkswagen Polo memang tidak semenarik Hyundai i20 yang berkesan modern dan futuristis. Namun jika bicara soal kualitas material dan finishing maka lagi-lagi Volkswagen Polo masih lebih unggul. Faktor ergonomis dan kenyamanan lagi-lagi berpihak pada Volkswagen Polo yang memberikan posisi duduk maupun mengemudi lebih pas ketimbang Hyundai.

Hyundai i20 dengan kombinasi kelir two-tone serta desain futuristis memang memberi aura yang lebih dinamis ketimbang Volkswagen. Meski finishing-nya dilakukan dengan baik namun masih belum bisa disamakan dengan Volkswagen Polo.

Volkswagen Polo GT TDi

Hyundai i20 CRDi

Bicara soal kelegaan kabin kali ini giliran Volkswagen Polo yang harus mengakui keunggulan Hyundai i20. Dengan kapasitas kabin yang sedikit lebih lega penumpang Hyundai i20 bakal merasakan kenyamanan lebih ketimbang penumpang VW.
Untuk perjalanan jauh jelas Hyundai i20 merupakan opsi yang lebih bersahabat bagi penumpang.

Komparasi kelengkapan lagi-lagi menempatkan Hyundai i20 sebagai pemenang. Volkswagen hanya melengkapi Volkswagen Polo dengan fitur-firut standar seperti rear parking sensors, fog lamps, electric mirrors, height adjustable driver’s seat, two-DIN music system dengan USB, aux serta Bluetooth, tilt and telescopic steering wheel, velg alloy 15 inch, pedal aluminium, lapisan kulit pada ujung tuas persneling dan tuas rem tangan, dual airbags, climate control serta steering mounted control.

Di pihak lain Hyundai i20 CRDi dilengkapi dengan berbagai fitur khas Hyundai, dengan kata lain semua fitur yang disediakan oleh Volkswagen Polo GT TDi bisa ditemukan pada Hyundai i20 CRDi, namun selain semua fitur itu Hyundai masih melengkapi mobil mungilnya ini dengan ABS, LED Daytime Running Lights, front and rear foglamps, cooled glovebox dan tentu saja height adjustable pada jok pengemudi.

Penilaian Akhir Komparasi Volkswagen Polo vs. Hyundai i20

Sang raja city car hatchback Diesel pada akhirnya harus mengakui keunggulan Volkswagen Polo sebagai pendatang baru di kelas ini. Volkswagen Polo bukan sekedar membawa nama besar pabrikan asal Jerman itu namun mampu menawarkan sebuah mobil yang irit bahan bakar, berkualitas sekaligus fun to drive. Jika Anda bisa mengemudikan mobil sendiri dan tak menyerahkan pada sopir maka sudah pasti Volkswagen Polo merupakan pilihan sempurna. Sebaliknya jika Anda lebih sering menyerahkan mobil kepada sopir dan lebih menikmati duduk sebagai penumpang maka Hyundai i20 layak dipertimbangkan.