// //

Review Tata Vista Indonesia: Layak Dilirik!

Tata Vista memang sudah mulai meramaikan bursa otomotif tanah air semenjak akhir tahun lalu, namun mata calon konsumen baru-baru ini setelah mobil tersebut menjuarai FFA Slalom di Palembang pada tanggal 7 Juni lalu. Berpartisipasi atas nama pabrikan, mobil buatan India itu terbukti mampu bersaing dengan kompetitor dari Jepang yang lebih dahulu menancapkan kuku di bursa otomotif Indonesia. Lantas apa sebenarnya kelebihan serta kekurangan Tata Vista ini?

Di negeri asalnya Tata Vista ditawarkan mengusung mesin 1.2 liter, namun di luar India termasuk Indonesia pabrikan tersebut lebih memilih mesin 1.4 liter sebagai dapur pacu mobil hatchback-nya. Dari segi harga memang Tata Vista bisa dibilang setara dengan Mitsubishi Mirage atau Nissan March 1.2, namun jangan salah sebab dari spesifikasi yang diusungnya mobil ini bermain di segmen yang sama dengan subkompak hatchback kelas B yang diisi oleh Honda Jazz, Toyota Yaris, Ford Fiesta, Mazda2 dan Suzuki Swift. Dibanding Mitsubishi Mirage desain Tata Vista tampak lebih berisi berkat wheelbase yang lebih panjang sekitar 20 mm dan panjang keseluruhan yang memang lebih.

Tata Vista Indonesia

Harga Tata Vista Indonesia

Dari luar desain eksterior Tata Vista tergolong manis meski tidak umum, dari depan hampir ada beberapa kemiripan dengan saudaranya Tata Aria yang bermain di segmen berbeda. Sementara di bagian interior pihak pabrikan mencoba mengakomodir daya angkut lima penumpang tanpa mengorbankan kenyamanan. Rasanya siapapun bakal terksesima dengan kabin Tata Vista yang ternyata lebih luas dari kesan yang ditampilkan saat melihat mobil ini dari luar saja. Bukan hanya ukurannya mampu menampung lima penumpang dewasa secara nyaman, namun AC nya pun cukup mumpuni memberi kesejukan selama perjalanan.

Lingkar kemudinya terasa besar, sehingga pengemudi yang belum akrab dengan Tata Vista mungkin merasa sedikit ganjil. Positifnya, menekan klakson menjadi lebih mudah berkat ukuran setir besar ini, demikian pula saat melakukan putar balik atau memarkir mobil ukuran yang tidak wajar ini terbukti membawa dampak positif. Bicara soal klakson, suara klakson bawaan Tata Vista sangat nyaring. Kurang mengenakkan bagi pengendara sopan namun mungkin dianggap ideal bagi sebagian besar pengemudi di negara dunia ketiga seperti Indonesia yang gemar membunyikan klakson.

Tata Vista Indonesia

Di sektor dapur pacu sebagaimana sudah disebut Tata Vista di Indonesia mengusung mesin tiga silinder berkapasitas 1.4 liter. Mesin ini mampu menghasilkan daya maksimum 71 PS dan torsi maksimum 113 Nm yang disalurkan oleh transmisi manual lima kecepatan. Jika dibanding Honda Jazz, Mazda2, Suzuki Swift atau Toyota Yaris yang menggunakan mesin empat silinder memang dapur pacu Tata Vista terasa lebih berisik serta kasar. Namun jika dibanding mobil lain bermesin tiga silinder yang beredar di Indonesia maka performa dapur pacu Tata Vista layak diacungi jempol.

Spesifikasi Tata Vista Indonesia

Pedal koplingnya sendiri terasa sangat ringan, meski situasi ini sangat membantu saat terjebak di kemacetan namun harus diakui perlu proses pembiasaan diri yang tidak singkat. Masih ingat mobil Chery buatan China yang sempat beredar di Indonesia? Jangan khawatir, Tata Vista terasa jauh lebih berkualitas dan tangguh ketimbang Chery.

Harga Tata Vista Indonesia

Secara keseluruhan Tata Vista merupakan salah satu hatchback yang layak dilirik di Indonesia dengan mempertimbangkan rasio antara harga serta kualitas yang ditawarkan. Desainnya memang mungkin tak bisa diterima oleh kebanyakan orang, namun di luar itu tak ada kritikan yang layak ditujukan. Saat tulisan ini dibuat harga Tata Vista untuk tipe GZX dilepas di kisaran Rp 130 juta.